Share this
Share

shares

6 Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

1 September 2019

Kuliner tidak hanya soal makanan berat lho! Dalam KBBI dijelaskan bahwa kuliner adalah yang berkaitan dengan masak-memasak. Jadi kalau kita ingin menikmati kuliner khas suatu kota, nggak harus pergi ke warung atau rumah makan saja, pusat oleh-oleh juga wajib dikunjungi. Biasanya pusat oleh-oleh menyediakan ragam makanan khas daerah tersebut.
Kalau kebetulan kita sedang berwisata atau sekedar berkunjung ke Semarang dan mencari oleh-oleh, mungkin banyak orang akan menyarankan kita membeli lumpia dan tahu bakso. Sayangnya tiga makanan ini hanya bisa bertahan kurang dari seminggu meski sudah di-vacuum. Namun begitu, kuliner semarang sangatlah menjanjinkan dan menggoda lidah siapa saja.

Agak repot kalau kita berasal dari daerah yang cukup jauh dari Semarang karena oleh-olehnya terlalu cepat basi. Tapi masalah ini mungkin tidak akan kita dapatkan kalau memilih oleh-oleh berikut ini, selain kemasan vacuum, oleh-oleh makanan kering juga banyak ditemukan dalam daftar makanan khas Semarang. Tidak tanggung-tanggung, penyimpanannya bisa lebih dari satu bulan lho!

1. Bandeng vacuum

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

Siapa yang tak suka menyantap bandeng lembut tanpa duri yang tidak mudah hancur dan bumbunya sangat meresap, rasanya tentu sangat nikmat. Inilah salah satu khas kuliner semarang yang terkenal.

Di kotanya, kita bisa membeli ragam olahan bandeng seperti itu sebagai oleh-oleh, salah satunya bandeng vacuum (untung konsumsi jangka pendek ada pilihan bandeng otak-otak,bandeng pepes, bandeng asap, dan lainnya). Bandeng vacuum merupakan bandeng yang dikemas dengan sistem press sehingga hampa udara. Ketahananya bisa sampai 2-3 bulan di luar lemari es dan 6 bulan di dalam lemari es. Bedanya dengan bandeng duri lunak biasa adalah tekstur bandeng vacuum yang sedikit lebih keras. Untuk memasaknya disarankan dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng.

2. Kue legit (Brilliant Super Cake)

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

Kue ini bisa tahan sampai 60 hari tanpa bahan pengawet dan rasanya tidak berubah. Keunikan ini bahkan sampai dicatat sebagai rekor MURI lho! Tak hanya awet, rasa kue legit ini pun sangat lezat dan tersedia banyak pilihan rasa seperti coklat, kismis, keju, dan almond. Sudah buka sejak tahun 80-an membuat kue ini sangat terkenal. Awalnya kue ini bernama Luciana Cake sebelum berubah menjadi Brilliant. Harganya cukup terjangkau untuk membayar rasa enak dan uniknya, yaitu sekitar 100 ribuan saja. Kita bisa mendapatkan kue ini di Istana Brilliant di kawasan Simpang Lima.

3. Tumpi

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

Sekilas mirip rempeyek, namun bedanya tumpi menggunakan topping kacang hijau. Rasanya gurih dan renyah. Ketahanannya tentu tidak bisa diragukan karena Tumpi merupakan jenis makanan kering. Harganya juga terjangkau jadi tidak akan membuat kantong wisatawan kering. Salah satu sentra produksinya ada di desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

4. Kue Sarang Madu

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

Kue ini terbuat dari tepung beras dan santan, bagian atasnya diolesi dengan gula merah. Tergolong kue tradisional, sarang madu bisa ditemukan di beberapa daerah sekitar Semarang dan tentu di Semarang sendiri. Harganya sedikit lebih mahal dari Tumpi dah ketahanannya bisa sampai dua bulan.

5. Torakur

Torakur

Saat melihatnya pertama kali, kita akan mengira makanan ini adalah kurma atau sejenisnya. Padahal torakur adalah manisan yang terbuat dari tomat namun dibentuk menyerupai kurma, begitupun rasanya. Torakur adalah singkatan dari tomat rasa kurma. Makanan ini ditemukan hampir dua dekade lalu saat panen tomat melonjak namun harganya jatuh. Torakur mengandung lycopene yang bisa mencegah kanker juga lho!

6. Wingko babat vacuum

Wingko babat vacuum

Kalau biasanya wingko hanya bertahan selama beberapa hari saja, tidak jika sudah di-vacuum. Ketahanan wingko babat vacuum bisa mencapai satu bulan. Harganya pun hampir sama, tidak lebih mahal. Jika wingko babat biasa dihargai 21 ribuan, wingko babat vacuum hanya dibanderol 22 ribuan saja. Salah satu gerai yang menyediakan wingko babat vacuum ada di daerah kelurahan Gajah Mungkur.

Wah, kalau bisa bertahan sampai lebih dari satu bulan sih luar biasa ya, kita nggak perlu lagi khawatir oleh-oleh kita cepat basi. Makanan-makanan ini pun bisa dikirim ke luar kota tanpa rasa khawatir akan rusak ketahanannya selama di perjalanan. Menurut kamu, mana kuliner semarang yang paling menarik?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #jawa tengah #kuliner #makanan #semarang
Share

Pilihan editor