Share this
Share

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

24 March 2018
Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

Bermain musik, antara karir dan kehidupan

Menciptakan keseimbangan antara karir dan kehidupan adalah perjuangan yang berat. Rupanya hal ini juga berlaku untuk orang yang bukan kerja kantoran. Karena memang hampir semua orang ingin mendambakan keseimbangan antara karir dan kehidupan.

Pernah gak bertanya-tanya menjadi musisi terkenal, bintang rock itu enak gak sih? Sebenarnya, banyak dari mereka yang tidak suka menjalani kehidupannya sendiri. Terlebih lagi kalau sedang banyak permintaan rekaman, tur, dan penampilan di media seringkali bisa membayangi kehidupan pribadi.

Selama bertahun-tahun, beberapa bintang rock yang sudah berkeluarga telah meninggalkan sorotan untuk fokus pada kehidupan pribadinya. Dari bintang rock yang pergi karena ingin fokus dengan keluarga sampai kepada mereka yang memutuskan ingin fokus dengan dirinya. Ternyata dari sini kita bisa lihat kalau bintang rock juga manusia. Tentunya mereka juga butuh menjalani hidup yang biasa seperti orang pada umumnya tanpa perlu diberitakan di media. Inilah beberapa bintang rock yang memilih jalan hidup mereka untuk menjadi orang biasa.

David Bowie (2001 – 2013)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

David Bowie

Setelah ia masuk ke kancah musik di akhir tahun 60-an, David Bowie adalah musisi yang sangat produktif selama lebih dari 40 tahun. Pada tahun 2001, Bowie menderita sakit nyeri dada selama pertunjukan dan kemudian dia mengalami serangan jantung.

Untuk itu dia memutuskan untuk berhenti dan pada tahun 2005 dia menyatakan bahwa dia mengambil cuti panjang dalam karirnya. Tidak ada tur, tidak ada album. David Bowie vakum dalam dunia musik sampai tahun 2013 dan tidak merilis album lagi sampai album berjudul The Next Day dirilis tahun 2013, yang juga merupakan album terakhirnya sebelum ia meninggal di tahun 2016.

Bruce Springsteen (1989 – 1999)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

Bruce Springsteen dan keluarga

Bruce Springsteen juga termasuk musisi yang konsisten mengeluarkan musik baru dalam 50 tahun karirnya. Namun tiba-tiba saja ia memutuskan untuk hiatus di akhir tahun delapan puluhan. Keputusannya ini adalah untuk mempertimbangkan kehidupan pribadinya yang selalu dinomor duakan selama bermusik.

Band E Street Band pun bubar, dan semua anggota fokus pada proyek lain selama enam tahun. Mereka kembali reuni pada tahun 1995 untuk rekaman album kompilasi. Akhirnya Pada tahun 1999, E Street Band resmi kembali main musik sampai sekarang.

John Lennon (1975 – 1980)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

John Lennon dan keluarga

Anaknya John Lennon, Sean Lennon, lahir di in 1975. 5 Tahun setelah The Beatles bubar. Lennon pun memutuskan untuk menjadi ayah yang tinggal di rumah bersama dengan istrinya, Yoko Ono. Dalam kurun waktu tersebut, Lennon tidak bermain musik kecuali untuk satu sesi rekaman dengan Ringo Starr pada tahun 1976, yang mana Lennon harus menepati janjinya.

Akhirnya Lenon kembali main musik lagi pada bulan Oktober 1980 dan menghabiskan dua bulan untuk membuat musik baru. Namun tragis, sebelum musik barunya keluar, dia ditembak dan dibunuh pada bulan Desember 1980.

Neil Young (1978 – 1992)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

Neil Young dan anaknya Ben

Neil Young memiliki seorang anak, Ben Young, yang lahir di 1978. Ben Young lahir dengan kelainan cerebral palsy. Sebuah kelainan yang membuat seorang anak memiliki kesulitan dalam bergerak dan duduk di kursi roda.

Akhirnya Neil dan istrinya memutuskan untuk mengabdikan diri pada pendidikan dan perkembangan putra mereka. Neil  menghabiskan sebagian besar waktunya dengan Ben, yang sekarang ikut tur bersamanya, hingga tahun 1982 ketika ia merilis album Trans-nya.

Brian Wilson (1964 – 1988)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

Brian Wilson

Brian Wilson yang merupakan salah satu member band rock Beach Boys. Pada tahun 1962, Brian dengan cepat menjadi terkenal. Brian memutuskan untuk pensiun dari tur untuk fokus hanya pada penulisan lagu.

Ketika anaknya lahir pada tahun1968 dan 1969, Brian kebanyakan tinggal di rumah bersama keluarganya. Mereka bahkan membuka toko makanan sendiri. Keterlibatannya dengan Beach Boys adalah sepanjang tahun 70an dan 80an dalam penulisan lagu. Dan Brian benar-benar berhenti sampai album solo dirilis pada tahun 1988.

Syd Barrett (1978 – 2006)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

Syd Barrett

Syd Barrett adalah salah satu anggota pendiri band legendaris Pink Floyd. Dia juga adalah orang yang mengusulkan nama band ini. Syd Barrett keluar dari Pink Floyd tahun 1968, meskipun, setelah perilakunya yang aneh kalau di panggung dan di studio terkait dengan penggunaan narkoba.

Syd memulai karier solo dan berusaha untuk membuat musik dengan beberapa kelompok lain, tetapi penyakit mental yang dikabarkan mengidap skizofrenia dan berpotensi dipicu oleh penggunaan obat psikedelik menghambatnya untuk sukses. Pada tahun 1978 ia pindah kembali dengan ibunya di Cambridge dan mulai menggunakan nama aslinya lagi, yaitu Roger.

Lagu Pink Floyd berjudul “Wish you were here” adalah lagu yang diciptakan untuk mengenang Syd Barrett.

Axl Rose (1994 – 2001)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

Axl Rose

Sebagai frontman band legendaris Guns N ‘Roses, Axl Rose naik pamor menjadi terkenal pada akhir tahun 80an dan menjalani kehidupan rock n roll yang fantastis hampir delapan tahun. Namun, pada tahun 1994, Axl memutuskan untuk beristirahat dari sorotan untuk fokus pada dirinya sendiri.

Kesehatan mental dan fisiknya menjadi prioritas utama setelah ia memulihkan ingatan dilecehkan secara seksual oleh ayahnya sendiri. Dia bahkan dikatakan tertular virus dan penyakit seperti flu babi sampai radang tenggorokan. Ia juga mengklaim kesehatannya menurun karena hukuman untuk dirinya. Pada tahun 2001, Axl Rose kembali bermusik sampai merilis album Chinese Democracy untuk GNR di tahun 2008.

Cat Stevens (1979 – 2006)

Musisi Sukses Yang Pensiun Untuk Jadi Orang Normal

Cat Stevens atau Yusuf Islam, musisi yang sudah hijrah

Penyanyi dan penulis lagu, Cat Stevens, mengambil cuti 28 tahun setelah masuk Islam pada tahun 1977. Dia mengubah namanya menjadi Yusuf Islam, melelang barang-barangnya untuk amal, menikah, dan memulai sebuah keluarga.

Keluarga dan agamanya menjadi fokus utamanya untuk bagian yang lebih baik dari tiga dekade berikutnya. Dari sejarah hijrah hidupnya, Cat Stevens pernah berkata, “Kau tahu, sebelum menemukan Islam, aku tidak pernah punya kehidupan. Aku selalu mencari”.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #bruce springsteen #cat stevens #david bowie #john lennon #musisi #sukses #the beatles #yusuf islam
Share

Pilihan editor