Share this
Share

Share

shares

Mengatasi Panik di Hari Pertama Bekerja Bisa dengan 5 Cara Ini

20 July 2020  Ajeng

Excited merupakan ekspresi yang pas untuk kamu yang baru saja diterima bekerja di sebuah perusahaan. Rasa gembira sekaligus haru bercampur menjadi satu karena tidak lama lagi kamu akan mendapatkan penghasilan sendiri. Namun, rasa bahagia tersebut bisa saja hilang dalam sekejap. Kamu tiba-tiba merasa was-was, mengingat tidak lama lagi kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Merasa cemas dan panik merupakan hal yang normal. Siapa saja bisa mengalami hal ini. Untuk itu, mengatasi panik dan was-was tentu harus dilakukan.

Sebelum masuk bekerja, pastikan kamu melakukan lima tips di bawah ini agar rasa panik dan cemas berlebih bisa diatasi dengan baik.

1. Mempersiapkan Barang-barang yang Harus Dibawa

Sumber: pexels.com

Di hari pertama bekerja, pastikan kamu bisa memberikan impresi yang baik. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Buatlah daftar pada secarik kertas barang-barang apa saja yang diperlukan untuk bekerja besok. Misalnya, alat tulis, laptop, buku catatan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jangan lupa juga siapkan pakaian apa yang akan kamu pakai nanti. Pastikan bajunya sudah disetrika dengan rapi. Siapkan juga sepatu yang akan dipakai. Jika hal seperti ini saja tidak disiapkan, bisa-bisa kamu terkena serangan panik, sehingga hari pertama bekerja bisa chaos.

2. Menghindari Overthinking

Sumber: pexels.com

Membayangkan sesuatu yang belum terjadi terbilang normal. Siapa saja bisa melakukan ini, termasuk kamu yang akan masuk kerja pertama kali. Namun, overthinking tentu saja tidak baik. Bagaimanapun juga, membayangkan sesuatu yang terlalu berlebihan bisa mebuat kamu menjadi cemas. Misalnya, kamu akan berpikir bahwa rekan kerja akan sangat menyebalkan, bos yang galak, tidak punya teman, tidak bisa menyelesaikan tugas dengan baik, dan masih banyak lagi.

Alih-alih overthinking, kamu bisa menyibukan diri dengan berdiskusi dengan teman yang lebih berpengalaman di dunia kerja. Atau kamu juga bisa mencari-cari informasi mengenai lingkungan tempat kerja kamu di internet. santai saja. Semuanya akan baik-baik saja. Daripada mikir terlalu keras, lebih baik nyantai sambil ngopi aja.

3. Me-Time

Sumber: pexels.com

Jika semua perlengkapan sudah disiapkan, saatnya untuk me-time. Kamu bisa streaming film, makan makanan favorit, pergi jalan-jalan dengan teman, dan masih banyak lagi. Aktivitas seperti itu sangat penting agar pikiran lebih rileks. Kamu tidak akan terbayang-bayang dengan suasana bekerja yang seperti di sinteron-sinetron atau drama-drama mengerikan lainnya. Setidaknya, dengan me-time kamu sudah bisa mengalihkan pikiran dengan hal-hal yang lebih menyenangkan.

4. Tidur yang Cukup

Sumber: pexels.com

Mengatasi panik di hari pertama bekerja juga bisa didukung dengan waktu tidur yang cukup. Tidur selama 8 jam bisa membuat tubuh lebih segar di pagi hari. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak melakukan berbagai aktivitas berat di malam hari. Selain itu, jangan makan makanan berat sebelum tidur. Cukup minum satu gelas air putih atau susu hangat saja. Jika masih susah tidur, cobalah baca buku karena ini dinilai bisa membuat kamu ngantuk lebih cepat.

Sebaliknya, kamu juga tidak disarankan untuk bermain hp sebelum tidur. Terlalu lama menatap layar hanya akan membuat kamu tetap terjaga, sehingga tidur pun tidak akan berkualitas.

5. Berdo’a

Sumber: pexels.com

Hal yang paling penting agar kamu tidak panik di hari pertama bekerja adala berdo’a. Mintalah kekuatan dan kemudahan pada Tuhan Yang Maha Esa saat menghadapi hari esok. Selain itu, minta juga restu ayah dan ibu agar dilancarkan semua urusan pekerjaan kamu. Cara yang satu ni cukup ampuh untuk membuat kamu lebih tenang saat bertemu dengan rekan kerja dan lingkungan baru.

Dengan menerapkan lima cara mengatasi panik di atas, kamu bisa lebih bersemangat di hari pertama masuk kerja. Gimana, kamu udah siap?

Berikan komentarmu

Related articles

 #anxiety disorder #cara mengatasi panik attack #kecemasan berlebih #panic attack #penyebab panick attack #tips hari pertama kerja
Share di whatsapp

Pilihan editor