Pemula Wajib Tahu 6 Tips Memilih Sepeda Gunung Ini

Spread the love

Dewasa ini, tren bersepeda seolah mengubah gaya hidup seseorang. Kamu bisa lihat sendiri di sepanjang jalan raya kumpulan orang-orang yang giat bersepeda demi mencapai kebugaran tubuh yang hakiki yang ujung-ujungnya diklaksonin juga gara-gara ngalangin. Aneka jenis sepeda pun kini eksis di sepanjang jalan, salah satunya sepeda gunung. Kendaraan roda dua ini terkesan flesibel karena bisa digunakan di jalan raya sampai medan yang terjal. Kalau kamu tertarik memiliki sepeda ini, simak dulu tips memilih sepeda gunung berikut ini.

1. Memilih Merek Sepeda Gunung Populer

Photo by Harvey Tan Villarino from Pexels

Kalau kamu belum pernah beli sepeda gunung, cari referensi merk sepeda tersebut yan berkualitas. Kamu bisa cari sendiri di internet atau nanya langsung ke teman atau saudara. Dengan adanya beragam referensi merk sepeda lokal maupun import, kamu jadi lebih tau sepeda mana yang cocok dengan kebutuhan. Cari tau juga kelebihan dan kekurangannya, ya.

Untuk pemilihan mereknya sendiri, disarankan untuk memilih brand populer dan berkualitas. Produk mereka biasanya sudah terkenal dengan kualitas dan reputasinya yang baik.

2. Tips Memilih Sepeda Gunung: Memperhatikan Ukuran Frame

via polygonbikes.com

Setelah memilih merek sepeda, langkah selanjutnya adalah memperhatikan ukuran frame. Biar nggak bingung, kamu bisa menyesuaikannya dengan tinggi badan. Setelah itu, ukurlah panjang inseam dari ujung kaki sampai area selangkangan. Jika sudah, cocokan angkanya dengan tabel geometri frame dari merek sepeda yang mau kamu beli. Kalau nggak mau ribet, kamu bisa langsung datang saja ke tokonya dan mencoba sepda satu-satu apakah nyaman dan cocok dengan tinggi badan kamu.

Sepeda gunung umumnya terdiri dari dua macam, yaitu hardtrail dan full suspensi. Suspensi pada hardtrail hanya ada di bagian depan saja. Jenis ini cock banget digunakan di berbagai medan, ntapi kurang nyaman saat  menuruni gunung.

Untuk jenis full, suspensinya ada di bagian depan dan belakang.  Sepeda ini lebih nyaman jika digunakan untuk  menuruni gunung. Namun, suspensi ini tidak cukup efisien untuk jalanan yang datar dan menanjak.

Jadi, pilihan kamu yang mana?

3. Tips Memilih Sepeda Gunung: Mengecek Contact Point yang Pas untuk Tubuh

Cara yang ketiga adalah memilih contact poin yang pas untuk tubuh. Bagian yang satu ini merupakan tiga titik yang akan bersinggungan dengan tubuh kamu, yakni sadel, handlebar, dan pedal.  Bagian pedalnya bisa disesuaikan dengan kenyamanan kamu. Disarakan untuk memilih pedal jenis clipless yang membuat ayuhan menjadi lebih efisien. Selain itu, pastikan juga bagian handlebar pas dengan lebar bahu kamu.

4. Pilih Roda Ban yang Tepat

Photo by Roman Koval from Pexels

Ukuran ban sepeda gunung biasanya berkisar antara 26, 27,5, dan 29 inci.  Untuk itu, kamu disarankan untuk memilih ban dengan diameter 27,5 inci karena tidak sedikit pabrik yang memproduksi frame dengan ukuran tersebut.

Lebar ban juga penting untuk diperhatikan. Ban dengan ukuran lebar cenderung memiliki akselerasi yang pas saat menyusuri medan terjal. Namun, ban yang lebar bobotya menjadi lebih berat saat digunakan di jalur aspal.

Ketebalan roda  juga jangan sampai luput dari perhatian kamu. Ban yang tipis cenderung lebih mudah untuk melakukan manuver karena bobotya yang lebih ringan dan mudah berputar. Ban yang tipis juga cocok digunakan untuk rute jarak jauh, lho.

5. Mempertimbangkan Budget

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Budget sangat penting dipertimbangkan ketika kamu memutuskan untuk membeli sepeda gunung. Cari tahu dulu sepeda gunung yang sesuai dengan kebutuhan kamu, sehingga budgetnya nanti bisa menyesuaikan. Kalau nominalnya ternyata masih belum cukup, kamu bisa menabung beberapa bulan lagi. Yang penting kamu bisa dapet sepeda impian yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

6. Test Drive

Photo by Jenda Kubeš from Pexels

Hal yang satu ini bisa kamu lakukan setelah mendatangai toko sepeda. Jika kamu sudah mendapatkan sepeda yang diinginkan, jangan ragu untuk melakukan test drive. Rasakan saja, apakah sepeda tersebut nyaman digunakan. Cek juga rem dan komponen lainnya untuk meminimalisir ketidakpuasan. Kalau kamu beli secara online, test drivenya bisa dilakukan setelah sepeda sampai. Namun, jika ada kerusakan, tidak semua toko memberikan garansi. So, disarankan untuk mencari penjual yang memberikan jaminan atas kendaraan roda dua ini.

Itulah enam tips memilih sepeda gunung bagi kamu yang masih pemula. Dengan mengetahui tips di atas, kamu jadi tahu sepeda gunung mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Btw, budgetnya sudah ada?

Berikan komentarmu