Share this
Share

Share

shares

Misteri Gedung BMC, Sejarah dan Penampakannya

28 September 2020  Ajeng

Tempat-tempat horor memang sangat menantang nyali. Kamu bisa mencari penampakan atau sosok-sosok menyeramkan sekaligus merasakan kengerian di sekitarnya. Di Bandung sendiri, kamu nggak bakalan susah nyari tempat-tempat mistis. Salah satunya adalah Bandung Medical Center (BMC). Misteri gedung BMC ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Bandung. Ditambah lagi dengan penampakan gedung khas Belanda yang sudah tidak terurus juga pohon-pohon besar di sekitarnya yang membuat suasana horornya semakin kental.

Misteri Gedung BMC dan Sejarahnya

via boombastis.com

Bandung Medical Center merupakan rumah sakit peninggalan Belanda. Lokasinya ada di Jalan Haji Wasid 1, Kota Bandung. BMC dulunya adalah Rumah Sakit Kartika Asih. Namun, Rumah Sakit Kartika Asih kemudian dipindahkan ke Jalan Moch. Toha No. 369, Ciseureuh, Regol, Bandung pada tahun 1995. Dengan demikian, bangunan itu diteruskan  oleh BMC dan dilakukan sejumlah renovasi pada tahun 2000.

Namun, setelah renovasi tersebut selesai, gedung tersebut malah tidak jadi diresmikan. Akhirnya, BMC menjadi terbengkalai hingga sekarang. Menurut Penjaga BMC, Rachman, ia juga masih tidak tau siapa pemilik gedung ini sebenarnya. Menurut kabar yang beredar, BMC adalah milik dari seorang pengusaha asal Kalimantan.

Bekas Rumah Sakit Jiwa

via doyancerita.wordpress.com

Menurut Rachman, BMC ini dulunya adalah Rumah Sakit Jiwa Kartika Asih . Namun karena warga sekitar tidak merasa nyaman dengan keberadaan gedung ini, akhirnya fungsinya dipindahkan ke Jalan Moch Toha. Tidak lama dari itu, BMC rencananya akan dijadikan rumah sakit khusus ketergantungan obat atau narkoba.

Namun, proses peresmiannya malah tidak ada kejelasan. Pada akhirnya, BMC jadi terbengkalai dan cerita urban legend BMC terus tersebar dari mulut ke mulut.

Penampakan di Kamar Bayi

via bacaanasik.cc

Gedung ini memiliki empat lantai. Setiap lantai memiliki cerita mistisnya masing-masing. Kalau kamu datang kesini, aura seramnya akan langsung terasa, apalagi saat memasuki setiap ruangannya. Salah satu ruangan yang terkenal dengan suasana mistisnya adalah kamar bayi yang ada di lantai tiga.

Kamar tersebut seringkali dijadikan sebagai tempat uji nyali. Menurut salah satu pengunjung, Ibnu, ia bisa melihat sosok yang mendiami ruangan tersebut.

“Pas saya kesana, saya lihat ada sosok ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya di atas kasur. Posisinya itu persis  samping pintu,” kata pria yang mengaku indigo ini.

via kaskus.id

Selain Ibnu, banyak juga pengunjung lainnya yang merasakan keganjilan di tempat ini. Pernah suatu saat ada seorang pengunjung yang kakinya ditarik oleh bayi sambil teriak-teriak manggil ibunya. Masuk akal kah?

Untuk bisa masuk ke tempat ini, nyatanya ada sejumlah peraturan. Pertama, pengunjung yang datang harus berjumlah ganjil. Misalnya, satu, tiga, lima orang, dan seterusnya. Ke dua, pengunjung harus masuk tanpa bantuan senter saat siang hari. Jadi, kamu bisa merasakan sensasi merinding saat memasuki setiap lantai di gedung itu. Pastikan kamu juga tidak menimbulkan bunyi-bunyi berisik agar penghuni di sana tidak terganggu. Kalau kamu berulah, siap-siap saja melihat penampakan hantu kepala buntung.

Misteri Gedung BMC, Tempat Tidur yang Sering Berpindah Sendiri

ilustrasi via okezone.com

Selain lantai tiga, lantai empat juga tidak kalah seramnya. Di sini masih tersimpan sejumlah peralatan rumah sakit seperti tempat tidur pasien, lemari, dan lain sebagainya. Dan, tempat tidur yang terbengkalai di sini katanya sering berpindah-pindah sendiri. Kebayang kan gimana seremnya kalau kamu lagi ada di sana terus tiba-tiba kasurnya geser sendiri?

Dijadikan Wisata Mistis?

via hipwee.com

Sejak bangunan ini terbengkalai, banyak orang yang ingin menguji nyali di tempat tersebut. Mereka rela membayar Rp 5 ribu saja untuk bisa masuk ke dalam gedung tersebut. Setiap pengunjung juga akan ditawari untuk menggunakan jasa tour guide. Pasalnya ini terlalu beresiko. Banyak pengunjung yang berakhir kesurupan karena tidak mematuhi aturan. Bahkan, sampai ada orang yang ‘ketempelan’ sampai rumah, dan mengalami gangguan dalam waktu yang lama.

“Pemilik BMC sampai saat ini mungkin tidak tau kalau gedung ini dijadikan wisata mistis. Setau dia, BMC ini terbengkalai saja,” kata Rachman.

via jurnalposmedia.com

Namun, BMC saat ini tidak lagi terbuka untuk umum dan hanya pihak-pihak tertentu saja yang bisa masuk. Kabarnya BMC saat ini sedang direnovasi agar bisa difungsikan kembali. Prosesnya sudah berlangsung selama kurang lebih satu setengah tahun.

Bagian depan BMC saat ini sudah mengalami banyak perubahan, namun tidak untuk bagian dalamnya. Untuk itu, semoga saja BMC ini bisa beroperasi kembali agar gedung trsebut bisa memberikan manfat untuk orang banyak. Jadi, misteri gedung BMC ini menurut kamu nyata atau mitos belaka?

Berikan komentarmu

Related articles

 #cerita horor bandung medical center #cerita horor bmc #cerita kesurupan di bmc #kamar bayi bmc #penampakan di bmc #penampakan hantu di rumah sakit #rumah anker #rumah hantu #rumah pengabdi setan #rumah sakit berhantu #rumah sakit mistis bandung #wisata horor di bandung #wisata mistis #wisata mistis di bandung
Share di whatsapp

Pilihan editor