Share this
Share

8 shares

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

17 March 2018
Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Gallagher bersaudara

Sejarah Oasis bubar gara-gara gallagher bersaudara

Gallagher bersaudara, atau yang kita kenal sebagai mantan member band Oasis. Kakak-beradik ini sudah membuat musik selama 20 tahun lebih. Lagu-lagu Oasis yang kita kenal adalah lahir dari tangan mereka. Album-album mereka pun sempat merajai tangga lagu di UK di tahun 90an. Dan sampai sekarang pun karya mereka masih didengar di penjuru dunia.

Makanya gak heran kalau Oasis juga disebut-sebut sebagai band yang akan menjadi “The next Beatles”, termasuk band yang sangat populer di 90an dan awal 2000an. Album mereka seperti Defnitely Maybe dan (What’s the Story) Morning Glory? terjual jutaan copy di tahun 1993 dan 1995. Namun dibalik kesuksesan band yang dipimpin kakak-beradik ini, perseteruan antar gallagher bersaudara selalu terjadi di belakang panggung. Untuk kalian yang mengikuti kiprah band ini dari tahun 90an, drama perkelahian Noel dan Liam sudah jadi “hal biasa” kalau mereka lagi konser.

Dari tahun 90an pun, Noel dan Liam Gallagher terkenal sering ribut di panggung, menghina satu sama lain bahkan berkelahi. Sebuah aksi drama yang biasa terjadi di panggung kalau Oasis sedang Live. Pada akhirnya pun, karena perseteruan yang belum juga usai, Oasis bubar di tahun 2009.

Dari meraih sukses pertama, narkoba sampai berkelahi di panggung

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Seteleh menembus kesuksesan dengan album debut mereka, Definitely Maybe, Oasis mulai dilirik di Amerika. Mereka pun memulai tur pertama di US pada tahun 1994. Tur di US itu berlangsung kacau balau, salah satu show paling buruk dalam sejarah Oasis. Dari sebuah film dokumenter tahun 2016, berjudul Oasis: Supersonic, Liam mengakui kalau mereka memakai narkoba jenis Methamphetamine yang tadinya mereka sangka itu kokain.

Para penonton mulai harap-harap cemas, karena Oasis masih belum juga tampil. Ketika sekian lama akhirnya mereka muncul dan mulai memainkan lagu. Namun kakak beradik Noel dan Liam Gallagher mulai menghina satu sama lain, membuat kacau lagu mereka sendiri, bahkan menyanyikan lirik yang salah. Kelanjutannya, Noel dan Liam malah berkelahi di panggung.

Hari berikutnya Noel keluar dari Oasis, dan tur dibatalkan. Namun saat itu Noel keluar cuma sementara dan bergabung kembali dengan Oasis.

Cuma gara-gara Stereo-nya Noel dikencingin Liam, Mereka jadi suka berantem

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Menurut Liam dan Noel, mereka memang suka berkelahi dari kecil. Namun hal yang membuat mereka jadi suka berkelahi di dalam band, mungkin semenjak insiden “Stereo yang dikencingin Liam”.

Waktu Noel masih berumur 19 tahun dan Liam masih 15 tahun, mereka punya kamar tidur bersama, dan Liam sedang mabuk waktu itu. Di dalam kamar yang gelap, Liam berusaha untuk mencari toilet namun tak bisa menemukan saklar lampu, akhirnya dia malah pergi ke pojokan kamar dan kencing disana tepat di atas Noel meletakkan Stereo barunya. Noel pun marah besar apalagi setelah Liam mengatakan, “Listen mate, udah untung gue kencing disini daripada di dalam mulut loe.”

Menurut ibu mereka sendiri, Peggy Gallagher, kakak beradik ini memang suka berkelahi dari pada masih kecil.

Kembalinya ke Oasis, Noel memukul Liam dengan tongkat cricket waktu bikin album “(What’s the Story) Morning Glory?”

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Ketika Oasis membuat album kedua mereka, (What’s the Story) Morning Glory? Pada tahun 1995, kakak-adik ini tinggal bersama di dekat studio tapi selalu bikin rusuh. Suatu malam Liam membawa 20 orang dari pub lokal ke sebuah pesta, namun Noel menyuruh mereka untuk pergi.

Liam yang malu sama temannya, mengirim rombongan itu ke rumah dan kemudian mulai memukul pintu kamar Noel. Abangnya ini tentu tidak tinggal diam, dia menanggapi dengan meraih tongkat kriket dan memukul Liam dengan itu.

Tahun 1996, berkelahi di panggung lagi di acara MTV Unplugged

Pada tahun 1996, Oasis dipilih untuk mengisi acara di salah satu episode MTV Unplugged. Pada saat-saat terakhir show, Liam menolak untuk menyanyi, mengaku kalau ia sakit radang tenggorokan. Tapi dia memutuskan untuk tetap di panggung dan menonton.

Untuk sisa penampilannya, Liam hanya bisa melihat dari balkon, merokok dan minum sambil mengejek Noel dari jauh yang telah mengambil alih posisinya sebagai vokalis untuk show tersebut.

Liam cabut dari Tur hanya karena ingin beli rumah

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Oasis kembali melakukan tur di Amerika yang kedua pada tahun 1996 namun Liam memutuskan untuk tidak ikut dan tetap di Inggris untuk mencari rumah. Noel mengatakan kepada The New York Times, “Ketika saya naik ke pesawat, dia turun karena istrinya menelepon kalau dia ingin membeli rumah.” Noel akhirnya menuruti kata istrinya.

Kemudian Noel menyalahkan menurunnya rating Oasis di Amerika gara-gara Liam dan keputusannya yang konyol.

Noel dan Liam akhirnya berhenti berbicara satu sama lain dari tahun 2002

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Pada tahun 2002, Gallagher bersaudara kembali berkelahi di panggung. Liam saat itu keluar dari panggung saat lagi konser di Jepang dan tidak kembali lagi. Waktu Noel ditanya pas Interview, dia bilang begini:

“Liam terus ngedumel di sepanjang konser seperti anak kecil, setelah lagu keempat akhirnya saya bilang ke dia, ‘Apa kau bisa tutup mulut kalau lagi di panggung atau kau akan terus merengek seperti anak kecil?’ Dia melihatku dengan tatapan kesal dan melempar tambourine-nya ke lantai seperti perempuan, kemudian dia pergi.”

Setelah itu, kakak beradik itu pun berhenti bicara satu sama lain dan Liam meninggalkan sisa Tur Oasis. Di tahun yang sama, Liam terlibat perkelahian dengan polisi sampai kehilangan beberapa gigi.

Noel dan Liam pergi terpisah dalam tur tahun 2009 hanya supaya tidak mengacaukan tur Oasis

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Tiga minggu sebelum Oasis memulai tur terakhir mereka di tahun 2009, Noel dan Liam sempat berkelahi adu jotos. Akhirnya demi melanjutkan tur Oasis yang terakhir, mereka bepergian dengan cara terpisah. Dan sepanjang tur pun, sikap Liam selalu menyebalkan bagi Noel. Menurut Noel, dengan sikapnya yang arogan, dia memecat tur manager Oasis hanya karena tidak suka dengan sepatunya.

Tinggal dua show lagi dalam tur terakhir, kakak-beradik ini sudah tidak tahan lagi, Tur dibatalkan, Oasis pun bubar

Sejarah Perkelahian Noel Dan Liam Gallagher, Sampai Bikin Oasis Bubar

Oasis seharusnya tampil di sebuah show di Paris pada Agustus 2009, namun Liam tidak mau tampil, dan mengklaim bahwa dia menderita radang tenggorokan. Dengan tekanan buruk yang ditimbulkannya, Liam pulang sambil marah-marah, menghina wartawan, melempar buah ke sekeliling kamarnya, dan menghancurkan gitar.

Noel pun juga sama, dia membatalkan konser di Paris malam itu, masuk ke mobil, dan kemudian mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa dia sudah selesai dengan Oasis. Dia mengaku, “Saya tidak bisa lagi kerja bareng dengan Liam untuk satu hari lagi.”

Padahal sudah tidak saling bertemu dan menelpon, perkelahian pun berlanjut di media sosial hingga sekarang

Sejak 2009, Liam dan Noel telah membawa perseteruan mereka ke media sosial, terutama Twitter. Liam telah menghina acara radio Noel dengan Russell Brand dan mengejek album barunya Noel, High-Flying Birds.

Pada tahun 2016, Liam men-tweet gambar Noel dengan judul “POTATO” sebuah penghinaan yang terus dia gunakan selama berbulan-bulan. Noel belum pernah aktif dalam tweetnya, tapi dia sempat mengatakan secara terbuka bahwa saudaranya perlu menemui psikiater.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #band #konser #liam gallagher #musik #noel gallagher #oasis #sejarah #the beatles
Share

Pilihan editor