Share this
Share

5 shares

Misteri Kapal Rio Grande Yang Tenggelam Di Bawah Laut

15 June 2017

Misteri Kapal Rio Grande Yang Tenggelam Di Bawah Laut

Misteri kapal karam di bawah laut – Lautan memang masih menyimpan banyak misteri dan rahasia, bahkan hingga detik ini. Manusia di zaman ini baru saja mulai menemukan cara untuk menjelajahi laut yang terdalam. Dengan menggunakan kemajuan teknologi untuk melihat makhluk aneh, lubang yang belum pernah dijelajahi, dan melihat menuju ke dasar bumi. Kumpulan misteri lainnya yang belum diketahui menghuni bangkai kapal yang hanya dapat ditemukan ribuan kaki di bawah permukaan laut. Salah satu kapal hilang yang terkenal adalah kapal rio grande atau SS Rio Grande milik Jerman.

Sejak zaman prasejarah, manusia telah membuat kapal hingga abad pertengahan dan sampai saat ini. Dan kita takkan pernah tahu sudah berapa banyak bangkai kapal yang sekarang masih terbaring di dasar laut, di tempat yang belum diketahui oleh manusia.

Misteri Kapal Rio Grande Yang Tenggelam Di Bawah Laut

Pertanyaan tentang berapa banyak bangkai kapal yang terbengkalai memang sulit dijawab. Menurut Guinness World Records, kapal karam terdalam yang telah diidentifikasi sejauh ini adalah kapal perang blokade milik Jerman dari Perang Dunia kedua, SS Rio Grande.

Pada awal Januari 1944, kapal tersebut ditenggelamkan oleh dua kapal milik Amerika di Samudera Atlantik Selatan. Kedalamannya diperkirakan sekitar 18.900 kaki atau 5760 meter. SS Rio Grande ditemukan pada tanggal 28 November 1996, menggunakan teknologi sonar pemindaian sisi.

Dua hari kemudian, perusahaan yang bertanggung jawab atas penemuan tersebut, Blue Water Recoveries, mengkonfirmasi penemuan tersebut dengan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh.

Mengungkap Misteri Kapal Karam Terdalam Yang Pernah Ditemukan Di Bawah Laut

Kapal Jerman SS Rio Grande

Palung mariana juga tidak lepas dari kuburan bangkai kapal. Namun hampir tidak mungkin untuk kita dapat menebak sudah berapa banyak bangkai kapal yang mungkin ada titik terdalam di bumi ini. Palung Mariana adalah titik terdalam yang diketahui yang ada di lautan, dengan kedalaman mencapai sekitar 36.000 kaki atau 10.972 meter. Dari catatan sejarah saja sudah lebih dari 150 kapal tenggelam pada di bulan januari 1944.

bangkai di lautan palung mariana

Tidak semua kapal karam yang telah tenggelam itu adalah korban di masa perang. Salah satu bangkai kapal tertua yang ditemukan sejauh ini adalah sebuah kapal kargo yang ditemukan di lepas pantai selatan Turki pada tahun 1982. Bangkai kapal yang bernama Uluburun itu sudah berusia 3300 tahun. Sedangkan kargo yang dibawanya sudah ditemukan oleh para penyelam yang isinya termasuk tembaga, timah, kaca, kayu hitam, senjata, makanan, gading gajah, gigi kuda nil, kulit kura-kura, dan manik-manik dari batu amber.

Beberapa barang pribadi dari kru juga ditemukan, termasuk tiruan kumbang scarab yang terbuat dari emas yang memiliki segel dari Nefertiti, ratu dari mesir sekaligus istri dari firaun Akhenaten. Prasasti tersebut Sekarang berada di Museum Arkeologi Bawah Laut Bodrum di Turki. Baru-baru ini penyelam di Yunani telah menemukan bangkai kapal yang diperkirakan berusia sangat tua, yakni berasal dari tahun ke 525 sebelum masehi.

Sungguh mengejutkan bukan dengan membayangkan betapa banyak kapal, harta karun, sampai kerajinan tangan. Tak lepas juga dengan adanya manusia yang pernah tenggelam dan berada di bawah laut berabad-abad di tempat yang gelap dan tak berpenghuni. Mereka menunggu untuk ditemukan oleh manusia masa kini yang mungkin sudah memiliki teknologi yang cukup untuk dapat melihat semua itu dan mengungkap misteri dari luasnya lautan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #bawah laut #kapal #kapal karam #laut #perang #seram
Share

Pilihan editor