Share this
Share

Share

shares

Pandemi Paling Mematikan di Dunia Selain Virus Corona

26 July 2020  Ajeng

Saat ini, kondisi dunia sedang meradang akibat pandemi Covid-19. Tenaga medis pun dikerahkan untuk menjadi garda terdepan dalam memerangi penyebaran virus ini. Sementara itu, masyarakat diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah setempat. Namun, jauh sebelum pandemi ini merebak, dunia pernah dilanda pandemi paling mematikan lainnya.

Kamu penasaran? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Flu Hongkong

Via idntimes.com

Disebut-sebut sebagai flu hongkong karena pandemi ini pertama kali menginfeksi hongkong pada tahun 1968. Pandemi ini pertama kali dilaporkan pada 13 Juli 1968 berdasarkan catatan laporan mengenai pandemi ini. Virus ini menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Singapura, Filipina, Vietnam, India, Eropa Australia, dan Amerika Serikat hanya dalam kurun waktu tiga bulan saja. Pandemi ini menyebabkan kematian sebanyak 1 juta jiwa, dan separuhnya merupakan penduduk Hongkong. Namun, tingkat kematian akibat pandemi ini masih dikategorikan rendah (0,5%).

2. HIV

Via unicef.org

HIV merupakan pandemi paling mematikan lainnya yang mulai teridentifikasi di Kongo pada tahun 1976. Ini bisa dikatakan sebagai pandemi terparah karena menyebabkan kasus kematian sebanyak 36 juta jiwa di seluruh dunia. Sampai saat ini, HIV bisa dialami oleh siapa saja yang memiliki pola hidup tidak sehat, khususnya dalam hubungan seksual. Beruntung, saat ini masyarakat mulai sadar akan bahaya dari penyakit ini, sehingga mereka bisa lebih ‘berhati-hati’ dalam berhubungan seksual dan melakukan berbagai pencegahan lainnya.

3. Flu Asia

Via wahingtonpost.com

Pada tahun 1956 sampai 1958, sebuah pandemi mematikan menyerang penduduk China. Dalam kurun waktu dua tahun saja, pandemi yang disebut flu Asia ini menyebar hampir ke seluruh dunia seperti Amerika Serikat, Singapura, Hongkong, dan wilayah lainnya. Menurut data dari WHO, pandemi ini menewaskan hampir 2 juta jiwa, dan 68.800 jiwa di anataranya menelan penduduk Amerika Serikat.

4. Kolera

Via cnnindonesia.com

Kolera atau diare menjadi salah satu pandemi yang cukup membuat heboh seluruh dunia. Pandemi yang berasal dari India ini menyebabkan 800 ribu jiwa melayang sebelum akhirnya menyebar sampai ke rusia, Eropa Timur, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Pada tahun 1919 sampai 1911, kolera menjadi pandemi terakhir di Amerika Serikat. Pemerintah setempat dengan sigap mengatasi pandemi ini dengan mengisolasi pasien yang terinfeksi. Dengan demikian, hanya ada 11 kematian saja yang terjadi di Amerika serikat akibat Kolera.

Wabah ini juga tercatat sebagai wabah kolera terakhir di Amerika Serikat (1910-1911). Otoritas Kesehatan Amerika yang telah belajar dari masa lalu bergerak cepat dengan mengisolasi pasien yang terinfeksi sehingga hanya ada 11 kematian yang terjadi di Amerika karena wabah ini.

5. Flu Spanyol

Via kumparan.com

Flu Spanyol dikenal sebagai pandemi 1918 yang juga sempat menghebohkan dunia. Pandemi yang satu ini berlangsung selama dua tahun, yaitu dari tahun 1918 samapi 1920. Flu Spanyol dinatakan sebagai pandemi influenza kategori 5 yang mulai menyebar di Amerika Serikat, disusul Afrika Barat dan Perancis, lalu menyebar hampir ke seluruh dunia. Pandemi yang satu ini disebabkan oleh virus influenzza Tipe A subtipe H1n!. Penyakit ini banyak menelan anak-anak muda dan orang dewasa. Dalam kurun waktu dua tahun tersebut, Flu Spanyol sudah menelan kurang lebih 100 juta jiwa di seluruh dunia.

6. The Black Death

Via minews.id

Black Death merupakan salah satu pandemi yang cukup membuat benua Asia, Afrika, dan Eropa terpukul. Pandemi yang satu ini terjadi pada pertengahan sampai akhir abad ke-14(1346-1353) dan pertama kali terjadi di Eropa. Penyakit ini berasal dari kutu yang tinggal pada tikus dan hidup di atas kapal dagang. Penyebarannya sudah pasti lebih cepat karena pada tahun-tahun tersebut perdagangan dunia sedang ada di masa kejayaannya. Oleh karena itu, tidak heran jika pandemi ini menelan puluhan juta jiwa.

Demikianlah tiga pandemi paling mematikan yang ada di dunia. Belajar dari pandemi yang sudah berlalu, yuk, mulai menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri. Tetap patuhi protokol kesehatan untuk memutuskan rantai penyebaran virus.

Berikan komentarmu

Related articles

 #caksin corona #corona hari ini #covid 19 #mencegah virus corona #pandemi covid 19 #pandemi dunia #virus corona
Share di whatsapp

Pilihan editor