Share this
Share

Share

shares

Misteri Alas Roban, Sisi Lain Kawasan Hutan di Batang

22 November 2020  Ajeng

Alas Roban adalah jalur yang sering dilewati saat kamu bepergian dari Batang menuju Semarang, dan sekitarnya. Kawasan hutan yang letaknya ada di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini sudah lama dijadikan sebagai jalur lalu lintas. Karena dikelilingi oleh pepohonan rimbun, suasananya pun sangat sejuk. Namun, tahukah kamu? Dibalik suasananya yang asri dan segar, Alas Roban juga menyimpan sejarah dan misterinya? Biar nggak penasaran, simak aja langsung misteri Alas Roban dan sejarahnya di bawah ini.

Sejarah

via kaskus.co.id

Pada saat itu, pemerintah membangun jalan pos yang membelah kawasan tersebut. Pembangunan tersebut dilakukan pada era penjajahan Belanda dibawah penguasa Herman Willem Daendels yang melibatkan rakyat Indonesia untuk kerja paksa. Karena berada di wilayah Kampung Roban, Kecamatan Subah, Batang, jadilah jalan ini dinamakan Alas Roban.

Roban berasal dari kata ‘rob’ yang artinya air naik. Roban sendiri letaknya ada di daerah pantai Laut Jawa.yang samuh memiliku suasana mistik yang kental. Bahkan, dulunya perkampungan ini terkenal dengan sebutan Roban Siluman. Menurut kepercayaan masyarakat, orang-orang zaman dulu di perkampungan tersebut memiliki kekuatan yang bisa merubah dirinya menjadi buaya.

Selain itu, dulunya Alas Roban juga menjadi lokasi menyeramkan. Selain sering terjadinya peristiwa perampokan. Konon, masyarakat disana juga sering diganggu oleh siluman dan lelembut. Dan sampai saat ini pun, peristiwa mistis itu  masih sering dirasakan, khususnya oleh pengendara yang melewati jalan tersebut.

Mitos dan Misteri Alas Roban

via dok. Muhammad Abdurroyid

Alas Roban dikenal sebagai salah satu jalur lalu lintas yang paling angker di Jawa Tengah. Misteri Alas roban pun mulai bermunculan. Tidak hanya penampakan, tetapi juga peritiwa-peristiwa mengerikan yang dialami masyarakat maupaun pengendara. Sejauh ini. ada lima kejadian menyeramkan yang sering terjadi di Alas roban, yaitu sebagai berikut.

1. Alas Roban Di kenal Sebagai Tempat Pembuangan Mayat

via correcto.id

Konon, Alas roban sering dijadikan sebagai tempat pembuangan mayat. Dulu, Alas Roban ini juga terkenal sebagai hunian para penembak misterius yang sering disebut dengan Petrus. Konon, para petrus ini sering menembak mati orang danmayatnya sering dibuang di kawasan hutan ini. Bahkan, ada beberapa saksi yang melihat saat Petrus tersebut membuang ‘hasil buruannya’. Mengerikanya lagi, mayat-mayat tersebut hilang dala hitungan hari saja. Ada yang berpenapat bahwa mayat-mayat tersebut habis dimakan hewan-hewan buas.

2. Jalan Alas Roban Diselimuti Sejarah yang Menyayat Hati

via anehdidunia.com

Jalan Alas Roban merupakan hasil kerja paksa masyarakat Indonesia di era 18-an. Ini tentu saja sangat sulit, mengingat saat itu Teknologi masih sangat terbatas. Para pekerja paksa harus membelah gunung, membabat habis hutan, dan membuat jalannya. Alhasil, tidak sedikit rakyat kita yang sampai mati kelelahan akibat kerja paksa saat zaman Belanda itu. Mayat-mayat mereka pun tidak dikebumikan secara layak, dan hanya diletakan atau dibuang begitu saja. Untuk itu, sampai saat ini banyak pengendara yang sering melihat penampakan pekerja paksa yang mati mengenaskan.

3. Penampakan Hantu  Alas Roban

via uzone.id

Selain itu, Alas Roban juga menjadi lokasi favorit para jin untuk menampakan diri. Tidak sedikit pengendara yang sering melihat penampakan di pinggir jalan, baik itu berupa siluman, atau jin yang menyerupai orang-orang kerja paksa zaman dulu. Bahkan, sempat ada pengendara yang mengaku ada makhluk halus yang menumpang kendaraannya sampai ia dibuat tersesat. Suasana Alas Roban sangat mengerikan palagi saat malam hari yang minim dengan penerangan.

4. Cerita Mistis Kecelakaan Alas Roban Km 15

via infovideofb.blogspot.com

Konon, Alas roban juga sering mejadi spot kecelakaan. Kurang lebih sjeuah ini ada ratusan bahkan lebih kasus kecelakaan dan korbannya meninggal dunia. Menurut keterangan saksi, korban yang meninggal dunia konon tidak fokus sata mengendarai kendaraannya. Baik itu akibat masalah pribadi atau bisa jadi adanya gangguan dari makhluk halus.

Selain itu, jalan yang licin dan tikungan tajam juga bisa menjadi penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berhati-harti saat melewati jalan yang satu ini, ya!

5. Mitos Pantangan Saat Melalui Alas Roban

via Twitter @moelounghun

Ternyata ada mitos yang berkembang di sepanjang jalan Alas Roban ini. Pertama, jangan melakukan perjalanan saat malam hari. Sebaiknya kamu memilih pagi atau siang hari saat langit masih cerah konon agar pengendara selamat sampai tujuan. Kedua, jangan terlalu mempedulikan gangguan makhluk halus di seitar jalan. Pengendara dianjurkan untuk tetap tenang dan pura-pura tidak melihat saja. Kalau kamu terlalu menghiraukan sosok tersebut, katanya konsentrasi selama berkendara bisa hilang. Akibatnya, kamu bisa mengalami kecelakaan atau tersesat.

Sisi Lain Alas Roban

Selain misteri Alas Roban, ternyata ada sisi lainnya yang perlu kamu ketahui. Tidak hanya soal mitos dan juga cerita menyeramkan, ada juga hal lain yang bisa kamu jumpai seperti ulasan di bawah ini.

1. Ada 3 Jalur yang Membelah Alas Roban

vie news.detik.com

Alas Roban terdiri dari tiga jalur yang dilewati, yaitu Jalan Poncowati (jalan lama), Jalan Lingkar Selatan, dan Jalan Pantura. Jalur utama biasanyadigunakan untuk truk gandeng dan bus, jalur selatan untuk truk besar, sedangkan jalur utara khusus kendaraan pribadi atau roda dua.

2. Tempat Tumbuhnya Aneka Jenis Buah

ilustrasi via ilmubudaya.com

Dibalik cerita mistisnya, Alas Roban ternyata ditumbuhi oleh aneka buah-buahan. Untuk itu, nggak heran kalau sepanjang jalan banyak pedagang yang berjualan buah-buahan. Ada sirsak, buah nangka, buah sukun, durian, rambutan, pisang, dan lain sebagainya. Harganya terjangkau, bahkan kamubisa menawar kalau beli dalam jumlah banyak.

3. Pusatnya Pisang Tanduk

via rri.co.id

Pisang tanduk atau Pisang Byar adalah salah satu ciri khas Alas Roban ini. bentuk pisang tanduk ini lebih ramping dan panjang dari bentuk pisang pada umumya. Selain itu, pohonnya pun panjang, yaitu 2-3 meter. Setiap kali berbuah, satu pohonny aitu bisa menghasilkan 8-13 sisir.

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #alas roban angker #alas roban di malam hari #alas roban dimana #alas roban jaman dulu #alas roban sejarah #hutan alas roban jawa tengah #jalan angker di jawa tengah #jalan yang dibangun jaman belanda #lokasi hutan alas roban #misteri alas roban di batang #mitos alas roban #penampakan di jalan alas roban #penampakan hantu di alas roban #tempat pembuangan mayat
Share di whatsapp

Pilihan editor