Share this
Share

1 shares

5 Orang Yang Pernah Diduga Sebagai Si Misterius Jack the Ripper

3 June 2017

Jack the Ripper adalah salah satu manusia paling misterius di dunia. Ia bertanggung jawab sebagai dalang dibalik kasus pembunuhan yang belum terpecahkan di Inggris sejak bulan Agustus sampai November tahun 1888. Ia meninggalkan jejak korban di penjuru kota, agar membuat semua orang tahu, dan meninggalkan terror untuk kota London pada masa itu. Namun meskipun sudah meninggalkan beberapa petunjuk, bahkan mengirim tulisan tangan kepada polisi, Jack the Ripper tak pernah tertangkap.

Tak hanya professional, banyak yang mengatakan kalau Jack the Ripper adalah orang yang ahli dunia medis dan anatomi, karena itu kasus-kasusnya sangat bersih dan tak pernah terungkap meskipun ia sudah “sengaja” meninggalkan jejak.

Di masa itu pun, polisi dengan kewalahan bekerja untuk mengidentifikasi ratusan orang yang memiliki potensial terduga sebagai tersangka, namun usaha mereka selalu gagal. Bahkan di zaman modern ini, dan sampai detik saat ini pun kamu sedang membaca artikel di cerpin.com, kasus-nya Jack the Ripper belum bisa terungkap, namun beberapa theori bermunculan yang menjadikan banyak orang terduga sebagai sang pembunuh. Inilah 5 orang tersebut yang sempat diduga sebagai si Misterius Jack the Ripper.

1. Thomas Neill Cream

5 Orang Yang Pernah Diduga Sebagai Si Misterius Jack the Ripper

Dr. Thomas Neill Cream adalah seorang pembunuh di masa lalu. Ia telah membunuh beberapa pelacur dengan racun strychnine selama 1890an. Kemudian ia dihukum gantung, dan ketika ingin dieksekusi, ia sempat berkata kepada algojo, “Aku adalah Jack the…”, tak sempat menyelesaikan kata-katanya, sang algojo sudah lebih dulu membuka lubang di bawah kakinya yang membuat Dr. Thomas kehilangan nyawanya.

Meskipun membuat orang penasaran, namun Dr. Thomas memiliki masa waktu yang lebih lama dari kasus-nya Jack the Ripper, sehingga masih terbantahkan kalau dia mengaku-ngaku sebagai Jack the Ripper.

2. Jill the Ripper

5 Orang Yang Pernah Diduga Sebagai Si Misterius Jack the Ripper

Setelah membunuh Mary Jane Kelly pada bulan November 1888, seorang saksi sempat melihatnya seperti sosok seorang wanita. Kesempatan ini pun dimanfaatkan oleh seorang detektif yang ingin mengungkap kasus pembunuhan dan memiliki firasat kalau pembunuhnya saat itu berpakaian sepeprti wanita atau “bisa jadi” pembunuhnya adalah wanita.

Detektifnya, inspektur Abberline, waktu itu sempat terpikir kalau pembunuhnya mungkin adalah seorang bidan, seorang yang punya pengetahuan dan ilmu anatomi untuk dapat membunuh dengan cara yang mengerikan dan mengetahui seluk beluk tubuh manusia. Selain itu, seorang bidan akan mudah memilik akses untuk masuk ke asrama perempuan. Pada tahun 1939, penulis bernama William Stewart menulis buku, Jack the Ripper: A New Theory, yang mendalilkan kalau sang pembunuh adalah seorang perempuan dengan ilmu medis yang dikhianati oleh perempuan lain dan menjadi gila selama di penjara.

3. Sir John Williams

5 Orang Yang Pernah Diduga Sebagai Si Misterius Jack the Ripper

Sir John Williams adalah salah satu orang high-profiled yang diduga adalah Jack the Ripper karena pernah bekerja sebagai dokter kandungan. Meskipun begitu, di masa-nya Jack the Ripper, Sir John Williams belum diduga sebagai tersangka sampai sebuah buku di tahun 2005 yang berjudul, Uncle Jack, ditulis oleh keturunannya sendiri, menyebutkan kalau Sir John Williams adalah Jack the Ripper.

Di buku itu juga mengklaim kalau para wanita yang dibunuh dan dimutilasi adalah sebagai cara untuk meneliti penyebab dari kesuburan. Namun ada yang bilang juga kalau buku itu hanyalah kumpulan teori-teori.

4. John Pizer

5 Orang Yang Pernah Diduga Sebagai Si Misterius Jack the Ripper

Bukti lain juga menunjukan jalan untuk menduga seorang pembuat sepatu yang bernama John Pizer. Pada masa kasus pembunuhan Jack the Ripper yang belum terungkap, waktu itu polisi menemukan tersangka yang berpotensi sebagai si pembunuh yang mempunyai nama sebutan “Leather Apron” berdasarkan kesaksian dari sekitar 50 pelacur yang pada waktu itu mengklaim pernah dianiaya olleh orang yang sama.

Menurut kesaksian tersebut, orang ini selalu membawa sebuah pisau dan mengenakan celemek kulit (leather apron), yang mana ciri-ciri ini sangat mirip dengan John Pizer. Dan ditambah lagi, orang lokal yang sering melihat Pizer juga percaya kalau Pizer punya nama sebutan, “Leather apron”.

Pizer pernah ditangkap, namun akhirnya dibebaskan dari tuduhan polisi sebagai Jack the Ripper ketika kasus Mary Ann Nichols yang dibunuh pada bulan September 1888.

5. Sir William Gull

5 Orang Yang Pernah Diduga Sebagai Si Misterius Jack the Ripper

Sir William Gull adalah seorang dokter yang bekerja untuk Ratu Victoria. Namun dalam sejarah “identifikasi Jack the Ripper” orang ini adalah yang paling terkenal yang diduga sebagai Jack the Ripper. Pertama karena sebuah artikel yang dimuat di koran pada abad 19 dan dari buku Stephen Knight tahun 1978, Jack the Ripper: The Final Solution sebagai medium untuk spiritualis Robert James Lees yang menggunakan kekuatan batinnya untuk meyakinkan kalau William Gull adalah si pembunuh yang selama ini dicari.

Yang kedua adalah karena film From Hell (Johnny Depp), tahun 2001, diadaptasi dari novel Alan Moore dan berdasarkan sebuah surat yang dikirim ke polisi (bersamaan dengan sebuah ginjal yang dimasukan ke dalam botol wine) dari sumber yang tidak dikenal pada masa itu. Dalam film itu, nama Sir William Gull terlibat dalam kasus Jack the Ripper. Namun para peneliti modern menafsirkan kalau surat yang dikirim ke polisi dapat melibatkan lebih dari satu orang pelaku, sehingga Sir William Gull belum bisa dibuktikan sebagai pelaku yang sebenarnya.

Itu dia 5 orang yang paling terkenal sempat diduga sebagai Jack the Ripper. Sampai saat ini pun kasusnya Jack the Ripper belum bisa terungkap. Tak hanya artikel dan novel, beberapa film tentang Jack the Ripper pun kerap bermunculan untuk menceritakan sosok misterius ini, kalau kamu tertarik, kamu bisa tonton film-film seperti Pandora’s Box, Murder by Decree, The Lodger, hands of the Ripper, dan From Hell.

Dan sejak bulan Agustus tahun 1888 hingga saat ini pun, pertanyaan ini masih menggantung di orang yang menyelidiki kasusnya, Siapakah sebenarnya Jack the Ripper?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #jack the ripper #legenda #pembunuh #psikopat #sejarah
Share

Pilihan editor