Meski Puasa, Olahraga Yuk di 12 Tempat Jogging di Bandung Ini

Spread the love

Agar senantiasa bugar selama puasa, modal sahur aja nggak cukup. Tubuh kamu perlu digerakan agar stamina tetap fit meski bekerja seharian. Caranya adalah dengan olahraga ringan. Misalnya, yoga, sit up, push up, dan jogging. Diantara keempat olahraga tersebut, jogging dinilai yang paling seru. Setelah berolahraga bareng temen-temen, kamu bisa langsung melipir ke pasar ramadhan untuk beli jajanan buat buka puasa. Di Kota Kembang sendiri, setidaknya ada 12 tempat jogging di Bandung yang biasa digunakan untuk lari pagi maupun sore. Ada apa saja? Simak aja rangkumannya di bawah ini.

1. Tempat Jogging di Bandung: Saraga (Sarana Olahraga Ganesha)

via Lina Auliani/Travelingyuk

Sarana Olahraga Ganesha atau Saraga ini adalah spot favorit mahasiswa ITB untuk berolahraga. Menariknya, tempat ini juga terbuka untuk umum. Disini, kamu bisa jogging sepuasnya di atas tanah merah. Trek larinya cukup luas, sehingga kamu nggak bakalan berdesak-desakan dengan orang lain. Nah, untuk momen puasa kali ini, kamu cukup joging satu atau dua keliling saja, yang penting badan sudah digerakan. Kalau bisa, lakukan jogging disini saat sore hari agar lebih dekat ke waktu buka.

Selain jogging track, ada beberapa fasilitas lainnya yang disediakan di Saraga. Ada lapangan basket, voli, tenis, sepak bola, kolam renang, wall climbing, dan fitness center. Saraga ini lokasinya deket sama Babakan Siliwangi. So, kalau udah capek lari, kamu bisa ngadem dulu disana 🙂

2. Lapangan Gasibu

via pegipegi.com

Lapangan Gasibu adalah spot favorit jogging masyarakat Kota Kembang. Setiap Minggu pagi atau sore, lapangan Gasibu ini selalu padat oleh mereka yang sedang berusaha untuk punya badan sehat. Trek jogging disini sudah menggunakan trek sintesis sehingga relatif aman. Sepatu kamu juga nggak bakalan kotor, ya.

Di bagian tengah trek lari ditanami rumput yang biasa digunakan untuk upacara. Kalau kamu capek, bisa banget tuh duduk-duduk dulu di rumput, atau ngadem di bawah pohon di sekelilingnya.

3. Tempat Jogging di Bandung: Stadion UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

via pusatolahraga.upi.edu

Selain ITB, UPI juga punya fasilitas olahraga. Trek joggingnya terletak di Gymnasium UPI yang bisa digunakan oleh mahasiswa maupun umum. Kalau udah cukup berkeringat, kamu bisa istirahat sejenak di bangku-bangku yang sudah disediakan di pinggir lintasan. Selain trek jogging, ada juga kolam renang berstandar internasional, lapangan bulu tangkis, sepak bola, tenis, baseball dan softball, voli, basket, hingga tempat khusus berlatih atletik dan teater terbuka. Kamu tertarik jogging disini?

4. Kiara Artha Park

via Revi Renansiva / Wisata IDN

Kiara Artha Park adalah salah satu taman yang masih tergolong baru di Bandung, khususnya di Kiara Condong. Di taman ini, kamu nggak cuman bisa menikmati cantiknya atraksi air mancur, lampu lampion, dan lezatnya jajanan korea. Selama ngabuburit, kamubisa banget jogging di trek yang sudah disediakan disana. Lintasannya cukup luas, jadi kamu bisa lebih santai saat berolahraga. Ngabuburti bakalan asibk banget disini karena banyak aneka jajanan yang bisa kamu beli buat buka puasa. Kalau mau lebih murah, kamu bisa jajan di luar Kiara Artha Park, ya.

5. GOR Saparua

via Revi Renansiva / Wisata IDN

Gelanggang Olahraga Saparua alias GOR Saparua juga bisa jadi opsi lain untuk jogging. Tempat ini sebenarnya adalah gedung serbaguna yang biasa digunakan untuk main basket, bulu tangkis, futsal, basket, seni bela diri, lari, sepatu roda, wall climbing, dan lain-lain.

Untuk trek joggingnya sendiri, lintasannya masih beralaskan tanah merah, sehingga sepatu kamu otomatis kotor setelah lari disini. Meski demikian, kamu nggak bakalan rugi juga soalnya jogging disini nggak bakalan dikenakan biaya. Setelah berolahraga disini, kamu bisa ngadem di area penghijauan. Bawa juga oleh-oleh buat orang di rumah yang bisa kamu beli di area Gor Saparua ini.

6. GOR Pajajaran

via Flickr.com/Katong Digdo

Jogging di gor Pajajaran bakal membuat kamu ngerasa kayak atlet profesional. Gelanggang olahraga inibiasa digunakan untukl perlombaan atlet tingkat daerah hingga tingkat provinsi di sana. Jadi, trek larinya emang berstandar profesional, sehingga kamu (kayaknya) bakalan lebih semangat buat jogging. Boleh juga buat pencitraan di Instastory.

Meki dirancang untuk profesional, siapa saja bisa datang kesini, ya. Namun, kamu jangan sampai mengganggu aktivitas atlet yang sedang berlatih di sini, apalagi minta foto pas lagi latihan. Hheu.

7. Lapangan Tegalega

via urbanradiobandung.com

Lapangan Tegalega kini bisa kamu gunakan untuk berolahraga. Disini, kamu bisa main bulu tangkis, sepakbola, dan tentu saja jogging. Untuk lapangan seluas ini, kamu tentu saja bisalebh leluasa olahraga di saat puasa. Kalau capek juga nggak perlu bingung nyari tempat istirahat. Disana disediakan juga bangku-bangku di sektar pepohonan yang rimbun. Lapangan ini bisa diakses selama 24 jam, ya. Jadi, kalau mau jogging malem-malem juga bisa banget..kalau berani 🙂

8. Tempat Jogging di Bandung: Taman Lansia

via bersapedahan.wordpress.com

Kalau dilihat dari namanya, jangan harap kamu bakalan liat lansia yang jogging disini. Sekarang, taman ini biasa digunakan untuk bersantai bahkan berolahraga. Sedangkan dulu, taman ini sering digunakan komunitas lansia untuk berolahraga. Jadi, gitu ya sejarahnya.

Berbanding terbalik dengan namanya, taman ini malah lebih sering dipenuhi oleh anak-anak muda. Entah itu untuk nongkrong, ambil sesi foto, bahkan berolahraga. Jogging disini juga nyaman banget. Meski capek, kamu nggak bakalan kepanasan karena area ini dipenuhi oleh pepohonan. Kalau kamu lagi di Bandung, cus kesini buat olahraga!

9. Binjas Sulaiman

Lapangan Pembinaan Jasmani Kemiliteran (Binjaskemil) Lanud Sulaiman ini ternyata terbuka untuk umum.  Jadi, sambil jogging, kamu bisa sekalian cuci mata liat perwira yang lagi ikut tes jasmani. Btw, kalau di bulan puasa kurang-kurangin lah liat kegagahan mereka, fokus lari aja :).

Trek larinya tidak terlalu luas, tapi bisa banget bikin kamu keringetan. Biar nggak terlalu capek, kamu bisa berkeliling satu atau dua lintasa aja. Nggak mau batal pas lagi puasa, kan? Btw, lapangan ini ada di Soreang,ya. Kamu yang ada di area perkotaan jogging di Gasibu aja.

10. Bandung Active Park

via Dok: Coca-Cola Indonesia

Di Jalan Lapangan Supratman No.1, kamu bisa menemukan Bandung Active Park. Disini, tersedia fasilitas lpaangan futsal dan  jogging track. Meski begitu, kamu nggak perlu takut kehantam bola karena lapangannya dilengkapi pagar pembatas lumayan tinggi. Kamu bisa jogging kapan aja disini, karena taman ini buka selama 24 jam. Ada juga mushola, jadi kamu bisa solat magrib disini kalau ternyata keburu adzan. Lintasannya sendiri memiliki panjang 1.500 meter. Kalau bukan bulan puasa, kamu bisa puas-puasin jogging disini. Waktunya glow up dengan tubuh yang sehat!

11. Seskoau

via tni-au.mil.id

Seskoau yang terletak di Kompleks militer di Indonesia juga terbuka untuk umum. Kompleks yang ada di kawasan Lembang ini selalu penuh oleh masyaralat yang jogging pada pagi hari, khususnya hari Minggu. Setelah berolahraga, kamu bisa istirahat sejenak sambil mengambil foto di spot-spot tertentu. Ajak geng kamu buat jogging disini karena viewnya menyejukan mata banget. hijau-hijau gimanaaa, gitu….

12. Tempat Jogging di Bandung: Taman Gym

via AyoBandung/Eneng Reni

Taman gym ini lokasinya ada di Lapangan Upakarti yang dilengkapi dengan area fitnes dan olahraga di pinggirnya. Ada sepeda statis, cross trainer, dan alat-alat lainnya untuk membentuk otot tangan, kaki, serta bagian tubuh lainnya. selain itu, ada juga lintasan pendek khusus refleksi kaki yang cocok buat kamu yang ngerasa sakit-sakitan mulu. Area jogging tracknya sendiri cukup luas, jadi kamu bisa lebih leluasa lari pagi atau sore disini.

Itulah 12 tempat jogging di bandung yang bisa dipilih untuk olahraga di bulan puasa. Mana yang sreg di kamu?

Berikan komentarmu