Share this
Share

Share

shares

Misteri Leak, Sejarah dan Keseniannya yang Jarang Diketahui

11 November 2020  Ajeng

Pulau dewata menyimpan banyak misteri yang sampai saat ini masih dibicarakan. Salah satunya adalah sosok mistis menyeramkan yang dipercaya masyarakat bali sangat menyeramkan, yaitu Leak. Masyarakat setempat percaya bahwa Leak merupakan wujud manusia yang mempelajari ilmu hitam. Sosoknya sering terlihat di sekitaran pemakaman untuk mencari sisa daging yang akan menjadi santapannya. Leak sendiri wujudnya bisa kamu lihat pada kesenian Tari Leak. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang keseniannya, yuk simak dulu sejarah misteri Leak di bawah ini.

Asal Muasal Leak

via sudutsepi.com

Tak banyak yang tahu bahwa Leak merupakan ilmu hitam yang berasal dari kerajaan Airlangga yang terletak di pesisir kerajaan Kediri. Ceritanya berawal dari seorang janda sakti bernama Dayu Datu. Ia mempelajari shir mengerikan yang ditulisnya pada buku Calonarang. Setelah semua ilmu hitam sudah sempurna, Dayu Datu di tantang oleh Mpu Bharadah untuk bertarung karena ia tidak ingin ilmu hitam yang dimiliki Dayu Datu tersebar luas. Alhasil, Dayu Datu berhasil dikalahkan dan buku tersebut akan segera dihancurkan.

via komangputra.com

Meskipun buku tersebut sudah dihancurkan, Mpu Bharadah tidak tau bahwa Dayu Datu memiliki sejumlah murid. Mereka pun melarikan diri ke Bali dan melestarikan ilmu hitam ini. Sampai sekarang, orang yang menganut ilmu hitam ini dikenal dengan sebutan Leak. Semua cerita ini tertulis dalam naskah Daun Lontar, Bali.

Menggunakan Tumbal Sebagai Syarat

via nutrisimedia.blogspot.com

Seseorang yang mempelajari ilmu hitam ini membutuhkan tumbal agar kekuatannya semakin tidak terkalahkan. Tumbal yang dibutuhkan tidak main-main, yaitu jiwa bayi yang bersih dan masih berada di kandungan ibunya. engan demikian, Leak bisa semakin kuat. Selain itu Leak juga akan menggunakan darah, daging, dan jiwa manusia sebagai tumbal.

Misteri Leak dan Wujudnya

via youtube.com

Leak bukan merupakan hantu seperti pocong, kuntilanak, atau roh-roh gentayangan. Leak merupakan manusia yang dapat berubah menjadi sosok yang menakutkan karena ilmu hitam yang dipelajarinya. Wujud leak memiliki taring yang panjang, mata yang besar, dan kuku-kuku yang panjang. Selain itu, Leak juga bisa berubah menjadi bola api, atau hewan yang ganas dan besar.

Misteri Leak dan Jenis Ilmunya

via flickriver.com

Ada tiga jenis ilmu leak yang harus dipelajari, yaitu Kamoksan, Pengiwa, dan Penengen. Ilmu Kamoksan merupakan ilmu pelepasan diri dari duniawi. Tujuannya adalah untuk membebaskan jiwa dari perputaran rengkarnasi sehingga tidak ingin berurusan dengan hal-hal duniawi lagi. Pengiwa bersifat merusak, jahat, dan serakah. Ilmu leak kedua ini sering digunakan seseorang yang berniat untuk mendapatkan kekuatannya sendiri dengan keserakahan dan keegoisannya. Ilmu Leak yang terakhir adalah penengen. Tujuannya diguakan untuk hal-hal kebaikan. Biasnya ilmu ini digunkan oleh para dukun, yaitu untuk menyembuhkan penyakit pasiennya, mempertemukan jodohnya, dan lain-lain. Meskipun bertujuan dalam kebaikan, namun tetap saja membutuhkan tumbal karena termasuk dalam ilmu hitam. Jadi, menurut kamu ilmu ketiga ini baik atau tidak?

Leak Zaman Dulu

kebudayahindu.blogspot.com

Leak saat ini bisa dianggap sebagai kehancuran, ketakutan, atau bencana lainnya. Namun, pada zaman dahulu Leak digunakan untuk kebaikan, dan menjaga kerajaan. Dahulu ilmu hitam ini hanya dipelajari petinggi-petinggi kerajaan. Tujuannya agar kebal dari serangan musuh khususnya pada serangan ghoib dari kerajaan lain. Kerahasian ilmu leak ini sangat dijaga, sehingga untuk mempelajarinya harus dengan orang-orang tertentu di tempat yang sangat tersembunyi.

Ilmu Leak pada dasarnya merupakan ilmu hitam kerohanian dengan tujuan kesucian dari lima aksara suci. Lima aksara suci ini terdiri dari Si, Wa, Ya, Na, Ma. Si artinya tuhan, Wa adalah anugrah, Ya adalah menjadi jiwa, Na merupakan kekuatan yang menutupi kepintaran, dan Ma adalah egoisme. Kesucian aksara ini merupakan panca gini atau lima api.

Kesenian Leak

via kompasiana.com

Jika ingin lebih jelas dan tergambar mengenai sejarah Leak, kamu bisa menyaksikannya langsung melalui sebuah drama. Drama Leak ini tetap mengusung nilai-nilai budaya pertunjukan Leak. Alur ceritanya dikemas sangat apik, sehingga penonton lebih mudah memahaminya. Adapun daya tarik dari drama ini, yaitu sebagai berikut.

1. Cerita yang Menyeramkan

via Intisari Online

Cerita yang disuguhkan dalam drama ini katanya menyeramkan. Drama ini menceritakan tentang sosok manusia yang mempelajari ilmu hitam. Namun, ilmunya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Bahkan sosok tersebut sering berburu anak kecil di malam hari sebagai tumbal. Dengan demikian, kekuatannya akan semakin bertambah. Meskipun seram, tidak sedikit pentonton yang terkesima saat menontonnya, lho!

2. Ciri Khas Leak

via phinemo.com

Tampilan Leak dalam drama ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Wajahnya dibuat sangar dan menyeramkan. Yang menjadi ciri khasnya adalah gigi bertaring yang besar dan lidah panjang yang menjulur keluar. Tubuhnya dibuat besar, sehingga kesan menyeramkan semakin terasa.Setelah pementasan drama selesai, penonton bisa berfoto dengan semua tokoh yang terlibat dalam drama tersebut.

Berikan komentarmu

Related articles

 #asal usul leak #cerita mistis leak #hantu leak #hantu leak bali #ilmu hitam #jenis leak #leak ada dimana #leak adalah wujud dari #leak bali art #leak dan misterinya #leak itu apa #leak jawa #leak kartun #misteri leak bali #misteri leak dari mana #pengertian leak #sejarah leak #sejarah leak lengkap
Share di whatsapp

Pilihan editor