Share this
Share

19 shares

10 Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

3 June 2017

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Menjadi sendiri justru membuatmu jadi orang yang lebih baik

Cerpin.com – Beberapa orang berpikir kalau menjadi sendiri itu adalah hal yang tak baik. Dapat diartikan juga, orang yang penyendiri adalah mereka yang anti-sosial, minder, apapun sebutan orang yang melihat mereka dengan situasi tersebut.

Tapi sebenarnya, menjadi sendiri berarti menikmati kesendirian dan itu bukanlah hal yang tak baik. Untuk mereka yang mengerti mengapa dan bagaimana kesendirian itu berlangsung, semuanya akan muncul dengan mendapatkan makna sejati mengapa seseorang tersebut memilih sendirian.

Mungkin kamu pernah menonton film Tom Hanks berjudul Cast Away, karena sebagian orang yang pernah menontonnya tak mungkin ragu dengan betapa bagus jalan ceritanya yang dapat membuat mengerti bagaimana situasi pelaku yang berada di posisi tersebut.

Sekali kamu ingin mengetahui dan mempelajari arti dari “menjadi sendiri”, kamu akan tumbuh menjadi orang yang berkualitas dan menemukan jati diri sendiri.

Dibawah adalah 10 alasan menjadi sendiri menjadikanmu pribadi lebih baik, untuk kamu yang sedang menikmati hidup ini dan mengerti arti kesendirian.

1. Kamu lebih banyak waktu istirahat

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Sekali kita dikelilingi banyak orang, kita sama saja menghabiskan begitu banyak energi. Mungkin sebagian kita adalah tipe orang yang suka membuat orang lain tertawa, dan menjadi senang atau menenangkan orang yang sedang terpancing emosi.

Namun tanpa sadar, kegiatan tersebut menguras mental karena kita secara terus-menerus berhubungan dengan emosi orang lain, kita mempelajari tingkah laku orang tersebut.
Memberikan waktu sedikit untuk sendiri akan membuat energimu kembali dan menghentikan emosi untuk bekerja berpikir tentang bagaimana atau sudah sejauh mana hubungan kita dengan orang lain. Yang mana dalam arti kata, kita berhenti sejenak mempelajari tingkah laku orang dan memberikan waktu untuk mempelajari diri kita sendiri.

2. Kamu akan lebih sering berpikir

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Yang kita ketahui, hidup ini ibarat mobil yang berlaju begitu cepat. Saking cepatnya hidup ini, kita hampir melalui beberapa momen yang terjadi dalam hidup ini. Dari yang pertama dan berlanjut ke yang kedua dan seterusnya. Karena itu, begitu jarang dalam keseharian kita untuk duduk sendiri dan berpikir apa yang terjadi dalam hidup ini.

Menjadi sendiri akan memberikanmu kesempatan sempurna untuk lebih berpikir dan introspeksi diri. Karena di keadaan yang lain kamu tak akan menyempatkan waktu untuk memikirkan beberapa momen dan perasaan secara individual. Dan disaat sendiri adalah waktu yang tepat untuk fokus dengan hal-hal tersebut.

Kesendiran dan kesunyian menyediakan lingkungan yang sempurna untuk berpikir.

3. Kamu akan lebih mengenali emosimu

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Sekali lagi, disaat kamu masih dikelilingi oleh orang-orang sepanjang waktu, kamu akan terus-menerus mencoba untuk membaca, menghubungkan menuju emosi seseorang. Yang mana kamu akan berakhir untuk kehilangan pada emosimu sendiri.

Saat kamu mulai menikmati menjadi sendirian, kamu akan mendapat perspektif lebih baik untuk melihat dan mengenal sendiri emosimu. Kamu akan membaut sebuah pengertian mendalam tentang apa yang kamu pikir dapat membuatmu bahagia, membuatmu marah, dan membuatmu sedih.

Dengan pengetahuan itu, kamu akan lebih mudah untuk mengatur emosimu. Tapi itu semua bermula dengan mengerti bagaimana kamu merasakan, dan rasa itu datang dari sebuah kesendirian.

4. Kamu akan melakukan sesuatu yang sebenarnya paling kamu nikmati

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Saat kamu terus-menerus berada di dalam lingkaran orang lain, walaupun sedikit setidaknya kamu mempunyai kompromi untuk menemukan solusi agar teman-temanmu yang lain dapat menikmati hal yang kamu lakukan. Dan sayangnya, hal yang biasanya kamu paling nikmati, tidak sepenuhnya sama dengan apa yang teman-temanmu inginkan.

Dengan mudahnya menjadi sendiri, kamu akan menyadari untuk melakukan sesuatu yang membautmu bebas dan sesuatu yang benar-benar ingin kamu lakukan.

5. Kamu menjadi orang yang produktif

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Memang sih berada di antara orang-orang, banyak teman memang hal yang menyenangkan dan menghibur. Tapi itu juga hal serius yang dapat berdampak pada produktifitasmu. Ada beberapa waktu saat kamu berada di antar teman-temamu yang tak lebih dari sekedar sebuah gangguan untuk menghindari pekerjaanmu menjadi selesai.

Menghabiskan waktu sendiri adalah waktu yang paling produktif dalam hidup manusia. Karena disaat sendiri, gangguan dan pengalih perhatian menjadi berkurang dan kamu dapat terus fokus untuk menyelesaikan yang kamu kerjakan.

6. Kamu akan lebih menikmati hubunganmu

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Disaat kamu terus menikmati kesendirian, kamu akan merasakan untuk dapat menikmati hubunganmu dengan kerabat, pacar, teman, kolega bahkan bertambah kuat terhadap mereka. Hal ini disebabkan disaat kamu sendiri, kamu akan lebih menghargai dirimu sendiri. Dan itu juga berdampak bahwa kamu menghargai semua hal menyenangkan yang datang dari hubunganmu dengan orang-orang terdekat yang mana kamu akan menyadari perasaan yang berbeda dari sebelumnya.

7. Kamu akan merasa lebih independen

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Disaat kamu suka dengan kesendirianmu, kamu tentu akan menjadi lebih percaya diri dengan kemampuanmu untuk benar-benar sendiri dimanapun. Yang secara natural akan memberikanmu penampilan jauh lebih menarik daripada mereka yang cenderung suka membawa diri mereka di antara kerumunan orang dan bergerombol dengan teman-temannya.

Untuk mereka yang independen, takkan perlu lagi untuk merasa cemas bila berada di keadaan ramai seorang diri, tak ada lagi jiwa follower yang menginginkan ada seseorang yang dapat mereka ikuti kemanapun. Disaat kamu menikmati menjadi sendiri, kamu bukan orang yang needy, yang terus-menerus menginginkan interaksi dengan orang lain. Pada dasarnya, orang yang independen itu lebih keren.

8. Kamu berhenti dari perasaan untuk menjaga orang lain tetap senang

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Hidup memang dipenuhi dengan hubungan-hubungan, kebanyakan dari hubungan, dalam apapun itu pasti akan tetap terjaga asalkan kedua orang tersebut senang. Bagaimana membuat orang bahagia tersebut bergantung dengan siapa kita menjalin hubungan itu.

Disaat kamu menjadi sendiri, satu-satunya kebahagiaan yang patut kamu perhatikan dan kamu khawatirkan adalah kebahagiaanmu sendiri. Memiliki perasaan tersebut bukanlah mengajari kita untuk menjadi egois, namun belajar untuk tidak bergantung pada kebahagiaan orang lain semata disaat kamu membutuhkan orang lain untuk membuatmu bahagia. Mungkin untuk poin ini, tidak dianjurkan pada orang yang terkait dalam hubungan percintaan karena akan membuat marah seseorang.

9. Kamu tak perlu menyesal untuk apapun

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Disaat kamu memulai untuk menjadi sendiri, kamu dengan cepat melihat bahwa kesendirian berarti kamu tak perlu menyesal untuk apa yang telah kamu lakukan. Berbeda dengan disaat kita membuat marah seseorang, menyakiti perasaan orang lain dan kita menyadari untuk meminta maaf pada yang bersangkutan.

Tapi disaat kamu sendiri, kamu tak perlu untuk minta maaf atau menyesal untuk apapun apalagi untuk alasan kenapa kamu sendiri. Perasaan tersebut akan membantu mengurangi stres terhadap sesuatu yang kamu lakukan. Kamu harus berhenti menebak-nebak sesuatu yang ingin kamu katakan, atau setiap tindakan yang kamu lakukan karena kamu merasa takut untuk membuat orang lain tersinggung, sedih, atau marah. Karena semua itu tidaklah perlu.

10. Kamu tidak perlu mendapat persetujuan orang lain

Alasan Menjadi Sendiri Dapat Menjadikanmu Pribadi Lebih Baik

Betapa sering kita saat mengharapkan kata “OK” dari teman atau keluarga kita sebelum kita mengambil tindakan dan keputusan. Dengan memiliki perasaan itu, tanpa sadar kita terus menuntut diri kita agar mendapat nasihat untuk apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Tentu saja, ada beberapa saat yang tidak pas untuk kita menanyakan nasihat dari orang lain, tapi benar-benar diperlukan. Tapi, ada beberapa saat yang dapat kita sadari adalah “waktu yang tepat” untuk kita bertindak atas keputusan sendiri daripada menunggu jawaban dari orang lain.

Itu semua dapat kamu dapatkan disaat kamu mulai merasakan sendiri, kamu hanya akan percaya dengan insting-mu dan membuat keputusan sendiri tanpa adanya persetujuan orang lain agar membuat kamu maju.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #alone #cewek #cowok #independen #manusia #sendiri
Share

Pilihan editor