Pantai Klayar, Harta Karun Cantik dari Pacitan

Spread the love

Pantai masih jadi favorit wisatawan untuk menghabiskan sisa-sisa liburan. Kamu bisa melakukan beragam aktivitas, salah satunya menikmati suasana pantai yang menyegarkan mata. Di Pacitan sendiri, wisatawan akan dimanjakan dengan Pantai Klayar yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Jadi, nggak heran kalau pantai ini selalu dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Adapun daya tariknya, yaitu sebagai berikut.

Aktivitas Wisata di Pantai Klayar

pantai klayar

Pantai Klayar selalu jadi destinasi wisata turis lokal maupun asing saat berkunjung ke Pacitan. Berjemur dan mengambil gambar di beberapa spot cantik adalah aktivitas yang sering dilakukan. Pengunjung tidak diperbolehkan berenang karena gelombang ombak di pantai ini cukup besar.

Untuk daya tariknya sendiri, kamu bisa menemukan tebing batu setinggi 9 meter yang wujudnya menyerupai Sphinx. Batu tersebut terbentuk secara alami, yaitu dari hantaman ombak yang terus menerus.

via asliindonesia.net

Selain itu, ada juga penampakan batu karang suling Paus. Batu ini terlihat seperti menyemburkan air dengan suara yang mirip seperti  paus yang bersiul. Air itu sendiri berasal dari air ombak yang menghantam batu karang yang berlubang. Ketinggiannya air tersebut bisa mencapai 15 meter, lho! Jadi, lubang yang satu ini juga sering disebut dengan Seruling Samudera.

Di Pantai Klayar, pengunjung mendapatkan pengawasan langsung penjaga pantai. Pasalnya, ombaknya sangat besar, sehingga resiko kecelakaannya cukup tinggi. Untuk itu, jangan sesekali iseng berenang kalau ingin liburan kamu lebih menyenangkan di Pantai ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pukul 06.00 dan 16.00 WIB sore. Kamu bisa menikmati sunrise dan sunset yang cantik di waktu-waktu tersebut. Penampakan tersebut tentu saja akan sangat jarang kamu lihat, jadi nggak ada salahnya untuk mengabadikannya dalam bentuk foto. Gunakan angle yang ‘cantik’ agar hasilnya ala-ala aesthetic gitu!

via travelandphotography311.wordpress.com

Selain menikmati keindahan di sekitarnya, kamu juga bisa menyewa ATV untuk berkeliling pantai. Biaya sewanya tergolong murah, yaitu Rp 50 ribu jika menggunakan driver, dan Rp 75 ribu jika mengendarai sendiri. Ini hanya berlaku selama 30 enit saja. Jika kamu ingin menambah durasi, harus bayar lagi, ya!

Selain itu, kamu bisa menikmati kuliner khas Pacitan. Di beberapa warung sekitar pantai, kamu bisa mencicipi aneka makanan seperti lobster, kepiting, udang, kerang, dan hidangan laut lainnya.

Kamu juga bisa meyaksikan warga lokal yang memanjat pohon kelapa yang nantinya akan dijadikan bahan baku  pembuatan gula jawa. Di Pacitan sendiri, gula ini disebut dengan Legen. Kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh, ya!

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

via Instagram/pantaiklayarpacitan

Pantai Klayar menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Disana ada mushola, warung makanan dan minuman, toilet, lahan parkir, ATV, dan beberapa penginapan berupa homestay.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Dewasa Rp 10.000
Anak-Anak Rp 5.000
Parkir Sepeda Motor Rp 2.000
Mobil Rp 5.000
Bus / Mini Bus Rp 10.000

Lokasi Pantai Klayar Pacitan

via homestaypacitan.com

Kamu bisa menemukan pantai ini di desa Kalak kecamatan Donorojo, kurang lebih 35 KM ke barat kota Pacitan. Dari Kota Pacitan sendiri, jarak tempuhnya kurang lebih memakan waktu 1 Jam. Karena lokasinya terpencil, luas jalannya cukup sempit, dengan rute nya yang berkelok-kelok dan turun-naik. Namun, Pacitan sangat bisa memanjakan wisatawan karena sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan penampakan bukit-bukit dan jajaran goa yang cantik.

Penginapan Pantai Klayar

via theurbanmama.com

Kamu bisa banget menginap di area pantai. Disini kamu bisa menyewa peginapan berbasis Home-stay. Bahkan, ada beberapa yang lokasinya tepat di pinggir pantai.

Untuk harganya sendiri relatif terjangkau. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp200.000 sampai dengan Rp500.000. Untuk tipe resort seniri haranya mulai dari Rp800.000 – Rp2.000.000 per malam.

Jadi Inspirasi Lagu

Pantai ini dijadikan inspirasi bagi penyanyi legendaris, Didi Kempot. Ia menciptakan lagu ini pada tahun 2017. Biar nggak penasaran, kamu bisa langsung baca liriknya di bawah ini sambil menengarkan lagunya.

Pantai Klayar

via youtube.com

Tulung sawangen

Sawangen aku sing nandhang rindu

Oh tulung muliha senajan sedela, aku wis lila

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe lali

Janjimu ning Pantai Klayar

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe tega

Ninggal aku ganti pacar, ou-oo

Sedela wae aku ora bisa

Aduh kowe ningapa ninggalke lunga

Sekedhep netra aku ora lila

Yen kowe nganti gandheng karo wong liya, ou-oo

Tulung sawangen

Sawangen aku sing nandhang rindu

Oh tulung muliha senajan sedela, aku wis lila

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe lali

Janjimu ning Pantai Klayar

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe tega

Ninggal aku ganti pacar, Ou-oo

Sedela…

Itulah pesona yang ditawarkan oleh Pantai Klayar. Kapan kamu mau kesini?

 

 

 

Berikan komentarmu