Nyeleneh, 10 Tradisi Pernikahan Unik Ini Masih Bisa Kita Jumpai

Spread the love

Pernikahan di setiap wilayah memiliki tradisinya masing-masing. Sebut saja tradisi sungkeman atau nincak endog (menginjak telur) yang biasa dilakukan masyarakat Sunda. Itu tentu tentu saja bukan tanpa alasan. Setiap tradisi yang dilakukan memiliki makna dan filosofi khusus, yang diharapkan bisa menjadi harapan atau doa bagi sang pengantin. Di sisi lain, ada juga tradisi yang bisa bikin kita melongo saat melihatnya. Bukan dongeng belaka, karena tradisi pernikahan unik nyata adanya di berbagai belahan dunia. Langsung aja kepoin nomor satu, gengs!

1. tradisi pernikahan unik: Memukul Kaki – Korea Selatan

Korea Selatan terkenalakan adat dan budaya yang masih melekat hingga saat ini. Salah satunya adalah memukul kaki pengantin pria setelah acara pernikahan selesai. Tradisi inidilakukanoleh rekan-rekan dari si pengantin pria tersebut. Caranya adalah dengan lebih dulu melepas sepatu pengantin pria dan mengikat pergelangan kakinya dengan tali. Setelah itu, teman-temannya secara bergantian memukul kaki si pengantin dengan tongkat atau ikan kering. Tradisi ini memiliki arti kalau suami harus tahan dalam menjalani ujian pernikahan.

2. Pernikahan hantu – Tiongkok

Tradisi pernikahan yang berasal dari Tiongkok ini mungkin terdengar antimainstream. Beberapa masyarakatnya masih ada yang menggelar pernikahan hantu yang sudah sudah berlangsung ribuan tahun. Tentu saja pengantinnya adalah mereka yang sudah meninggal dunia dalam kondisi lajang, atau mereka yang masih hidup, lalu dipasangkan dengan dia yang sudah meninggal. Mereka lantas dipasangkan,  dan pernikahan dilangsungkan di kuburan.Jangan salah, pernikahan tersebut memakan biaya yang tidak sedikit, lho. Dan pernikahan ini dilakukan dengan tujuan untuk menentramkan “hidup”orang yang sudah meninggal dunia.

3. Tradisi Pernikahan unik di peti mati – Thailand

Tradisi pernikahanyang ada di Thailand juga nggak kalah nyeleneh. Adalah tradisi pernikahan peti mati yang ritualnya disebut-sebut masih dilakukan hingga saat ini. Pada hari Valentine 2015, sepuluh pasang pengantin setuju untuk melakukan ritual peti mati saat pernikahan. Mereka percaya bahwa berbaring di peti mati bersama pasangannya bisa membawa keberuntungan dan senantiasa terhindar dari nasib buruk.

4. Calon Pengantin Wanita Wajib Makan Besar – Afrika

Perempuan biasanya sanga menjaga pola makan menjelang hari pernikahannya. Apalagi kalau bukan demi mendapatkan berat badan yang proporsional di hari bahagianya. Namun, calon pengantin perempuan di Mauritania, Afrika tidak diharuskan untuk menjaga pola makannya. Sebaliknya, mereka diwajibkan untuk makan banyak, sampai tubuhnya gemuk. Ngerinya, anggota keluarga nggak akan peduli kalau si perempuan tersebut sampai mual atau muntah. Yang penting mah gemuk aja karena mereka percaya btubuh yang besar bisa mendatangkan keberuntungan bagi tiap keluarga.

5. Tradisi pernikahan unik: Penghitaman – Skotlandia

Di Skotlandia, pasangan pengantin di Skotlandia wajib melakukan “penghitaman sehari sebelum pesta pernikahan. Hal tersebut dilakukan oleh teman-temannya, dan setelah itu mereka diarak ke kota secara beramai-ramai.  Cairan hitam itu sendiri terbuat dari campuran air gula, jelaga, bulu, dan tepung.  Dan tradisi tersebut bisa dijumpai di beberapa daerah di Skotlandia, seperti Kepulauan Orkney, Fife, Aberdeenshire, dan Angus, dengan tujuan untuk mengusir roh jahat.

6. Menangis Sebelum Hari-H – China

Ada sebuah tradisi pernikahanunik yang bisa kamu jumpai di Sichuan Barat, China. Pengantin perempuan diharuskan untuk menangis satu jam sehari selama satu bulan menjelang pernikahannya. Di sepuluh hari pertama, si perempuan harus menangis dengan ibunya, dan 10 hari selanjutnya sang nenek bergabung, lalu akhirnya semua anggota keluarga wanita ikutan menangis, dan akhirnya jadi ritual menangis masal. Tradisi Zuo Tang ini mulai dilakukan sejak era Negara-negara Berperang China, ketika ibu dari seorang putri Zhao menangis di pernikahannya.

7. Meludahi Pengantin – Kenya

Meludah di tempat yang seharusnya tentu saja tidak dikategorikan sebagai hal jorok. Namun,meludahi seseorang tentu saja bisa dikatakan sebagai perbuatan imoral. Namun, hal tersebut rupanya lumrah terjadi, khususnya pada tradisi pernikahan orang Maasai, Kenya. Ayah sang pengantin perempuan bakal meludahi kepala dan payudara putrinya, sebelum akhirnya pergi meninggalkan rumah. Hal yang terkesan jorok ini dinilai sebagai sesuatu yang bisa mendatangkan keberuntungan, dan terhindar dari beragam kesialan.

8. Tidak Boleh ke Toilet selama 3 hari – Malaysia

Malaysia juga punya tradisi pernikahan yang tergolong unik. Komunitas Tidong di Sandakan, Sabah, Malaysia tidak mengizinkan anggotanya yang akan menikah untuk masuk ke toiletatau kamar mandi selama tiga hari tiga malam. Mereka percaya bahwa hal tersebut bisa mendatangkan nasib buruk. Bisa saja nanti rumah tangganya tidak harmonis, anak-anaknya meninggal dunia, kemandulan, ditimpakesulitan ekonimi, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau mau buang hajat ya bisa di tempat lain dulu:(

9. Tradisi pernikahan unik: Menikahi Hewan – India

Tradisi yang satu ini jelas akan membuat siapa saja melongo. Di beberapa daerah India, ada sebuah kepercayaan bahwa seorang perempuan bakal mencaji incaran binatang buas kalau mereka memiliki gigi berakar pada gusi atasnya. dengan demikian, ia harus dinikahkan dengan seekor binatang. Untung saja, pernikahan tersebut bukan sungguhan, alias sebagai ritual pengusir keburukan saja. Dengan demikian, hidupnya di masa depan akan lebih aman dan bisa menikah dengan laki-laki impiannya.

10. Uang Panai’ Fantastis – Makassar, Indonesia

Yang terakhir adalah yang paling fenomenal di Indonesia, tepatnya di Makassar. Suku Bugis biasa menjalankan tradisi pernikahan uang panai (mahar), yang nominalnya disesuaikan dengan  disesuaikan dengan strata si gadis. Adapun hal tersebut meliputi garis keturunan keluarga, pekerjaan, kecantikan hingga tingkat pendidikan.

Semakin tinggi strata si perempuan, uang panainya akan lebih besar. Bahkan jika si perempuan itu punya garis keturunan bangsawan, harga panai bisa mencapai miliaran rupiah! Pernah lihat kan yang begini? Untuk nominalnya sendiri biasanya ditentukan oleh keluarga calon mempelai perempuan, dan masih bisa didiskusikan. Jadi, bekerja keraslah wahai laki-laki.

Baca juga artikel menarik lainnya: 

Berikan komentarmu