Manjakan Lidah Kamu dengan 10 Makanan Khas Korea Ini

Spread the love

Ngomongin Korea sepertinya nggak akan ada habisnya. Mulai dari budaya, fashion, make up, selebriti, K-Drama, dan makanannya yang  digandrungi oleh masyarakat Tanah Air. Nah ngomongin soal makanan, apakah kamu pernah mencicipi makanan khas dari Korea? Cita rasanya tentu saja sangat khas, belum lagi pilihannya pun cukup banyak. Kamu pun gak perlu jauh-jauh pergi ke Korea karena di Indonesia sudah banyak restoran dan kedai-kedai yang menjual aneka makanan khas Korea tersebut. Bahkan, desain restoran umumnya dibuat semirip mungkin dengan suasana di rumah makan Korea. Karena banyaknya menu khas Korea yang dijual, mungkin kamu bingung ingin mencoba yang mana dulu kan? Untuk itu, simak saja dulu sepuluh rekomendasi makanan khas Korea berikut ini.

1. Makanan Khas Korea, Dakkochi

via cauldronfoods.co.u

Jika di Indonedia ada sate bumbu kacang yang enak, Korea juga punya sate, lho, namanya Dakkochi. Sate ini terbuat dari potongan daging ayam yang ditusuk dengan lidi, kemudian dimasak dengan cara dibakar. Bisa juga ditambah sayuran dan tomat untuk mempercantik tampilannya. Yang membedakan sate ini dengan sate Indonesia adalah bumbu dan saus yang digunakan. Di Korea, Dakkochi direndam dalam bumbu yang mengandung buah pir, jahe dan gula aren kemudian dilumuri saus manis pedas yang disebut gochujang. Gochujang adalah pasta yang terbuat dari bahan utama cabai dan beras ketan yang difermentasi. Dakkochi bisa juga dinikmati dengan nasi hangat dan tambahan kimchi.

2. Jipangyi Ice Cream

via wowkeren.com

Makanan yang satu ini sering disebut Jeju Ice Cream atau Seoul Cane Ice Cream. Ice cream khas Korea ini terbilang unik dari ice cream pada umumnya karena disajikan dengan cone yang berbentuk seperti ujung gagang payung. Ada pula yang menjualnya dengan bentuk cone seperti huruf U, J, V, hingga bentuk spiral. Gagangnya ini merupakan corong yang terbuat dari bahan dasar jagung, jadi bisa dimakan, ya. Setelah cone dibuat, ice cream akan dimasukan kedalamnya. Ice cream yang dibuat untuk Jipangyi harus bertekstur lembut sehingga dapat memenuhi ruang dalam corong. Oh ya, makanan yang satu ini terbilang baru dan sangat diminati di Korea karena masyarakat doyan banget makan es krim.

3. Makanan Khas Korea, Gimbap

via ohmyfoodrecipes.com

Kalian pasti sudah tahu Sushi, makanan khas Negeri Sakura. Ternyata di Korea juga ada makanan khas sejenis Sushi, yaitu Gimbap. Bahan utama keduanya sama dibuat dari nasi dan rumput laut. Walaupun bahan dan bentuknya hampir sama, namun keduanya memiliki perbedaan pada bumbu nasinya. Gimbap terbuat dari nasi berbumbu minyak wijen yang digulung dengan rumput laut kering yang dilengkapi isian daging dan sayuran dengan ukuran lebih lebar dan tipis dari Sushi. Sedangkan nasi pada Sushi dibubuhi cuka beras sehingga rasanya berbeda. Cocok lah buat ganjel perut!

4. Sundae

via cdns.klimg.com

Tahukah kalian apa itu Sundae? Sundae ini bukan ice cream manis dan menyegarkan yang kita kenal sebagai makanan penutup. Korea juga punya Sundae, tetapi bentuk dan rasanya sangat berbeda. Seperti apakah Sundae di Korea? Makanan khas korea yang satu ini malah terbilang cukup ekstrem karena terbuat dari potongan usus sapi atau babi yang didalamnya diisi dengan berbagai makanan pelengkap seperti nasi, kedelai, sohun, jelai, bahkan darah babi. Makanan ini dimasak dengan cara direbus. Setelah dihidangkan, bentuknya sekilas mirip dengan gimbap. Ada pula yang disajikan dengan usus yang digulung lalu ditusuk seperti sate. Jadi, nggak usah kaget pas pesen Sundae di resto Korea, eh yang dateng malah usus 🙁

5. Teokbokki

via shutterstock.com

Tteokbokki adalah salah satu makanan favorit orang Korea. Bahan utamanya adalah Tteok (kue beras) yang dibentuk silinder hampir mirip dengan marshmallow. Selain mengenyangkan, makanan ini disajikan dengan saus gochujang yang bercitarasa manis pedas dan dibubuhi biji wijen sangrai diatasnya. Jika kamu datang ke restoran korea, sudah banyak menu tteokbokki yang dihidangkan bersama taburan keju mozzarella.

6. Makanan Khas Korea, Ganjang Gejang

via arrivalguides.com

Makanan ini sudah ada di Korea sejak jaman Dinasti Joseon. Proses pembuatannya pun cukup lama, mulai dari pembersihan kepiting dan udang hingga perendaman. Ganjang gejang ini merupakan hidangan kepiting rajungan dan udang mentah yang diolah dengan cara fermentasi menggunakan larutan kecap asin khas Korea yang disebut Ganjang. Kalian pasti akan menemukan sensasi berbeda ketika melahap daging kepiting dan udang mentah yang difermentasi.

7. Bulgogi

via carolinescooking.com

Jika kamu pencinta masakan daging pedas, menu ini wajib kamu coba. Korea memiliki menu khas olahan daging yaitu Bulgogi. Makanan ini dimasak dengan cara dipanggang dan cocok untuk hidangan acara barbeque. Varian daging yang digunakan untuk memasak Bulgogi umumnya daging sapi, ayam, atau babi dilumuri bumbu kecap asin dan rempah lainnya. Bulgogi dapat dijadikan makanan pelengkap bersama nasi dan ramyeon. 

8. Makanan Khas Korea, Ramyeon

via seriouseats.com

Siapa yang tidak kenal Ramyeon? Ya, makanan khas korea ini sering dijumpai di drama-drama korea yang kita tonton. Ramyeon bisa disebut juga dengan mie instan versi Korea. Sama seperti mie instan di Indonesia, Ramyeon juga memiliki berbagai macam varian rasa pada kuahnya yang menggugah selera seperti rasa kimchi, seafood, mushroom, spicy, dan masih banyak lagi. Biasanya, Ramyeon ini punya cita rasa pedas serta teskstur mienya kenyal dan lebih tebal. Kita dapat menambahkan topping sayuran, keju, telur, nori, daun bawang, dan daging. Mie instan korea ini dimasak dengan cara direbus air mendidih, kemudian disajikan dengan kuah yang kental.

9. Nakji Bokkeum

via tasteatlas.com

Nakji bokkeum juga menjadi salah satu makanan khas Korea yang sangat populer di negaranya. Masyarakat Korea sangat suka menyantap gurita termasuk gurita hidup. Nah, kalo itu sih terlalu ekstrim ya. Buat kalian yang nggak berani untuk menyantap langsung gurita hidup-hidup, bisa mencoba menu yang satu ini. Gurita ini diolah dan dimasak dengan bumbu khas Korea dilengkapi taburan wijen. Makanan lezat ini juga mulai populer hingga ke mancanegara dan menjadi menu andalan di beberapa restoran korea. Selain enak, kalian bisa mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi gurita karena kandungan zatnya yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal stress dan baik bagi kesehatan jantung.

10. Yangnyeom Tongdak

via halookorea

Ayam goreng selalu jadi hidangan favorit. Oleh karena itu, setiap negara memiliki makanan khas masing-masing yang berbahan utama ayam goreng, termasuk di Korea. Yangnyeom Tongdak atau ayam goreng tepung dengan bumbu adalah salah satunya. Ayam goreng tepung ini disajikan dengan bumbu kental bercitarasa khas Korea, yaitu pedas manis dilengkapi taburan biji wijen. Rasanya sangat lezat karena ditumis langsung dengan bumbunya yang kental dan meresap kedalam daging. Tentunya menu ayam goreng dari Negeri Gingseng ini wajib dicoba. 

Demikianlah sepuluh makanan khas Korea yang bisa manjain lidah kamu. Dari semua makanan di atas, mana yang pernah kamu coba? Tulis di kolom komentar, ya!

 

 

Berikan komentarmu