Share this
Share

1 shares

Benarkah Kalau Melihat Pepohonan Bisa Menjadikan Kita Lebih Sehat?

19 December 2017

Benarkah Kalau Melihat Pepohonan Bisa Menjadikan Kita Lebih Sehat Cerpin Com 1

Beruntunglah kita yang punya tempat tinggal dekat dengan tempat penghijauan seperti taman, pepohonan, atau bahkan punya pohon sendiri di halamannya. Pohon dan tanaman yang ada di dalam kota dan lingkungan tempat kita tinggal memang banyak sekali manfaatnya. Manfaatnya pun bisa dibagi-bagi, tidak hanya untuk diri kita sendiri tapi juga buat tetangga dan orang yang tinggal disana. Pohon bisa mengurangi polusi, semakin banyak penghijauan, semakin segar tempat kita tinggal. Kalau manfaat untuk diri kita adalah bisa menjadikan kita lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Tahu alasannya? Memang kedengarannya sepele, tapi hal kecil ini dampak positifnya sangat besar. Gak heran kan kalau orang yang cari rumah di jaman sekarang kebanyakan paling berminat kalau dekat dengan tempat penghijauannya, minimal taman lah. Karena tinggal dekat pepohonan saja sudah bisa membaut hidup kita jauh lebih baik. Biar tinggal di rumah yang kecil, namun pohon-pohonnya harus gede-gede, jangan kebalikannya yah.

Benarkah Kalau Melihat Pepohonan Bisa Menjadikan Kita Lebih Sehat Cerpin Com 2

Fungsi lain dari popohonan hijau adalah bisa mengurangi stres, dan mendukung kesehatan kita secara mental. Contoh nyata yang bisa kita buktikan sendiri adalah ketika kita bangun pagi. Yup, bangun pagi adalah sebuah momen dimana kita bisa tahu apakah kita orang yang sehat atau enggak, atau lebih tepatnya, benarkah lingkungan tempat kita tinggal ini mendukung kita menjadi orang yang sehat atau tidak.

Benarkah Kalau Melihat Pepohonan Bisa Menjadikan Kita Lebih Sehat Cerpin Com 3

Saat pagi hari, tubuh kita cenderung berasa panas. Itu karena selama tidur adalah jadwalnya tubuh kita untuk membuang racun dan zat-zat yang tidak berguna (detoxin). Jadi gak heran kalau awal-awal pagi kita cenderung merasakan mules atau sakit perut ingin buang hajat. Please jangan lagi nyalahin perutnya atau nyalahin makanan yang semalam kita makan, karena itu gak ada hubungannya. Itu adalah tanda-tanda tubuh kita bekerja dengan baik dalam pembuangan racun.

Nah, sampai disini, di pagi hari tubuh kita yang sudah recovery dari racun butuh penghijauan dan udara yang segar untuk bisa kita hirup ke paru-paru. Bisa berada di lingkungan yang banyak pepohonan dan penghijauan adalah hal yang baik, beruntung kalau ada taman dekat rumah kita, mungkin dengan buka jendela di pagi hari akan memberikan udara segar masuk ke rumah sambil melihat pepohonan. Untuk kamu yang berlokasi jauh dari penghijauan, mungkin bisa sekalian jogging sebentar ke daerah penghijauan sekitar rumah. Intinya berada di sekitar penghijauan seperti pepohonan bisa membuat kita merasa sehat seperti seseorang yang berusia tujuh tahun lebih muda menurut sebuah studi tahun 2015 di Nature Journal Scientific Reports.

Dalam studi tersebut, para periset meneliti dan membandingkan apa yang terjadi dengan orang mendapatkan asupan penghijauan pohon di jalanan kota Toronto dengan mereka yang tidak. Menurut sebuah survei yang disebut Ontario Health Study, studi itu bersifat jangka panjang yang mencakup data dari lebih dari 30.000 penduduk. Data itu digunakan para periset untuk melihat sikap dan gaya hidup penduduk selama berada di lingkungan yang berbeda tersebut. Singkat cerita, orang-orang yang tinggal di lingkungan dengan kepadatan pohon di jalan yang lebih tinggi ternyata dinilai merasa lebih sehat daripada orang-orang yang tinggal di daerah dengan sedikit pohon. Orang-orang yang tinggal di dekat banyak pepohonan juga dilaporkan lebih jarang punya penyakit seperti jantung, kolesterol tinggi atau penyakit lainnya. Memiliki tubuh yang sehat memang harus dipengaruhi dengan lingkungan.

Benarkah Kalau Melihat Pepohonan Bisa Menjadikan Kita Lebih Sehat Cerpin Com 4

Karena lingkungan yang sehat akan memberikan kita pandangan yang positif. Otak kita akan memproses data sesuai dengan apa yang kita lihat dan yang kita rasakan. Apabila ketika bangun tidur kita bisa lihat penghijauan, dan menghirup udara segar dari pepohonan, pasti otak kita akan merespon menjadi hal yang positif dan otak kita secara otomatis akan membuat tubuh kita berdampak positif pula. Tubuh kita juga bekerja sesuai dengan otak kita, hal-hal yang positif yang tersalurkan dari otak akan diterima oleh tubuh kita. Karena orang yang selalu sakit bukan berarti ia tidak bisa menjaga badannya dengan baik. Tapi bisa jadi apa yang dipikirkan tidak cukup untuk menghasilkan dampak positif untuk tubuhnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #pagi #penghijauan #pepohonan #pohon
Share

Pilihan editor