Share this
Share

shares

Museum Bawah Laut Cancun, Tempat Menyelam Yang Bikin Merinding!

3 June 2017

Museum Bawah Laut Cancun Untuk Pecinta Wisata Bahari

Museum Bawah Laut Cancun Tempat Menyelam Yang Bikin Merinding

Museum pada umumnya adalah tempat yang ada di daratan, namun juga ada yang di bawah laut. Cancun Underwater Museum adalah salah satu tempat wisata paling menakjubkan di dunia. Apalagi kalau kamu senang diving, mesti harus mengunjungi museum bawah laut ini untuk merasakannya.

Nama tempat ini adalah Cancun Underwater Museum juga dikenal sebagai MUSA. Sebuah Organisasi Nirlaba yang berbasis di Cancun, Meksiko yang didedikasikan untuk konservasi seni.

Pada bulan November 2009, sekitar 100 patung ditempatkan di perairan dangkal Taman Laut Nasional Cancun. Total instalasi museum menempati lebih dari 150 meter persegi. Museum ini suatu hari nanti akan menjadi ekosistem buatan dengan berbagai jenis ikan dan kehidupan laut. Lokasinya sendiri ada di bawah laut yang memiliki luas 420 meter persegi yang terdiri dari terumbu buatan yang berwujud patung-patung. Kumpulan patung inilah yang diberi judul “The Silent Evolution”.

Museum ini terletak di perairan sekitar Cancun, Punta Nizuc, dan Isla Mujeres dan merupakan salah satu tempat di bawah laut yang memiliki patung paling banyak sekaligus menakjubkan yang pernah kamu lihat.

Penasaran bagimana patung-patung tersebut dibuat?

Jason deCaires Taylor cancun

Kini total patung ada sekitar 470 buah. Dan semuanya dipahat di bawah air oleh seniman yang bernama Jason deCaires Taylor. Jason adalah seorang pemahat patung bawah laut yang diakui secara internasional. Spesialisnya adalah seni memahat patung bawah laut kontemporer yang seiring waktu berkembang menjadi terumbu karang buatan. Menggabungkan keahliannya sebagai fotografer bawah laut, instruktur konservasi dan penyelaman membuatnya berhasil menciptakan kehidupan bawah laut yang luar biasa.

Museum Bawah Laut Cancun, Tempat Menyelam Yang Bikin Merinding!Museum Bawah Laut Cancun, Tempat Menyelam Yang Bikin Merinding!Museum Bawah Laut Cancun, Tempat Menyelam Yang Bikin Merinding!

Koleksi patung yang bertebaran ini membantu mendorong pertumbuhan karang dan kehidupan laut. Karena memang tujuan dari pembuatan patung ini adalah untuk membiarkan patung-patung ini menjadi usang. Seiring berjalannya waktu, patung akan berubah menjadi terumbu karang yang dipengaruhi oleh lingkungan.

Sinergi penciptaan dan alam memberikan pesona khusus pada patung-patung ini karena perubahan-perubahan ini tidak mungkin ditiru secara artifisial. Seiring berlalunya waktu, patung berubah dan berkembang menjadi formasi yang spektakuler.

Sambil menyelam jalan-jalan ke museum. Kedua kegiatan ini hanya bisa dilakukan bersamaan kalau kamu berada di Cancun, Meksiko. Sebuah museum unik dan misterius karya pemahat dan penyelam Jason deCaires Taylor.

Konsep museum ini tidak hanya unik dan misterius, namun juga bersifat ekologis dan ramah lingkungan. Tujuan sebenarnya dari pembuatan museum ini adalah untuk mengajak orang menjaga terumbu karang asli pada habitatnya dan apabila para turis yang sedang berkunjung ke Cancun ingin melakukan diving dan melihat terumbu bawah laut, mereka akan diajak untuk pergi melihat ke area terumbu karang buatan tersebut.

Museum Bawah Laut Cancun Untuk Pecinta Wisata Bahari

patung menyeramkan bawah airmenyelam wisata bahari

 Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #cancun #laut #meksiko #museum #underwater
Share

Pilihan editor