Share this
Share

Share

2 shares

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia yang Bisa Bikin Kamu Betah

3 June 2017  Ajeng

Jika kamu beranggapan bahwa perpustakaan itu membosankan, sebaiknya kamu melihat dulu perpustakaan yang ada di seluruh belahan dunia. Perpustakaan memang menyimpan misteri dan hal-hal menarik sekaligus rumah untuk buku-buku. Selain membaca buku, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mengerjakan tugas, bersantai, meminjam buku, unduh e-book gratis, dan masih banyak lagi. Untuk itu, kamu sebaiknya lihat perpustakaan paling keren di bawah ini dengan desain mewah, seolah kamu berada di tempat yang ajaib.

Beinecke Library, New Haven, CT

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan Buku Langka dan Naskah Beinecke Yale University dinobatkan sebagai bangunan terbesar di dunia. Bangunan megah ini digunakan sebagai pelestarian buku, manuskrip, dan dokumen langka. Yang lebih menariknya, perpustakaan yang satu ini memiliki ruang untuk sekitar 780.000 jilid. Selesai pada tahun 1963 dan terletak di kampus Yale University, di New Haven, Connecticut, perpustakaan ini juga menyimpan beberapa juta manuskrip termasuk Alkitab Gutenberg yang asli dan manuskrip Voynich yang misterius, di antara beberapa lainnya.

Perpustakaan Paling Keren Iowa State Capitol

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan Iowa awalnya merupakan sebuah perpustakaan teritorial pada tahun 1838. Kemudian, fungsinya  dialihkan menjadi sebuah badan ketika Iowa menyandang status negara bagian pada tahun 1846 dengan misi untuk memberikan layanan kepada pemerintah negara bagian.

Mengunjungi perpustakaan yang satu ini berasa seperti ada di kartun Beauty and the Beast. Kamu bisa melihat tangga besi yang berkelok-kelok di Perpustakaan Iowa State Capitol Law. Ditambah lagi dengan pemandangan buku-buku yang mana kamu harus menengadah untuk melihatnya.

Untuk bisa melihat aneka bukunya, pengunjung bisa menggunakan tangga untuk naik dan turun. Empat balkon berornamen di perpustakaan tersebut menjadikan Iowa Library ini terbesar di Amerika Serikat dengan buku yang berjumlah lebih dari 100.000 jilid.

Stuttgart City Library, Stuttgart, Jerman

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan paling keren di Jerman ini memiliki konsep seperti kapal luar angkasa. Bagaimana tidak, Perpustakaan Umum Kota Stuttgart ini dirancang dengan desain yang sangat unik. Dari luar, perpustakaan ini terlihat biasa saja, yaitu berupa kubik berwarna putih. Namun, ini berbanding terbalik dengan suasana di dalamnya. Barisan buku yang tertata rapi terlihat begitu nyentrik dalam balutan interior berwarna putih. Perpustakaan ini sengaja dibangun seperti itu agar sinar matahari bisa masuk secara maksimal menyinari setiap sudut ruangannya.

New York Public Library

Perpustakaan Umum New York (The New York Public Library) sudah lama menjadi sarana penyimpanan buku-buku penting, tempat bertukar informasi dan gagasan, sekaligus pelatihan gratis untuk semua warga di New York selama lebih dari 100 tahun. Didirikan pada tahun 1895, NYPL adalah  perpustakaan umum terbesar di negara ini, dengan tampilan unik dari 88 cabang di lingkungan sekitarnya sekaligus sebagai tempat pusat penelitian ilmiah.

Bertempat di perpustakaan 42nd Street yang ikonik dan tiga pusat penelitian lainnya, New York Public Library ini mampu menampung 55 juta item, mulai dari buku, e-book, dan DVD hingga koleksi penelitian terkenal yang digunakan oleh para ilmuwan dari seluruh dunia. Yang menjadi daya tariknya adalah harta karun  seperti surat 1493 Columbus yang mengumumkan penemuannya tentang Dunia Baru, Pidato Perpisahan George Washington yang asli, dan nilai tulisan tangan John Coltrane yang berjudul “Lover Man.”

The Public Library of Cincinnati and Hamilton County

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan Cincinnati dan Hamilton County (PLCH) adalah  perpustakaan umum di Amerika Serikat yang berpusat di kota Cincinnati, Ohio. PLCH ini mengoperasikan 41 lokasi regional dan cabang di seluruh Hamilton County.

Pada tahun 2012, PLCH sanggup menampung sekitar 9,5 juta jilid, sehingga disebut-sebut sebagai perpustakaan terbesar ke-13 di Amerika Serikat. Pada tahun 2008, perpustakaan PLCH pusat mampu mengedarkan lebih dari 4 juta item setiap tahun, terbanyak dari lokasi perpustakaan tunggal mana pun di negara tersebut, dan memiliki luas 542.527 kaki persegi (50.402,4 m2). Pada tahun 2008, beberapa cabang PLCH sudah dikunjungi 5.661.940 pengunjung.

Pada tahun 2018, Library Journal memberikan peringkat tertinggi lima bintang pada PLCH, menempati peringkat kedua di antara perpustakaan nasional dengan pengeluaran lebih dari US $ 30 juta. Keren, ya!

Melk Abbey, Melk, Austria

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Melk Abbey merupakan pusat properti gereja kerajaan dan kekaisaran di bawah Carolingian dan Ottonian. Di dalamnya, terdapat sebuah perpustakaan yang diisi dengan kurang lebih 1800 manuskrip yang berasal dari abad ke-9.

Perpustakaan ini juga memiliki 750 Incunabula (buku yang diterbitkan sebelum akhir abad kelima belas), 1.700 karya abad ke-16, 4.500 karya abad ke-17, dan 18.000 karya abad ke-18. Abad ke-19 hingga hari ini mencakup sekitar 100.000 jilid, yang 16.000 di antaranya berada di ruang perpustakaan. Buku-buku tersebut mencangkup semua kategori mulai dari teologi, hukum, geografi, astronomi, sejarah, dan koleksi ensiklopedia.

University of Coimbra Library, Coimbra, Portugal

Universitas Coimbra dulunya merupakan Istana Kerajaan Coimbra. Pada 1717, Raja João V mensponsori pembangunan perpustakaanini  sebagai bagian dari upayanya utuk melestarikan seni, budaya, dan karya-karya ilmiah. Perpustakaan ini diberi nama oleh Raja João.

Desain perpustakaan yang megah tentu saja merupakan hasil sentuhan dari para seniman dan pengrajin penting lainnya pada saat itu. Pelukis Lisbon, António Simões Ribeiro dan Vicente Nunes bertanggung jawab atas komposisi alegori yang rumit di langit-langit. Seniman dekoratif Manuel da Silva bertanggung jawab atas penyepuhan dan pernis rak dan berhasil membuat berbagai motif yang cantik.

Di dalamnya terdapat lebih dari 250.000 buku. Beberapa diantaranya ditulis tangan, dan ada juga yang dicetak, mewakili periode dari abad ke-15 hingga ke-19. Isinya buku-buku tentang kedokteran, geografi, sejarah, studi humanistik, sains, hukum sipil dan kanonik, dan filsafat dan teologi.

Perpustakaan ini sekarang dianggap sebagai harta nasional Portugal yang tak ternilai harganya.

The Vatican Apostolic Library

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan Apostolik Vatikan, Biblioteca Apostolica Vaticana (BAV) Italia terletak di dalam istana Vatikan. Tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat penyimpanan manuskrip terbesar di dunia. BAV merupakan pewaris langsung dari perpustakaan pertama para paus Roma. Awalnya, tidak banyak yang tahu tentang perpustakaan ini hingga abad ke-13, namun setelah ditelusuri isinya merupakan koleksi karya  sederhana sampai karya Paus Nicholas V (1447–55).

Pada awal abad ke-21, perpustakaan ini menyimpan lebih dari 80.000 manuskrip arsip (kebanyakan dalam bahasa Latin atau Yunani), lebih dari 1,6 juta jilid cetakan, dan sekitar 8.600 incunabula selain koin, medali, cetakan, gambar, ukiran, dan foto.

Pada tahun 2010, BAV bekerja sama dengan sejumlah mitra dalam menyediakan fitur digital untuk seluruh koleksi manuskrip bersejarah dan incunabula. Proyek tersebut diperkirakan membutuhkan waktu sembilan tahun untuk menyelesaikannya. Proses ini tidak hanya akan membuka sumber daya yang luas, tetapi juga melindungi dokumen-dokumen dan binding yang rusak.

George Peabody Library, Baltimore, MD

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Gedung perpustakaan ini dibuka pada tahun 1878. Perpustakaan ini dirancang oleh arsitek Baltimore Edmund G. Lind, bekerja sama dengan rektor pertama Peabody Institute, Dr. Nathaniel H. Morison. Ruang tumpukan berisi lima tingkat balkon besi cor hias dihias secara menjulang setinggi 61 kaki di atas lantai.

Perpustakaan berisi 300.000 jilid, terutama dari abad ke-19, yang meliputi buku-buku tentang agama, seni Inggris, arsitektur, topografi dan sejarah; sejarah, biografi, dan sastra Amerika; Bahasa dan sastra roman; sejarah sains; dan geografi, eksplorasi, dan perjalanan.

Strahov Monastery Library, Castle Hill, Prague

Perpustakaan ini terletak di dalam kompleks biara Strahov, sebuah biara Premonstratensian di atas bukit di belakang Kastil Praha. Pada akhir abad ke-17, kepala biara baru mendapatkan ide untuk memperbaharui perpustakaan dan dia membangun Aula Teologi. Langit-langitnya yang melengkung didesain dengan plesteran barok dan lukisan yang menggambarkan tema kebijaksanaan, bersama dengan kata Latin initio sapientiae timor domini (‘awal dari kebijaksanaan adalah takut akan Tuhan’). Ruangan ini dipenuhi didominasi oleh cahaya putih yang menyapu kegelapan di setiap sudutnya.

Jika berkunjung ke tempat ini, kamu tidak hanya disuguhkan oleh buku-buku yang tersusun rapi. Ada juga koleksi barang di etalase yang menyimpan puluhan senjata yang benar-benar menakutkan, serta gading narwhal yang sangat panjang yang awalnya diyakini sebagai tanduk ajaib unicorn yang bisa kamu jelajahi.

Zurich B2 Boutique Hotel, Zurich, Switzerland

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Bekas tempat pembuatan bir yang berubah menjadi hotel ini merupakan Perpustakaan Anggur. Saat memasuki ruangan, kamu akan disambut oleh menara buku tebal – rak kayu gelap yang berisi lebih dari 33.000 buku. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan hiasan lampu gantung besar yang terbuat dari botol bir asli Hürlimann yang digantung di langit-langit yang sangat tinggi.

Ini adalah tempat yang cocok untuk duduk dan bersantai. Dan bagi kamu yang suka minuman beralkohol, di sini tersedia aneka minuman terbaik langsung diambil dari kilang anggur daerah terkenal di Zurich. Selain itu, ada juga cemilan yang tersedia kapan saja.

Perpustakaan Paling Keren Admont Abbey, Admont, Syria

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan yang dibalut oleh lantai mewah dan cat putih ini menampung hampir 70.000 buku antik. Sebagian besar buku-bukuya tentang literatur teologis atau ilmu pengetahuan profan, dan edisi Alkitab. Buku-buku itu disimpan dalam sebuah mahakarya arsitektur. Saking kerennya, kamu mungkin sampai nggak bisa berkata apa-apa saat melihat keindahannya.

Ruangan perpustakaan ini dirancang oleh arsitek Josef Hueber dan terinspirasi dari Perpustakaan Istana Kekaisaran di Wina. Namun, jika menyangkut kecerahan dan rasa ruang, dia menerapkan konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Tujuh lukisan dindingnya dilukis oleh Bartolomeo Altomonte dan ruangan itu didekorasi oleh seniman istana Josef Stammel. Patung-patung ‘Four Last Things’ menggambarkan tentang kematian, kebangkitan, surga dan neraka.

Perpustakaan Paling Keren The Austrian National Library

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan Nasional Austria adalah salah satu perpustakaan bersejarah terindah di dunia, sekaligus perpustakaan Barok terbesar di Eropa. Kaisar Charles VI memerintahkan pembangunan permata arsitektur ini pada abad ke-18 untuk digunakan sebagai Perpustakaan Istana Kekaisaran dan dikenal hingga tahun 1920.

Perpustakaan Nasional Austria memiliki lebih dari delapan juta buku. Di antara buku-buku tersebut, kamu akan menemukan koleksi 15.000 volume Pangeran Eugene dari Savoy, serta buku-buku dari perpustakaan biara yang ditutup selama reformasi agama Joseph II.

Perpustakaan Paling Keren Trinity College Library of Dublin

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan ini terletak di jantung Kota Dublin. Desainnya yang vintage membuat siapa saja merasa seperti berada di abad ke-18. Di dalamnya terdapat Book of Kells – naskah Injil abad ke-9 yang terkenal di seluruh dunia. Pengunjung juga akan dimanjakan oleh pameran “Mengubah Kegelapan menjadi Terang” dari Buku Kells, pajangan Perbendaharaan tempat Kitab Kells dan manuskrip, dan Long Room yang megah yang menampung 200.000 buku Perpustakaan tertua di rak buku kayu ek.

The Providence Athenaeum, Providence, RI

Perpustakaan paling keren lainnya ada Providence Athenaeum, RI. Perpustakaan unik ini menjadi pusat budaya, sekaligus memperkaya pendidikan dan budaya anggotanya.  Komunitas lain dan masyarakat setempat juga bisa terlibat dalam aktivitas yang ada di perpustakaan tersebut. Perpustakaan ini juga menyediakan koleksi-koleksi buku yang keren dan luar biasa, dan menawarkan program yang inovatif dan menarik berkolaborasi dengan sektor budaya komunitas untuk melestarikan bangunan bersejarahnya.

Prague Clementinum National Library

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan Nasional Republik Ceko, yang terletak di kompleks Barok Clementinum dekat Jembatan Charles, merupakan perpustakaan pusat di negara tersebut. Perpustakaan ini  menyimpan berbagai jenis buku, manuskrip, dan publikasi lain yang diterbitkan di tanah Bohemian sejak 1807. Ada juga dokumen yang usianya sudah tua, salah satunya adalah papirus Yunani dari abad ke-1. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan dan membuat lebih dari enam juta dokumen yang mudah diakses.

Aula perpustakaan Baroknya yang indah dibangun pada tahun 1722 dan didekorasi dengan lukisan fresco bertema sains dan seni yang menakjubkan. Di dalamnya ada gambar Kaisar Romawi Suci Joseph II (“Josef II” dalam bahasa Ceko) dan gambaran Peter Canisius, pendiri provinsi Yesuit Ceko.  Di tengah aula perpustakaan Barok juga dihiasi dengan koleksi bola dunia yang menakjubkan yang dibuat oleh para Yesuit.

Stockholm’s Potential Future Public Library

Perpustakaan Paling Keren Di Dunia

Perpustakaan yang dirancang oleh Gunnar Asplund dan selesai pada tahun 1928 ini adalah salah satu bangunan kota yang paling terkenal dengan arsitektur neo-klasik. Konsepnya dirancang secara geometris dan terdaftar sebagai salah satu perpustakaan terindah di dunia.

Melewati pintu masuk bergaya Mesir dan menaiki tangga pusat, pengunjung bisa melihat sekilas ke dalam rotunda pusat perpustakaan. Rotunda adalah aula buku melingkar dan merupakan kuil yang benar-benar menakjubkan bagi bagi para pencinta buku. Ada sekitar 40.000 buku di dalamnya.

Di aula megahnya terdapat rak buku melengkung dan lantai yang ditata di Pantheon di Roma. Ada juga lima ruang skhusus yang semuanya diakses dari rotunda pusat. Kamar-kamar yang lebih kecil ini memiliki rak tersembunyi dan meja berlapis kulit, masing-masing dengan lampu kuningan tradisional untuk memberikan penerangan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #buku #buku fiksi #buku nikah #dunia #judul skripsi #keren #perpustakaan #perpustakaan di korea #perpustakaan nasional #perpustakaan paling megah #perpustakaan ui
Share di whatsapp

Pilihan editor