Mengintip Koneksi Dunia Nyata & Virtual Via 8 Film Metaverse

Spread the love

Dunia semakin merespon kecanggihan teknologi yang bisa membuat hidup manusia semakin mudah dan modern. Sebut saja teknologi Metaverse, yang bisa membuat seseorang terhubung dengan individu lainnya secara virtual. Dengan kata lain, teknologi ini dijadikan sebagai simulasi kehidupan dunia nyata manusia yang kemudian dituangkan ke dunia virtual. Pengembangan teknologi ini bisa saja berkembang pesat, bahkan Indonesia sendiri (mungkin) nggak bakalan luput mencicipi teknologi yang disebut juga dengan Metamesta (dalam Bahasa Indonesia). Buat kamu yang penasaran seperti apa sih teknologi canggih ini, film metaverse di bawah ini bisa jadi gambarannya.

1. Film Metaverse Tron: Legacy

Tron: Legacy merupakan salah satu film karya sutradara Joseph Kosinski. Dirilis pada tahun 2010, film ini diawali dengan kisah hilangnya sosok pemimpin ENCOM International, Kevin Flynn pada tahun 1989. ENCOM International sendiri adalah perusahaan teknologi komputer ternama asal Amerika Serikat.

Hingga 20 tauhn kemudian, Sam, anak Kevin Flynn harus melewati tantangan yang mendebarkan. Tiba-tiba saja dia masuk ke sebuah dunia virtual ciptaan sang ayah yang disebut Grid. Sam pada akhirnya harus melalui berbagai rintangan, salah satunya adalah bertarung melawan Rinzler, sebuah program bertopeng.

2. Blade Runner 2049

Blade Runner 2049 merupakan sekuel dari film berjudul sama yang dirilis pada tahun 1982. Dirilis pada 2017, film ini disutradarai oleh Dennis Villeneuve yang menceritakan tentang dunia yang dihuni oleh replicants, atau manusia dengan rekayasa genetik. Pada tahun 2049, bumi mati total. Tyrell Corporation terpaksa menghentikan produksi replikannya karena harus gulung tikar. Di saat yang bersamaa, munculah perusahaan baru bernama Wallace Corporation. Perusahaan tersebut rupaya memproduksi replikan baru yang lebih baik dan penurut. Salah satu replikan ciptaannya bernama detektif KD6-3.7 atau K. Replikan tersebut diberi misi untuk mencari replikan lama dan harus menghancurkannya.

3. Ready Player One

Ready Player One disebut-sebut punya alur cerita yang menarik. Diceritakan ada sebuah dunia virtual bernama OASIS yang terkenal dengan kenyamanannya. Ini dikarenakan dunia nyata pada tahun 2045 sudah mulai chaos dan tidak layak untuk ditinggali. Di OASIS, ssetiap individu bebas melakukan apapun dan menjadi apapun. Namun, mereka tetap tidak boleh memenuhi keinginan individu itu sendiri. OASIS sendiri diciptakan oleh sosok paling jenius bernama Jim Halliday.

Setelah menonton film ini, kamu bisa mengambil hikmah tersendiri. Nyatanya, sosok  di dunia nyata jauh lebih penting dibandingkan karakter mereka di dunia maya. Karena secanggih apapun karakter pada OASIS, dia tidak bisa selalu memberikan bantuan di dunia aslinya.

4. Avatar

Film garapan sutradara James Cameron pada 2009 ini sukses mendulang antusias penonton. Seperti yang sudah diketahui, filmin menceritakan tentang eksperimen manusia dalam menjelajahi dunia masa depan bernama Pandora. Melalui kapsul, manusia bisa melakukan simulasi ke dalam tubuh warga Pandora bernama Na’Vi. Meski bentukannya jadi berubah, pikirannya masih tetap sama seperti saat menjadi manusia. Namun, eksperimen tersebut malah berujung naas karena pada akhirnya manusia bersama rakyat pandora harus berjuang bersama-sama memerangi manusia yang berusaha menghancurkan Pandora.

5. Film Metaverse Alita: Battle Angel

Alita: Battle Angel ini berlatar pada tahun 2563. Dalam film ini, kondisi bumi diceritakan sangat chaos akibat adanya perang katastropik antara kota langit dengan Republik Planet Mars. Sau-satunya kota langit yang masih bertahan adalah Zalem. Disana, Dyson Ido menemukan sebuah cyborg wanita yang pada akhirnya diberi nama Alita. Sayangnya, Alita tidak mengingat apapun. Ia pun harus mempelajari lingkungan di sekitarnya untuk mencari jati dirinya. Hingga suatu hari, ia bertemu dengan Hugo dan lelaki itu mengajak Alita berpetualang agar ingatannya kembali.

6. Matrix

Film Matrix diawali dengan cerita Thomas Anderson, yang mendapatkan pesan misterius di komputernya. Pesan tersebut hanya beruliskan ‘the Matrix’. Anderson akhirnya membuat nama samaran Neo untuk memecahkan misteri tersebut. Ia pun bertemu dengan Morpheus. Teman barunya itu menawarkan dua pil berbeda, yaitu pil merah dan pil biru. Neo akhirnya memilih pil merah dan meminumnya. Namun, siapa sangka pil itu punya efek tersendiri, yaitu bisa memberikan petunjuk tentang pesan aneh the Matrix itu.

The Matrix ini dilanjutkan dengan sekuel-sekuel yang nggak kalaj seru, yakni the Matrix Reloaded dan the Matrix Revolutions. Dan sequek terbarunya sudah tayang di awal tahun 2022 dengan judul the Matrix Resurrection.

7. The Call Up

The Call Up mengusung tema thriller fiksi sains yang digarap oleh Charles Barker. Film tersebut turut diramaikan oleh aktor dan aktris ternama seperti Max Deacon, Morfydd Clar, Ali Cook, Parker Sawyers, Tom Benedict Knight, Boris Ler, Douggie McMeekin, dan Adriana Randall.

Dalam film tersebut, ada sebuah perusahaan yang menciptakan sebuah game yang mengususng teknologi virtual reality. Dalam rangka uji cobanya, perusahaan tersebut mengundang delapan pemain game terbaik. Sebagai imbalan, pemenangnya akan membawa pulang hadiah senilai $100.000.

Pemain tentu saja antusias mendengar hal tersebut. Namun, mereka malah terjebak dalam situasi rumit yang mengancam nyawa mereka.

8. Film Metaverse 2047: Virtual Revolution (2016)

Film 2047: Virtual Revolution juga bisa jadi opsi lainnya untuk melihat dunia metaverse. Film ini menceritakan tentang kehidupan pada tahun 2047. Pada waktu tersebut, semua orang sudah hidup di dunia virtual. Singkat cerita, ratusan gamer terbunuh misterius. Hingga pada akhirnya seorang agen bayangan bernama Nash diberi misi untuk melacak dan menghabisi teroris yang menjadi bawahan Necromancer. Di tengah-tengah misinya tersebut, Nash menyadari kalau Necromancers ini punya misi mengeluarkan orang-orang dari realitas virtual.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu