Share this
Share

shares

Ternyata Minum Bir Membuat Lebih Cepat Belajar Bahasa Asing

11 December 2017

Ternyata Minum Bir Membuat Lebih Cepat Belajar Bahasa Asing Cerpin Com 1

Semua orang juga setuju ketika belajar bahasa asing yang namanya praktek bicara itu paling sulit. Gak usah jauh-jauh dulu bahasa asingnya, coba aja bahasa inggris dulu yang keseringan orang lihat, baca, tapi kalau ngomong belum tentu lancar. Bicara bahasa asing dalam tahap belajar itu antara mikirin kelancaran atau grammar yang membuat orang belajar jadi bingung.

Penelitian baru dari Universitas Maastricht di Belanda, yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology (sebuah jurnal psikologi) meminta 50 orang yang sehari-hari berbahasa Jerman untuk bicara bahasa Belanda. Untuk mereka yang tinggal di Belanda, bahasa Belanda adalah bahasa kedua mereka, jadi bukan bahasa dari lahir. Orang Jerman ini dites dengan mendapatkan minuman di sebuah lab untuk melihat apakah mereka akan lebih baik atau lebih buruk saat berbicara saat mereka mabuk.

Kunci rahasia untuk berbicara dalam bahasa asing ada hubungannya dengan kemampuan otak dalam pengendalian hambatan. Untuk bisa lancar berbicara bahasa kedua yang bukan bahasa dari lahir, otak kita harus menyaring kosakata yang akan digunakan untuk berbicara dalam bahasa tersebut. Fakta menarik dari minum biar atau alkohol adalah, alkohol dapat menurunkan tingkat kontrol hambatan tersebut. Kita mungkin berasumsi bahwa dengan hal tersebut, berarti minuman keras akan membuat kemampuan bahasa kita menjadi lebih buruk. Tapi apakah benar begitu? jadi lebih buruk atau lebih baik? Let’s carry on!

Untuk penelitian tersebut, beberapa peserta diberi bir dengan jenis Smirnoff vodka untuk diminum, sementara yang lain diberikan air mineral biasa. Mereka kemudian dites menghirup nafas untuk mengetahui apakah mereka sudah mencapai tingkat alkohol tertentu dan meminta untuk berbicara dengan bahasa Belanda bersama para penguji. Percakapan itu pun direkam, lalu diputar ulang yang didengar langsung oleh orang yang asli berbahasa Belanda.

Ternyata Minum Bir Membuat Lebih Cepat Belajar Bahasa Asing Cerpin Com 2

Para siswa yang menjadi mabuk sebelum berbicara bahasa Belanda ternyata secara signifikan bicara lebih baik daripada siswa yang dalam keadaan sadar. Hal ini disebabkan karena orang yang mabuk cenderung melebih-lebihkan kemampuan mereka sendiri. Alkohol memiliki peran penting dalam menurunkan kontrol hambatan dalam otak yang membuat orang mabuk lebih “Pede” dalam berbicara.

Sebenarnya, orang-orang mabuk ini tidak menganggap diri mereka berbicara lebih baik saat diminta untuk mengevaluasi diri mereka. Namun menurut orang yang bicara Belanda asli yang menilai mereka, mereka adalah pembicara yang lebih baik dan memiliki pengucapan yang lebih baik daripada peserta yang tidak mabuk.

Ternyata Minum Bir Membuat Lebih Cepat Belajar Bahasa Asing Cerpin Com 3

Bicara lebih pede dengan minum bir

Orang yang memiliki tingkat alkohol rendah atau tidak mabuk akan sulit untuk memperkirakan sesuatu yang ingin diucapkan ketika berbicara. Hal ini justru membungkam kata-kata kita sendiri, tidak Pede dan cenderung takut salah. Ketika minum bir, tingkat kecemasan berkurang dibandingkan orang yang tidak. Orang yang cemas dalam berbicara bahasa asing cenderung tampil lebih buruk daripada siswa yang tidak begitu cemas tentang hal itu, jadi sedikit alkohol bisa melonggarkan kemampuan kita, men-trigger kosakata, menghilangkan rasa takut, kecemasan takut salah dan tampil lebih confident.

Dari penelitian tersebut kita mungkin berpikir kalau tes ini mudah diterapkan karena bahasa Jerman dan Belanda punya beberapa kesamaan, jadi mungkin saja itu kebetulan orang jadi jago ngomong kalau lagi mabuk. Mungkin akan lebih menarik untuk melihat apakah hasilnya akan sama kalau diterapkan sama orang yang bicara bahasa yang sangat berbeda, seperti bahasa Inggris dan bahasa China, atau bahasa Indonesia dan Finlandia.

Ternyata sebuah studi tahun 1972 sudah melakukan hal yang sama, yaitu orang Inggris diminta untuk bicara bahasa Thailand, bahasa yang tidak pernah mereka pelajari sebelumnya dalam keadaan mabuk dan menemukan bahwa sedikit minuman keras dapat memberi dampak positif pada orang yang sedang berbicara asing tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #beer #bir #minum
Share

Pilihan editor