Share this
Share

shares

10 Pantai Paling Aneh Di Dunia, Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

17 June 2017

Sejauh ini pantai adalah tempat favorit bagi siapa saja. Karena ketika kita memikirkan pantai, sejenak saja terlintas di imajinasi kita tentang kehangatan matahari, angin yang sepoi-sepoi, pasir lembut sampai suara ombak yang menderu-deru. Pantai adalah bagian dari masterplan tiap orang kalau mau liburan. Semakin menjauhi kota, stress itu bakal makin “hilang”, katanya. Tapi siapa sangka kalau di dunia ternyata juga eksis kumpulan pantai paling aneh yang tak pernah kita tahu. Yuk dicek, apa aja sih?

1. Pantai yang tersembunyi (Hidden Beach)

Pantai Paling Aneh Di Dunia, Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

Algar de Benagil di Portugal adalah pantai yang terdapat di dalam gua. Seseorang yang berjalan di atas tebing gua itu mungkin akan mendengar desiran ombak tetapi tidak tahu dari mana suara itu berasal. Semakin dekat, mereka akan melihat sebuah lubang besar yang menganga. Hanya jika kita mengintip ke dalam lubang, barulah pantai tersembunyi itu terlihat di bawahnya.

Algar de Benagil adalah gua alami yang disebabkan oleh pasang surut air laut.

Tonton videonya di bawah ini:

2. Pantai batu es dan pasir hitam (Jökulsárlón Beach)

Pantai Paling Aneh Di Dunia, Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

Islandia adalah pulau vulkanik di Atlantik Utara. Karena terbuat dari batu vulkanik, ia memiliki banyak pantai yang mencerminkan warna batu vulkanik tersebut. Kebanyakan pantai pasirnya berwarna kuning, atau putih. Namun pantai Jökulsárlón di Islandia ini punya pasir yang berwarna hitam. Pantai ini juga dihiasi dengan bongkahan es gletser sebening berlian.

Sejarah pantai pasir hitam terbentuk sejak tahun 1930-an ketika gletser yang bernama Breiðamerkurjökull menerjang tempat ini. Saat gletser mencair, pasir hitam di pantai adalah sisa-sisa batuan vulkanik tersebut.

Tonton videonya di bawah ini:

3. Hot Water Beach

Hot Water Beach

Kebanyakan kalau kita melihat orang ke pantai pada bawa emper sama sekop. Kenapa? Karena mereka ingin membuat istana pasir. Namun untuk orang yang tahu tentang Hot Water Beach di Selandia Baru, jawabannya pasti beda.

Sebuah pantai aneh terletak di semenanjung Coromandel, orang akan mengatakan bahwa mereka membutuhkan sekop untuk menggali pasir untuk membuat kolam SPA air panas pribadi. Lah, kok bisa!?

Hot Beach Water, sesuai namanya “pantai air panas”, nama tersebut sangatlah merujuk pada keadaan pantai itu sendiri. Saat air pasang, air terlihat keluar dari butiran pasir dan airnya panas. Namun kalau air pasang turun, pengunjung berbondong-bondong menuju pantai, menggali pasir dengan sekop yang dapat disewa warung lokal. Di tempat inilah, pengunjung pantai dapat berkubang di spa “alami” mereka selama berjam-jam. Ya intinya orang yang dateng kesini, orang-orang yang gak mau rugi dan ngarep SPA gratisan.

4. Pantai yang bercahaya, Bioluminescent

Pantai Paling Aneh Di Dunia, Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

Pantai yang “bercahaya” atau Bioluminescent adalah salah satu pantai paling aneh dan paling menakjubkan yang bisa kamu lihat. Beberapa plankton dan alga dapat bercahaya dengan cahayanya sendiri, disebut bioluminescence. Karena butuh energi bagi mereka untuk bersinar, mereka hanya menghasilkan cahaya dalam kondisi tertentu.

Ketika kondisi ini tertentu, mereka dapat menerangi seluruh pantai. Beberapa pantai memiliki bioluminesen yang cukup teratur pada waktu yang dapat diprediksi jika kamu ingin melihat keajaiban alam ini. Pantai yang dikenal memiliki fenomena ini adalah pantai Mosquito Bay di Puerto Rico dan pantai di kepulauan Mudhdhoo di Maldives.

5. Pantai paling kecil di dunia, Gulpiyuri Beach

Pantai Gulpiyuri di Spanyol adalah pantai yang paling kecil di dunia. Pantai ini berjarak 100 meter dari laut, namun terisolasi dan tertutup oleh karang dan tebing tinggi. Saat air pasang, air yang ada di laut masuk ke dalam gua yang terbentuk di dalam bebatuan dan menghubungkan ke pantai Gulpiyuri.

Pantai kecil ini terbentuk di Zaman Es akhir dan namanya sendiri artinya “Lingkaran Air. Gulpiyuri kadang-kadang disebut sebagai pantai terkecil di dunia, bisa jadi benar adanya. Melihat pantai ini sama seperti kita pergi ke pantai pribadi di pulau buatan.

6. Pantai yang main petak umpet

Di Chandipur, India ada pantai yang sangat aneh. Pantai ini suka sekali main petak umpet. Di Pantai ini, air pasang dan surut silih bergantian secara signifikan. Ketika air surut, tempat ini seketika berubah menjadi lapangan pasir tanpa air. Orang mungkin bisa main bola disana. Namun kalau airnya pasang, tempat itu berubah menjadi laut.

Hamparan pasir yang luas digunakan oleh penduduk setempat dan wisatawan untuk berjalan-jalan atau naik sepeda. Dasar laut yang bebas air juga kadang tersisa kepiting merah dan makhluk laut lainnya. Hidup hewan laut ini dua kali sehari mendapati hidupnya digerogoti oleh manusia saat mereka terputus dari laut sejauh beberapa kilometer. Pemandangan laut yang menghilang juga suka digunakan untuk menarik wisatawan ke daerah tersebut.

Kalau pergi pantai ini, pastikan kamu tahu waktu pasang dan surut. Jangan pas lagi tiduran di pasir tiba-tiba kelelep karena air pasang!

8. Pantai kaca

Berjalan asik di pantai, biasanya hal terakhir yang orang ingin lihat adalah pecahan kaca. Namun, beberapa pantai tidak seberuntung pantai lain karena kegoblokan manusia.

Di Fort Bragg, California, memiliki pantai yang dipenuhi dengan kerikil berkilau terbuat dari kaca. Selama beberapa dekade, masyarakat setempat membuang barang mereka di dekat laut. Alhasil benda-benda organik membusuk, sementara logam berkarat dan pecahan kaca terbentuk dan jatuh oleh gelombang menjadi gumpalan halus. Namun ajaibnya, sekarang pantai ini dipenuhi oleh campuran batu dan kaca yang berwarna-warni.

9. Pantai telur naga (Dragon Egg Beach)

Selandia Baru adalah tempat di bumi yang tak ada habisnya dengan yang namanya “keindahan alam”. Landscape alam negara ini begitu menakjubkan dan sering kali dijadikan lokasi favorit untuk syuting film fantasi. Beberapa ada yang mengatakan kalau pemandangannya tidak bisa ditemukan di tempat lain di Bumi. Di Selandia Baru juga ditemukan salah satu pantai paling aneh.

Pantai telur naga (Dragon Egg) mungkin terdengar seperti dari serial Game of Thrones. Namun tempat ini adalah tempat yang nyata dan tujuan wisata populer. Pantai ini dinamakan begitu karena dihiasi dengan batu-batu besar dan bulat. Seolah sepreti telur nagara, dan nama batu-batu adalah batu Moeraki. Diketahui batu Moeraki ini terbentuk 60 juta tahun yang lalu dari beton lumpur, tanah liat, dan kalsit.

Batu “telur naga” tersebut sebenarnya bukan berasal dari daratan, namun terjatuh dari tebing dan berguling sampai ke pantai. Batu-batu tersebut penuh dengan retakan yang tidak menentu, seolah seperti sudah ada Naga yang menetas keluar.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #aneh #pantai #selandia baru #unik
Share

Pilihan editor