Share this
Share

14 shares

8 Mumi Yang Masih Utuh Menyeramkan Sampai Sekarang

2 December 2017

Mumi Menyeramkan Yang Masih Awet Sampai Sekarang

Mumi yang masih utuh yang paling terkenal

Mumi adalah sebuah jasad dari manusia atau hewan yang sudah diawetkan karena tujuan tertentu. Dalam konteks ini yang akan kita bahas adalah mumi manusia. Mereka yang dijadikan mumi biasanya orang terkenal, bangsawan, pemimpin dan lainnya. Salah satu mumi yang masih utuh di dunia adalah mumi dari firaun Ramses II.

Beliau adalah Firaun yang paling terkenal ini memang terkenal kejam dan suka memperbudak bangsa lain. Mumi dari Ramses II ini pun masih utuh di dalam museum Kairo di mesir.

Dari sini minat wisatawan rupanya sangat tertarik dengan mumi. Mumi juga memberikan banyak pelajaran untuk manusia di zaman sekarang. Dari mumi kita bisa belajar tentang peradaban di masa lalu dan bangsa yang ditinggalinya. Karena itu wisata mumi sangat diminati para pecinta sejarah dan melihat jasad dalam ribuan tahun tersebut.

Walau mumi menyeramkan, orang masih saja penasaran bagaimana bentuk mumi yang sebenarnya. Mumi sebenarnya bukan seperti orang yang dibalut kain seperti film-film. Tentu saja mumi yang asli itu lebih menakutkan untuk dilihat.

Inilah 8 mumi paling menarik yang bisa kita lihat dan masih awet sampai sekarang.

1. Lady Dai (Xin Zhui) – Museum Hunan, Changsha, China

Mumi Menyeramkan Yang Masih Awet Sampai Sekarang

Lady Dai adalah istri seorang panglima di Dinasti Han. Ketika dia meninggal pada pertengahan abad ke-2 SM, dia mengalami kelebihan berat badan. Kondisinya pun membuat tubuhnya memburuk. Makamnya jadi kedap udara karena disegel dengan tanah liat dan arang akhirnya mayatnya diawetkan. Ini adalah salah satu mumi yang masih utuh hingga sekarang.

2. Vladimir Lenin – Red Square, Moscow, Russia

Mumi Menyeramkan Yang Masih Awet Sampai Sekarang

Vladimir Lenon adalah seorang pemimpin komunis yang terkenal. Ketika ia meninggal pada tahun 1924, tubuhnya dijadikan mumi dan dipamerkan di sebuah makam di Red Square. Lokasinya seperti di sebuah alun-alun kota di Moscow, dekat dengan Kremlin.

Jasad ini secara aktif terus diawetkan setiap tahun. Bahkan perawatannya juga terus dilakukan untuk menghilangkan jamur, keriput, dan bahkan bulu mata yang hilang.

Biaya pengawetan mumi ini bisa mencapai 200 ribu dollar atau 2,7 miliar rupiah. Wow!

3. Tollund Man – Silkeborg Museum, Denmark

Mumi Menyeramkan Yang Masih Awet Sampai Sekarang

Tollund Man adalah sosok yang meninggal pada abad ke-4 SM dan jasadnya diawetkan secara alami oleh gambut. Sosok ini menjadikannya salah satu mumi yang paling terkenal. Wajahnya terlihat seperti orang yang sedang tidur. Masih belum diketahui dengan jelas siapa sebenarnya sosok yang menjadi mumi menyeramkan ini.

4. Gebelein Man – British Museum, London, Inggris

Mumi Menyeramkan Yang Masih Awet Sampai Sekarang

Di Inggris banyak menyimpan mumi yang menarik minat pengunjung. Lokasinya ada di dalam British museum di London. Para mumi ini adalah jasad alami yang berasal dari abad ke 4 SM di Mesir. Dan semua mumi ini berasal dari kuburan yang sama. Kalau sesuai catatan sejarah, para mumi ini adalah jasad paling awal yang pernah diketahui dari Mesir.

Diantara mumi yang disimpan di Inggris ini, yang paling terkenal dijuluki “Ginger” karena rambutnya berwarna merah. Mumi ini sudah dipajang sejak tahun 1901. Dilihat dari kondisinya, mayat ini berusia 18 sampai 20 tahun saat meninggal. Ia meninggal karena luka tusukan ke bahu kirinya, yang menembus ke paru-parunya.

5. Ötzi – Museum arkeologi, Bolzano, Italia

Ötzi

Mumi yang masih utuh, paling banyak diteliti

Mumi menyeramkan ini adalah yang paling banyak diteliti di dunia. Mumi Ötzi meninggal sekitar tahun 3300 sebelum masehi di pegunungan Alpen Ötztal. Umurnya diperkirakan 45 tahun ketika meninggal. Ötzi meninggal karena terbunuh oleh pukulan tajam di bahunya. Tubuhnya terawetkan secara alami oleh cuaca dingin dan es.

Tubuh ini memiliki beberapa tato tertua yang terawetkan di dunia. Selain itu mumi ini juga membawa berbagai senjata dan peralatan sebelum ia meninggal.

6. Itigilov – Ivokginsky Datsan, Buryatia

Itigilov

Mumi yang masih utuh sambil duduk bersila

Dashi-Dorzho Itigilov adalah seorang dalai lama Buddha, seorang guru tinggi. Dia meninggal pada tahun 1927 saat bermeditasi dalam posisi duduk bersila. Itigilov telah meninggalkan instruksi untuk dimakamkan saat dia meninggal. Namun mayat ini kemudian digali beberapa tahun kemudian.

Para biarawan memeriksa tubuhnya selama bertahun-tahun. Pada tahun 2002 mayat ini dipindahkan ke kuil Budha Ivolginsky Datsan. Mumi ini pun diawetkan semenjak saat itu oleh para biksu yang tinggal disana.

7. The green boots – Rainbow valley, Gunung Everest, Nepal/China

The green boots

Mumi yang masih utuh di gunung everest

Ini adalah kematian pertama yang tercatat di gunung tertinggi di dunia dalam satu abad terakhir. Untuk saat ini, di gunung everest diperkirakan ada 200 atau lebih jasad yang meninggal disana.

Tempat dimana the green boots masih terbaring dijuluki “Rainbow Valley”. Ini adalah sebuah lembah tepat sebelum puncak. Kenapa lembah tersebut diberi nama Rainbow valley (lembah berwarna-warni) sangat mengerikan. Alasannya karena di tempat ini banyak tubuh manusia yang terbaring membeku dengan berpakaian yang berwarna-warni.

Jasad The green boots adalah salah satu yang paling terkenal. Di gunung everest sulit untuk melakukan penurunan jasad yang sudah mati karena medan berbahaya dan biaya yang tak sedikit.

Oleh karena itu, mayat yang terbaring di gunung everest masih disana dan dijadikan landmark oleh para pendaki lainnya. Gunung everest adalah kuburan tertinggi di dunia. Mayat dari pendaki gunung ini adalah mumi yang ada di atas permukaan laut.

8. Daijuku Bosatsi Shinnyokai-Shonin – Dainichibo temple, Tsuruoka City, Jepang

Daijuku Bosatsi Shinnyokai-Shonin

Mumi yang masih utuh di Jepang

Kalau mumi ini lain daripada yang lain. Sokushinbutsu adalah nama sebuah teknik untuk memumikan diri sendiri (mumifikasi diri). Teknik ini dipraktekkan oleh biksu Buddha Jepang di prefektur Yamagata pada abad ke 11 sampai abad ke 19.

Praktek ini dilakukan dengan cara memakan daun jarum pinus, biji-bijian, dan resin untuk menghilangkan lemak. Dilakukan selama beberapa tahun untuk mengurangi asupan cairan untuk membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Para biksu ini akan mati saat bermeditasi, setelah itu jasadnya akan jadi mumi sendiri. Meski ratusan biksu dilaporkan mencoba ini selama berabad-abad, hanya ada beberapa yang berhasil melakukannya. Biksu yang paling terkenal yang mencapai sokushinbutsu adalah Daijuku Bosatsu Shinnyokai-Shonin. Dia meninggal pada tahun 1783 dan tubuhnya dipajang di kuil Budha.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #firaun #gunung everest #jasad #mesir #mumi #seram
Share

Pilihan editor