Pak, Cobain Me Time di 10 Spot Mancing di Indonesia Ini, Asik!

Spread the love

Sebenernya, bapak-bapak kalau lagi gabut nggak se-absurd yang terlihat di akun-akun medsos. Nggak selalu update status yang- pengen-lucu-tapi-maksa, apalagi sampe live di aplikasi T*kTok. Ada juga yang selalu menjaga kewarasannya dengan hal-hal yang bisa dibilang produktif. Mancing, misalnya. Namun, mancing di kolam biasa mah udah terlalu mainstream. Ikan yang didapat juga jenisnya air tawar yang gitu-gitu aja. Yaa.. memang sebetulnya bapak-bapak sekalian harus nyobain sensasi pilih-pilih, misalnya nyobain mancing di pantai atau laut lepas. Seru lah, nyobain suasana baru.. apalagi spot mancing di Indonesia ini nggak terbatas! Untuk itu, kepoin aja dulu daftar spotnya di bawah ini…

1. Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Pulau Mentawai  menjadi surga bagi para pencinta aktivitas memancing. Salah satunya berkat penobatannya sebagai salah satu spot mancing saltwater terbaik di Indonesia. Pada tahun 2005 silam, Kepulauan Mentawai ini sempat digalakan oleh pemerintah wilayah dengan memperkenalkan 43 spot memancingnya. Untuk itu, sampai saat ini spot-spot tersebut masih ramai oleh pengunjung, beberapa diantaranya mungkin dikunjungi bapak-bapak yang ingin waktunya jadi lebh semi berfaedah.

Pulau yang satu ini juga punya daya tarik tersendiri. Beberapa diantaranya pada kearifan lokal, budaya, wisata alam flora dan juga faunanya. Saking cakepnya, pulau ini juga dinobatkan sebagai tempat berselancar terbaik ke tiga di dunia.

2. Spot mancing di indonesia: Kepulauan Riau

Selain Pulau Mentawai,  Kepulauan Riau juga jadi tempat yang asyik untuk memnacing ikan-ikan laut. Disini, bapak-bapak bisa menemukan dua spot yang terkenal dengan sebutan surga bagi para pemancing. Yang pertama ada pulau Mapur, yang perairannya tidak jauh dengan perairan Singapura. Disini, bapak-bapak bisa bebas mancing sambil menikmati keindahan alam sekitar pulau. Bahkan, bapak juga bisa menikmati aneka wisata bahari kalau udah beres mancing. Jalan-jalan pakai perahu salah satunya.

Yang keduya adalah pulau Tunjuk, yang memiliki keindahan pasir putih di pantainya. Bapak bisa puas mancing disini karena pulau ini terkenal menjadi habitat beragam spesies laut. Setelah mancing, bisa banget langsung rebahan di penginapan disana, dan langsung menikmati tangkapan bapak. Nikmat ini tidak boleh didustakan…

3. Pelabuhan Ratu

Kalau bapak berdomisili di Sukabumi dan sekitarnya, sempetin atuh buat mancing ke Pelabuhan Ratu. Meski perairan ini terkenal sebagai tempat bersemayamnya Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul, para pencinta mancing rupanya bisa mendapatkan kepuasaan saat memancing disini. Pasalnya, fasilitas yang disediakan pengelola terbilang lengkap. Pengunjung bisa menggunakan kapal yang sudah dilengkapi GPS dan fish finder agar bapak bisa lebih mudah menemukan ikan. Adapun dua spot favorit pemancingan, yaitu Panti Malimping dan Perairan Binuangeun.

4. Teluk Awang, Lombok Tengah, NTB

Spot mancing di Indonesia lainnya yang nggak kalah cantik adalah Teluk Awang. Teluk yang satu ini berlokasi satu kawasan dengan teluk Ekas, yaitu teluk paling besar di perairan Lombok. Di Teluk Awang ini, bapak bisa memancing di sebuah pelabuhan perikanan yang sudah dibangun sejak tahun 2005. Ikan lautnya juga beragam, sehingga nggak heran kalau penduduk setempat banyak yang berprofesi sebagai nelayan.

5. Pesisir Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta

Beragam jenis ikan laut juga bisa bapak temukan di aliran air di dekat Gunung Kidul, Yogyakarta. Perairan di kawasan ini bisa dibilang sedikit menantang, yaitu berupa tebing dan perbukitan di kawasan pesisir. Jadi, bapak mesti hati-hati saat me time mancing disini. Selain karena beresiko terjatuh, bapak juga bisa terkena hantaman ombak karena ombaknya dinilai lumayan tinggi dan kuat. Spot favoritnya tidak lain adalah Pantai Wedi Ombo. Disana, siapa saja bebas melakukan rock fishing atau memancing dari atas tebing atau karang. Bapak bisa mendapatkan beragam jenis ikan, salah satunya adalah kuwe greong atau ikan belitong. Belum pernah denger, kah?

6. Perairan Karimunjawa

Karimun Jawa memang terkenal sebagai destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang memesona. Dengan adanya pantai dan pulau-pulau cantik, bukan tidak mungkin beragam ikan pun berkumpul di perairan tersebut. Dengan demikian, bapak juga bisa sekalian bawa seperangkt alat mancing saat liburan kesini bareng keluarga.Nggak bakal nyesel, bapak bisa dapet beragam jenis ikan seperti Tinggiri, Kakap, Tuna, dan Giant Travelly. Lumayan kan buat stok makanan sehat 🙂

7. Kepulauan Alor

NTT juga punya salah satu spot yang jadi favorit bagi para pemancing, di mana lagi kalau bukan di Kepulauan Alor. Kepulauan yang satu ini menyediakan fasilitas kapal Natalia 7 yang bisa bapak sewa selama proses memancing. Sambil nunggu ikan nyaut, bapak bisa bersantai dulu menikmati perjalanan. Ada tim ABK yang bakal memandu perjalanan wisata bapak, jadi nggak usah khawatir nyasar dan koleps di tengah laut. Kalau sudah puas memancing, bapak bisa langsung nyobain hasil laut di beberapa warung yang bertengger disana.

8. Pantai Tirang

Kalau bapak nyari spot memancing di Pulau Jawa, Semarang bisa jadi aternatifnya. Kota Lumpia tersebut punya satu spot mancing yang jadi favorit, apalagi kalau bukan Pantai Tirang. Lokasinya ada di Desa Tambakrejo, Tugu, Semarang. Banyak yang me time mancing disini karena pantai tersebut jadi habitat ikan kerapu dan kakap putih. Lumayan kan dapet gratisan, soalnya di luaran sana harga kakap putih bisa sampai Rp 65 ribu per kg.

Untuk bisa sampai di spot memancingnya, bapak harus melewati jalan yang nggak mudah. Ada kondisi jalan yang berlumpur yang mesti bapak taklukan.Untuk itu, jangan datang kesini pas musim hujan :(.

9. Pantai Tegal Wangi

Siapa saja akan tergoda saat mendengar Bali. Pulau Dewata ini memang terkenal menyuguhkan surga dunia, sekaligus spot memancing terbaik di Indonesia. Di sini, bapak bisa lebih leluasa melakukan aktivitas memancing, bisa di dasaran atau di dekat pantai. Salah satu spot terbaiknya adalah di Pantai Tegal Wangi. Bapak bisa melakukan rock fishing yang sekaligus bisa menantang nyali. Pokoknya siap-siap aja dengan deburan ombaknya yang cukup keras!

10. Tanjung Tua

Spot memancing di Indonesia yang nggak kalah asiknya ada di pesisir Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Tanjung Tua. Tempat yang satu ini selalu penuh oleh para mancing mania. Bahkan bapak bisa mendapatkan ikan-ikan jumbo seperti giant trevally (kuwe gerong). Untuk itu, ini bisa jadi arena pertarungan bagi bapak untuk bisa menaklukan ikan raksasa. Seru-seru ngilu gitu.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu