Share this
Share

4 shares

5 Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Gak Bisa Jawab

11 November 2017

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 6

Kalau kita lagi ngobrol bareng teman, pernahkah terpikir untuk melontarkan jawaban yang berbau ilmiah ke teman kalian? Kalau iya coba tes dengan beberapa pertanyaan di bawah ini nanti. Pertanyaan yang kedengarannya gampang, sepele dan cenderung tak dipedulikan orang.

Kalau kalian sadar, hal paling umum yang menjadi siklus kehidupan manusia dari sejak dilahirkan sampai dewasa adalah kita cenderung melakukan sesuatu yang sudah biasa dilakukan semenjak kecil. Melakukan hal yang kita anggap “sudah sewajarnya” seperti belajar, main, tidur, nonton TV, dsb. Ketika kita melakukan suatu kegiatan, kita hanya melihat bagaimana kegiatan itu berlangsung, “apa dan bagaimana”. Namun kita tidak mempertanyakan kenapa kita melakukan kegiatan tersebut, “kenapa?”. Hal inilah yang mendukung kita untuk terus melakukan hal yang sama berulang-ulang sampai dewasa tanpa tahu kenapa kita masih melakukannya. Aneh kan?

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 8

Pertanyaan gampang tapi menjadi sulit

Sebenarnya pertanyaan ini adalah pertanyaan sulit yang bahkan ilmuwan aja gak bisa jawab. Meskipun begitu, setiap orang tentu punya teori masing-masing.

Banyak teori-teori di dunia akademik yang (katanya) mendukung asal muasal alam semesta seperti lubang cacing, dark matter, big bang, dan sebagainya. Teori lain tentang bagaimana organisme bersel tunggal berevolusi menjadi manusia. Teori itu seolah dijadikan fakta dan padahal kita gak pernah tahu itu benar atau tidak karena salahnya kita sendiri kenapa gak mau cari tahu. Intinya adalah, bagaimana mumngkin kita bisa percaya tentang teori-teori tersebut kalau para ilmuwan saja belum bisa menjawab pertanyaan gampang seperti di bawah ini. Inilah pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1. Kenapa urutan alfabet kita seperti yang ada sekarang ini?

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 1

Pertanyaan gampang pertama yang sangat umum dan bisa ditanyakan oleh siapapun dan kepada siapapun. Coba aja pikir kalau semua orang rata-rata menghabiskan waktunya belajar di sekolah ketika masih anak-anak, dan semenjak itu mengenal alfabet ABCD yang kita gunakan untuk membaca dan menulis ini. Coba tanyakan sama orang tentang hal yang kelihatannya sepele ini. Pasti orang gak bisa jawab. Meskipun kita sudah menghabiskan waktu lama untuk belajar di sekolah dasar, kita tetap tidak tahu hal ini.

Itu karena manusia cenderung tak pernah mempertanyakan kenapa kita diajarkan begini atau begitu. Kita mau terima yang gampangnya saja (cognitive ease). Alfabet yang kita kenal sekarang dipercaya bahwa susunannya dibuat sekitar abad ke-19 dan ke-15 sebelum masehi. Itu berarti sudah lebih tua dari bahasa Inggris. Jauh lebih tua sebenarnya. Itu mungkin diciptakan oleh orang Kanaan (eja: kana-an) yang tinggal di Mesir, kemudian menyebar dan berevolusi. Bahasa mereka disesuaikan dengan alfabet Fenisia, yang diadaptasi ke dalam alfabet Yunani, dan kemudian masuk ke alfabet Latin, dan seterusnya dan seterusnya sampai bahasa Inggris muncul.

Setiap kali ada bahasa baru, setidaknya mereka menyimpan alfabet dengan urutan yang sama. Beberapa menambahkan beberapa huruf atau menghilangkan huruf yang sudah ada untuk menyesuaikan bahasa. Ini adalah salah satu contoh kecil dari dasar ilmu pengetahuan yang kita miliki sekarang. Apabila kita mau mencari tahu hal ini lebih lanjut lagi, kita mungkin akan menemukan hal yang menarik tentang asal muasal peradaban manusia.

2. Mengapa petir itu menyambar?

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 2

Sejak kecil kita pernah main layangan dan menerbangkannya ke langit. Kalau ada awan mendung yang disertai petir (gledek) kita harus berhenti main layangannya kalau tidak mau tersambar petir. Betul begitu? Coba tanyakan ke beberapa teman kenapa petir bisa menyambar, pasti mereka gak tahu.

Kenapa petir itu menyambar ke tanah sebenarnya masih menjadi misteri. Kalau dalam pelajaran IPA (sains) dulu kita diajari kalau partikel yang lebih ringan naik di dalam awan menjadi muatan positif, sedangkan partikel yang lebih berat turun ke bawah awan menjadi energi yang bermuatan negatif. Ketika energi yang bermuatan positif dan negatif itu berkembang menjadi besar, petir mulai dihasilkan diantara kedua muatan tersebut. Petir yang ada dalam awan mendung itu dapat membangun kekuatan listrik yang setara dengan 100 juta volt dan bisa meledak ke tanah dengan panas empat kali lebih panas dari permukaan matahari.

Kalau kita mempelajari lebih lanjut tentang pembentukan awan dan bisa menghasilkan energi listrik di dalamnya, mungkin sekilas akan terdengar nyata, karena itu sains, dan ada dalam buku pelajaran sekolah. Namun masih ada satu hal yang membuat
Bagaimana mungkin awan yang ada jauh di atas permukaan tanah itu bisa menghantarkan listrik ke tanah?

Dan sampai sekarang para ahli pun masih belum tahu pasti kenapa petir bisa menyambar ke tanah. Lagi-lagi padahal pertanyaan gampang.

3. Mengapa kita butuh tidur?

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 3

Hampir setiap makhluk hidup perlu tidur. Betapa pun kuatnya kita bekerja semalam suntuk tanpa tidur, akan ada saat dimana pikiran kita mulai terganggu dan tidak tenang. Disaat itulah kita membutuhkan istirahat. Orang yang kurang tidur cenderung berubah menjadi temperamental dan apabila sudah parah bisa mulai berhalusinasi. Kurang tidur juga dapat menyebabkan kematian.

Kalau tidur sama saja dengan mengistirahatkan tubuh kita, mengapa kita harus memejamkan mata dan tertidur untuk 5-8 jam sehari? Hal itu yang sebenarnya kita tidak tahu persis. Coba kalian tanya sama teman kenapa kita butuh tidur? Pasti jawabannya karena kita butuh istirahat.

Seorang ahli saraf yang bernama Dr. Michael Halassa aja sampai mengakui,”Ini memalukan, tidak jelas mengapa kita perlu tidur sama sekali”. Pertanyaan gampang, tapi orang yang ahli aja gak bisa jawab.

Para ilmuwan tahu bahwa tidur melakukan sesuatu untuk otak dan apa pun itu, semuanya untuk membuat otak dan tubuh kita beristirahat. Tapi konteks alasan kenapa harus tidur itu kita tidak benar-benar mengetahuinya. Apakah tidur mengembalikan energi otak? Apakah membersihkan racun? Apakah itu mengembalikan otot-otot otak yang lemah? Sejauh ini, sains sebenarnya hanya berteori, mungkin ini, mungkin begitu. Tapi tak ada yang benar-benar tahu.

Kenapa kita harus tidur mungkin hanya pertanyaan simple dan terlihat sepele, tapi kalau dipikirkan lebih dalam, tak ada yang tahu pasti jawabannya.

4. Ada berapa sebenarnya otot yang dimiliki tubuh kita?

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 4

Tubuh manusia dewasa yang sehat memiliki 206 tulang, 78 organ, dan sejumlah besar otot yang katanya ada 700 itu. Percaya atau tidak, tidak ada yang tahu pasti berapa banyak otot yang kita miliki. Kalau di buku IPA mungkin kita pernah baca kalau manusia ada 700 otot tapi jumlah itu sebenarnya bisa berkisar antara 640 sampai 850. Jadi pertanyaan gampang ini simple bisa dijawab dengan lihat buku IPA atau googling.

Masalahnya adalah data yang kita baca itu tidak pasti. Ada beberapa otot di tubuh kita yang sangat rumit sehingga bisa menjadi dua otot yang berbeda. Berapa banyak otot yang dimiliki manusia bisa jadi berbeda tergantung siapa yang menelitinya. Jadi ahli medis yang berbeda akan memiliki jawaban yang berbeda pula.

Beberapa orang memiliki otot ekstra pada tubuh mereka dan ada pula yang memiliki variasi aneh yang tidak terduga. Jadi, jawabannya, untuk saat ini, adalah kita memiliki banyak otot yang belum tentu jumlahnya. Sebenarnya jarang juga orang yang mempertanyakan hal ini karena siapa juga yang peduli.

5. Mengapa bisa ada orang yang kidal?

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 5

Untuk kalian yang kidal, pernahkah mendengar pertanyaan seperti ini waktu jaman-jaman sekolah :

Anjir, lo kok nulis tangan kiri?

Wah, lo ternyata kidal ya!?

Lo bisa nulis kebot ya?

Dst, dst. Setidaknya itu yang saya alami selama melalui masa sekolah sejak SD, SMP, SMA, bahkan kuliah dan di tempat kerja. Karena saya kidal, pertanyaan itu selalu sering terdengar. Pertanyaan gampang ini sebenarnya sangat familiar, lantas sempat terpikir, apa yang membuat manusia bisa jadi kidal?

Sekitar sepuluh persen orang di dunia kidal. Mereka yang kidal atau bertangan kiri cenderung melakukan segala hal dengan tangan kiri. Sedangkan yang tidak kidal, akan melakukan aktivitas dengan tangan kanan. Kalau kalian yang kidal atau punya teman kidal coba tanya soal ini, mayoritas akan menjawab kalau mereka sudah kebiasaan atau karena sudah keturunan. Itu fakta, tapi itu tidak membuktikan kenapa manusia bisa kidal.

Sebenarnya jarang ada yang bisa menjawabnya secara ilmiah kenapa ada orang yang lebih cenderung bertangan kiri. Para ilmuwan juga tidak tahu mengapa manusia bisa berbeda dalam menggunakan tangan. Diantara yang kidal dan tangan kanan, ada pula istilah ambidextrous, yaitu mereka yang dapat menggunakan kedua tangan. Tangan kidal dan tangan kanan ternyata juga berlaku pada hewan, para hewan juga ada yang kidal, contohnya kucing.

Pertanyaan Gampang Yang Biasanya Orang Pada Gak Bisa Jawab Cerpin Com 7

LOL!

Teori yang mendukung kenapa manusia ada yang kidal adalah karena otak manusia terbagi menjadi dua. Dominasi kita dalam cara berpikir akan mempengaruhi apakah kita menggunakan tangan kiri atau tangan kanan. Kalau kita cenderung melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kreatifitas, berarti kita dominan menggunakan otak kanan. Itu kenapa kalau kata orang biasanya yang kidal lebih jago gambar.

Kalau begitu, bagaimana dengan kucing? kucing jantan itu kidal dan kucing kan gak bisa gambar. Lagi-lagi hal tersebut juga belum bisa membuktkan dengan jelas mengapa kita bisa jadi kidal. Semuanya hanya teori yang belum bisa dibuktikan.

Baca artikel lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #aneh #pertanyaan #unik
Share

Pilihan editor