Share this
Share

shares

10 Murid Joe Satriani Yang Paling Terkenal - Gitaris Wajib Tahu

4 May 2019

Murid Joe Satriani Yang Paling Terkenal - Gitaris Wajib Tahu

Murid Joe Satriani Yang Paling Terkenal – Gitaris Wajib Tahu

Siapa yang tidak kenal master gitar yang satu ini. Joe Satriani dikenal sebagai “guru besar” bagi para gitaris berbakat. Namanya sudah tidak asing lagi tentunya di kalangan musisi. Joe Satriani dikenal dengan nama panggung “Satch” dan sudah melahirkan musisi terkenal yang namanya sudah ngetop. Satriani memang memulai karirnya sebagai guru musik, karena itu banyak orang yang ingin belajar padanya waktu itu. Murid Joe Satriani sebenarnya banyak, namun hanya segelintir yang namanya cenderung sering didengar orang. Untuk sebagian lagi muridnya mungkin jarang dikenal orang karena sudah jadi tukang ketoprak atau PNS, ya kita kan gak pernah tahu.

Anyway, selain jadi guru gitar, Satriani juga termasuk musisi sukses. Pelantun Made of Tears ini adalah instrumentalis yang berhasil menjual albumnya lebih dari 10 juta keping, sebuah angka yang fantastis untuk solo karir. Nah, ini dia beberapa murid Joe satriani yang terkenal.

1. Steve Vai

Murid Joe Satriani Yang Paling Terkenal - Gitaris Wajib Tahu

Murid Joe Satriani yang paling pintar

Steve Vai yang berusia 14 tahun saat itu ingin belajar gitar. Pada tahun 1974, ia pun pergi ke tempat guru Joe Satriani di Westbury, Long Island. Anak muda ini meminta diajari cara bermain gitar “untuk pertama kalinya. Semenjak saat itu Steve Vai dan Joe Satriani pun mulai bersahabat.

Steve Vai adalah manusia pertama yang “dianggap” lulus dari hasil didikan Joe Satriani. Steve pun terus menerus belajar ke tempat Satriani sampai 3 tahun. Dan 15 tahun kemudian Steve Vai merilis “For the Love of God”.

2. Larry LaLonde

Murid Joe Satriani Yang Paling Terkenal - Gitaris Wajib Tahu

LaLonde mulai bermain gitar pada usia yang sangat muda, terinspirasi oleh musisi ikonik seperti Jimi Hendrix, Jerry Garcia, Frank Zappa. LaLonde mulai menjadi murid Joe Satriani pada tahun 1983 ketika ia menjadi gitaris dari band Possessed, sebuah band trash-metal.

3. Rick Hunolt

Murid Joe Satriani Yang Paling Terkenal - Gitaris Wajib Tahu

Hunolt adalah gitaris heavy metal yang memulai kariernya di band Exodus pada tahun 1983. Sebelum bergabung dengan Exodus, dia juga adalah mantan muridnya Satriani. Hunolt main bersama Exodus dari awal 1980-an dan 1990-an sebelum bergabung kembali dengan band pada 2012 untuk ikut tur reuni mereka.

4. Charlie Hunter

Charlie Hunter

Cerita dimulai ketika Charlie Hunter muda pergi ke toko gitar bekas di Berkley, California. Charlie ditemani ibunya dan bertemu dengan Satriani. Tidak banyak orang percaya bahwa Satriani mengajar Hunter karena gaya gitar mereka yang sangat berbeda. Tetapi Satriani tidak mengajarkan gaya bermain gitar dengan style tertentu, ia hanya mengajarinya cara bermain gitar.

5. David Bryson

David Bryson

David Bryson adalah gitaris dan vokalis untuk band Counting Crows (buat yang belum tahu). David dikenal sekarang karena gaya bermainnya yang unik dan penampilannya yang menarik, David memulai karir bergitarnya di bawah asuhan Joe Satriani di Berkley, Caifornia.

6. Kevin Cadogan

Kevin Cadogan

Salah satu murid joe satriani yang terhebat

Kevin Cadogan mulai bermain gitar pada usia 12 tahun. Di awal karirnya ia juga pernah menjadi muridnnya Satriani. Gaya permainan gitar Kevin Cadogan yang unik telah dipuji oleh banyak orang. Produser Eric Valentine pernah mengatakan, “Kevin adalah salah satu pemain gitar musikal yang paling inovatif dan punya banyak riff gitar yang catchy yang tak ada habisnya”. Di awal tahun 90an, Kevin bergabung dengan band Third Eye Blind.

7. Alex Skolnick

Alex Skolnick

Murid joe satriani yang tercepat

Alex Skolnick pertama-tama mengambil gitar pada usia sembilan tahun. Dia pertama kali memulai pelajaran dengan Satriani ketika dia berusia 14 dan melanjutkan selama 2 tahun. Skolnick menjelaskan kalau Joe Satriani adalah orang yang ketat dan sangat serius. Itu adalah langkah yang berani untuk mengambil pelajaran darinya. ”Skolnick kemudian menjadi gitaris utama band thrash metal, Testament. Rolling Stone pernah mencatat namanya sebagai salah satu gitaris tercepat di dunia.

8. Geoff Tyson

Geoff Tyson

Geoff Tyson adalah gitaris yang luar biasa, punya skill mumpuni dan juga muridnya Joe Satriani. Satriani mengakui kalau Geoff Tyson adalah salah satu dari dua muridnya yang “lulus” dari didikannya. Tentunya setelah Steve Vai.

Geoff banyak dipuji orang dan dikatakan sebagai salah satu pemain gitar terhebat sepanjang masa. Ia juga telah melakukan tur dengan berbagai artis seperti Joe Kidd Ugly, Joe Satriani, White Zombie, Tora Tora, Asphalt Ballet, dan banyak lagi.

9. Phil Kettner

Phil Kettner

Kettner adalah gitaris utama dari band metal Laaz Rockit. Ia pernah bekerja sebagai asisten sekaligus muridnya Satriani. Phil mempelajari skill yang ia butuhkan untuk menjadi salah satu pemain gitar paling terkenal di masanya.

10. Kirk Hammett

Kirk Hammett

Murid Joe Satriani yang terakhir

Kirk Hammett memulai kariernya di band Exodus di awal tahun 80an. Pada waktu itu permainan gitarnya masih biasa saja, belum ada WAH nya (only metallica fans can relate, LOL). Pada saat ia sudah menjadi murid Joe Satriani. Pada tahun 1983 Kirk kenalan dengan James Hetfield dan diminta untuk bergabung dengan Metallica. Joe Satriani menjadi gurunya Kirk dalam dua tahun sampai album Satriani menjadi sukses. Semenjak saat itu Joe Satriani tidak lagi menjadi guru dan Kirk Hammett adalah murid terakhirnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #gitaris #joe satriani #kirk hammet #metallica
Share

Pilihan editor