Share this
Share

1 shares

Pemandangan Milky Way Yang Terefleksi Di Dataran Garam Bolivia

3 June 2017

Pemandangan Milky Way Yang Terefleksi Di Dataran Garam Bolivia

Bolivia Salt Flats atau Salar de Uyuni adalah sebuah dataran garam paling luas di dunia. Tempat ini sangat terkenal karena keajaibannya dan pemandangannya, dan dijuluki sebagai “cermin paling luas di dunia”. Berlokasi di provinsi Daniel Campos, sebelah barat daya Bolivia. Meskipun berada di sebuah dataran, tempat ini termasuk tempat yang dingin, karena berada di ketinggian 3.656 meter  di atas permukaan laut.

Tak banyak orang yang tahu sejarah tempat ini. Salar de Uyuni terbentuk dari hasil transformasi beberapa danau prasejarah yang sebelumnya ada di tempat ini. Danau-danau itu ditutupi oleh beberapa meter persegi kerak garam dan memiliki kerataan yang luar biasa dengan variasi elevasi rata-rata dalam satu meter di atas seluruh area Salar.

Kerak garam berfungsi sebagai sumber garam dan mencakup genangan air laut, yang sangat kaya akan lithium. Kerak garam ini mengandung 50% hingga 70% dari cadangan lithium yang ada di dunia. Dengan luas yang datar, langit yang jernih, dan kerataan permukaan yang luar biasa membuat Salar de Uyuni menjadi objek ideal untuk mengkalibrasi altimeter satelit observasi Bumi.

Salah satu pulau yang ada di dataran Salar de Uyuni

Kenapa disebut sebagai cermin yang luas karena kita bisa refleksi bayangan kita sendiri di atas permukaan dataran tersebut. Dengan adanya bayangan yang terefleksikan, maka apa yang ada di atasnya dan membuat tempat ini seolah-olah tidak tampak nyata. Tempat ini menjadi salah satu destinasi terbaik di Bolivia, tentunya banyak orang yang berkunjung kesana untuk berfoto-foto ria di atas dataran garam yang luas itu.

Pemandangan Milky Way Yang Terefleksi Di Dataran Garam Bolivia

Beberapa fotografer seperti Daniel Kordan pun juga tidak mau ketinggalan memanfaatkan pamandangan yang indah tersebut. Daniel Kordan adalah fotografer specialis outdoor yang memiliki banyak karya top landscape mulai dari Jepang sampai Kanada, mulai dari pantai sampai puncak gunung.

Pemandangan Milky Way Yang Terefleksi Di Dataran Garam Bolivia

Pada Mei 2016, ia mengunjungi Salar de Uyuni di Bolivia untuk mengambil pemandangan disana. Namun pemandangan yang diambil oleh Daniel bukanlah yang biasa melainkan pemandangan galaksi Milky Way di malam hari. Julukan cermin raksasa pun sungguh tepat di tempat ini karena dataran garam tersebut dengan jelas dapat merefleksikan keindahan Milky Way sehingga dapat membantu Daniel untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Namun lebih dari itu, pemandangan Milky Way pada malam hari di tempat ini memang sungguh mempesona. Seperti berada di bawah ribuan bintang dan kita berdiri di atas air yang membuat kita mengapung.

Pemandangan Milky Way Yang Terefleksi Di Dataran Garam Bolivia

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #bolivia #dataran #garam #milky way
Share

Pilihan editor