Share this
Share

5 shares

Psikopat Legendaris Yang Menginspirasi Tiga Film Horror Klasik. Siapa Saja Mereka?

3 June 2017

Psikopat Legendaris Yang Menginspirasi Tiga Film Horror Klasik. Siapa Saja Mereka?

Diceritakan kalau orang yang bernama Ed Gein sudah dikenal selama bertahun-tahun di sebuah tempat di Amerika, Plainfield, Wisconsin. Namun masyarakat setempat merasakan keanehan yang terjadi di peternakannya dengan saksi mata yang melihat kumpulan kepala-kepala aneh yang terlihat keriput dan menyeramkan. Namun orang-orang itu sempat menyepelekannya meskipun banyak orang yang sudah dilaporkan hilang sehingga sampai suatu kejadian yang membuat bulu kuduk mereka berdiri.

Suatu hari seorang wanita tua dilaporkan menghilang yang juga adalah ibunya dari sheriff di daerah tersebut. Mereka akhirnya menyadari adanya keanehan di peternakan milik Ed Gein. Disana mereka menemukan ada empat hidung, sembilan topeng yang terbuat dari kulit manusia, dan tumpukan kepala yang sudah dipenggal. Kulit-kulit dari manusia malang itu dijadikan penutup lampu dan beberapa mangkuk, ada pula bibir yang sudah dipotong yang digunakan sebagai pengait jendela. Kemudian Gein mengakui perbuatannya selama ini yang sudah membunuh orang-orang ini termasuk ibunya sheriff yang ditemukan dengan perut yang terburai di gudangnya.

Apa cerita tersebut terdengar seperti cerita di film horror? Itu memang cerita dari film horror, namun cerita itu bukanlah fiksi belaka, karena beberapa dari kejadian yang kita lihat dalam film, sebenarnya terinspirasi dari kisah nyata dari seorang psikopat yang nyata dan pernah hidup di dunia ini.

1. Psycho (1960)

Psikopat Legendaris Yang Menginspirasi Tiga Film Horror Klasik. Siapa Saja Mereka?

Sebelum Alfred Hitchcock membuat Psycho menjadi sebuah film, sebenarnya itu adalah novel yang sangat kacau dan penuh dengan adegan yang disturbing dari penulis Robert Bloch. Robert Bloch adalah orang yang pernah tinggal sekitar 40 km dari Plainfield, daerah dimana Ed Gein ditanggap, dan Robert kala itu tau persis kejadian yang sebenarnya terjadi.

Waktu itu Bloch pernah membaca artikel yang ditulis oleh psikiater yang mencurigai kalau pakaian yang dipakai oleh Ed Gein terbuat dari kulit seorang wanita yang saat itu Ed Gein memang terobsesi dengan ibunya yang sudah meninggal. Disaat yang bersamaan Bloch menulis cerita tentang seorang pria yang juga terobsesi dengan ibunya, ketika menemukan fakta masa lalu Ed Gein yang menjijikan, Bloch terkejut kalau karakter yang ditulis dalam novelnya (Norman Bates) memiliki sifat yang sama.

2. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Psikopat Legendaris Yang Menginspirasi Tiga Film Horror Klasik. Siapa Saja Mereka?

Mungkin banyak orang yang tak sependapat kalau film yang dibuat oleh Tobe Hooper ini terinspirasi dari kisah nyata. Cerita yang sebenarnya dalam film ini terjadi di daerah yang bernama town of Poth, Texas pada tanggal 18 Agustus 1973 meskipun dalam filmnya dibuat dengan tanggal 4 hari sebelumnya.

3. The Silence of the Lambs (1991)

Psikopat Legendaris Yang Menginspirasi Tiga Film Horror Klasik. Siapa Saja Mereka?

Buffalo Bill dalam film The Silence of the Lambs seperti perpaduan antara empat karakter psikopat dalam sejarah: Ed Gein, Ted Bundy, Gary Heidnik, dan Edmund Kemper. Cerita ini dibuat juga berdasarkan cerita nyata dari Ed Gein dan Ten Bundy.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #film #horror #legendaris #psikopat
Share

Pilihan editor