Menikmati 8 Wisata Musim Hujan Tanpa Risih dengan Cuaca

Spread the love

Musim hujan cenderung ngasih hawa mager alias males gerak kemana-kemana. Jiwa tukang healing biasanya resah dengan situasi seperti ini. Cuaca yang nggak bersahabat menyulitkan mereka untuk bisa bersenang-senang, khususnya di alam terbuka atau tempat-tempat wisata yang hits. Btw, Indonesia sebagai negara tropis pasti punya opsi wisata yang ramah untuk segala cuaca. Nggak bakalan kepanasan atau kehujanan, wisatawan bisa lebih leluasa menikmati me-time-nya. Untuk itu, referensi wisata musim hujan di bawah ini bisa banget jadi ide liburan menarik kamu dan orang-orang tersayang!

1. Wisata musim hujan: Pemandian Air Panas

Tempat pemandian air panas katanya cocok banget dikunjungi saat musim hujan. Sensasinya bukan karena “terlanjur basah”, tapi suhu air panasnya yang bisa menghangatkan tubuh di tengah cuaca yang dingin. Rasanya kamu nggak bakalan nolak untuk nyebur ke dalamnya. Meski ada rintik-rintik gerimid, badan bakal terasa lebih rileks dan tenang. Namun, kamu nggak perlu maksain kalau lagi hujan besar disertai dengan angin kencang plus petir. Nggak usah ambil resiko lah ya kalau begitu sikonnya..

Tempat pemandian air panas sendiri bisa kamu temukan di beberapa wilayah. Mulai dari Ciater Subang, Pemandian Air Panas Darajat Garut, Banyuwedang Bali, Candi Umbul Magelang, Wisata Galunggung Tasikmalaya, dan masih banyak lagi. Untuk harga tiketnya sendiri bervariasi, namun umumnya dimulai dari Rp 10ribu per orangnya. Wah, murah meriah! 😀

2. Wisata Bawah Laut

Saat musim hujan, bereksplorasi di bawah laut adalah hal yang tergolong menyenangkan. Ini bisa jadi opsi seru untuk tetap bisa melihat pemandangan di tengah cuaca yang lagi tidak bersahabat. Dengan menjelajahi bawah laut, kamu bisa menikmati aneka ragam hewan laut. Ada ikan-ikan hias, bahkan hiu sekalipun. Buat kamu yang pemula, nggak usah khawatir karena pengelola objek wisata biasanya menyediakan jasa guide.

Di Indonesia sendiri, spot untuk menyelam ke dasar laut jumlahnya tidak bisa dihitung jari. namun, setidaknya ada enam lokasi yang jadi favorit wisatawan, yaitu Morotai Maluku,Pulau Weh Aceh, Kepulauan Derawan, Bunaken di Sulawesi Utara, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Raja Ampat, Papua.

3. Wisata musim hujan: Museum

Objek wisata indoor tentu menjadi pilihan yang tepat di tengah musim basah. Salah satunya adalah dengan mengunjungi museum. Wisata edukasi ini cocok buat kamu yang mau belajar pengetahuan baru, khususnya terkait sejarah. Ada banyak peninggalan-peninggalan yang diabadikan, bahkan yang bentukannya ekstrem sekalipun. Contohnya seperti Siriraj Medical Museum di Thailand yang mengoleksi aneka janin yang diawetkan, serta mayat-mayat orang yang melakukan tindak kejahatan ekstrem.

Di Indonesia sendiri, kamu nggak bakalan sulit mencari museum. Ada Museum Geologi (Bandung), Museum Angkut (Batu), Museum Fatahillah (Jakarta), The Balnco Renaissance (Bali), Museum Ullen Sentalu (Yogyakarta), Museum House of Sampoerna (Surabaya), dan masih banyak lagi.

4. Wahana Bermain Indoor

Berkunjung ke wahana ekstrem nggak heran kalau jadi ngerasa tertantang. Namun, semangat tersebut bisa saja hilang seketika kalau musim hujan menyerang. Btw, wahana-wahana ekstrem atau taman bermain sekarang sudah tersedia di lokasi indoor. Naik wahana pun nggak perlu worry kepanasan atau kehujanan. Bahkan kamu cenderung bisa lebih betah.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa pergi ke taman hibuan Trans Studio Bandung, Trans Studio Bali, Trans Studio Cibubur, Kidzania Jakarta, Bounce Street Asia Jakarta, dan masih banyak lagi. Dan di luar negeri sendiri, ada Ferrari World Indoor Theme Park (Abu Dhabi), Lotte World Indoor Theme Park (Seoul, Korea), dan The Adventuredome Indoor Theme Park at Circus Circus (Las Vegas, Nevada), dan lain-lain.

5. Wisata musim hujan: 3D Trick Art

3D Trick Art bisa jadi opsi wisata menarik lainnya di musim hujan. Tempat tersebut merupakan salah satu karya lukis tiga dimensi, yang mana lukisan ini terlihat seolah-olah seperti nyata jika dilihat dari sisi-sisi tertentu. Untuk itu, sayang banget kalau kesini cuman fotoin orang lain aja. Kamu juga harus tampil eksis seolah-olah berada di tengah lautan, diterkam dinosaurus, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri 3D Trick Art ini bisa dijumpai di beberapa wilayah. Kamu bisa datang ke Alive 3D Trick Art di Jakarta, Batam 3D Trick Art Museum, De Mata Trick Eye Museum Jogja, Dream Museum Zone Bali, Amazing Art World Bandung, dan Old City 3D Trick Art Museum Semarang.

6. Tempat Seni Pertunjukan

Menyaksikan sebuah pertunjukan tradisional juga jadi ide bagus saat musim hujan. Gelaran tersebut juga ada yang dipentaskan secara indoor, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman saat menontonnya. Nggak perlu pusing nyari karena Tanah Air kita ini kaya akan budaya, sehingga dipastikan tempat tersebut tersebar di beberapa spot wilayah. Ada tempat pertunjukan musik tradisional, teater, tari, dan masih banyak lagi.

Untuk tempatnya sendiri, kamu bisa datang ke Saung Angklung Udjo bandung, Bali Performing Arts, Sendratari Ramayana Purawisata Yogyakarta, Taman Budaya Raden Salah Semarang, Gedung Kesenian Nyimas Rara Santang Cirebon, dan masih banyak lagi.

7. Wisata musim hujan: Upside Down World

Upside Down World adalah salah satu wahana menarik yang menyuguhkan “dunia serba terbalik”. Objek wisata ini cocok buat kamu yang suka fotografi karena hasilnya bakal keren banget. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan dengan tema yang berbeda-beda. Ada ruangan kantor, dapur, kamar, dan sebagainya. Menariknya, barang-barang tersebut diletakan terbalik, sehingga seolah-olah kamu yang berada di atap.

Wahana ini bisa kamu jumpai di beberapa Kota Besar. Ada di Jogja, Medan, Bandung, dan Jakarta. Untuk harga tiketnya sendiri mulai dari Rp 100ribu per orangnya, ya..

8. Wisata Aquarium

Wisata edukasi aquarium juga bisa menjadi referensi menarik lainnya saat musim hujan. Nggak perlu resah dengan cuaca, kamu bisa menyaksikan hewan-hewan air berenang dengan cantik, serta keragaman spesiesnya yang bisa menambah wawasan. Berkunjung kesini tentu saja nggak sama seperti kamu melihat ikan di dalam aquarium. Ukuran aquariumnya yang besar memungkinkan kamu untuk berselfie bersama di baliknya, dan lebih leluasa meliha ikan-ikan jumbo seperti pari, hiu, dan paus.

Wisata aquarium sendiri terebar di beberapa wilayah di Indonesia. Ada Sea World Ancol, Jakarta Aquarium, Wisata Aquarium Purbasari Pancuran, Fantastik Aquarium Jatim Park, dan Aquarium Taman Pintar Yogyakarta.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu