Share this
Share

1 shares

8 Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

20 October 2018

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

Di era digital ini, hampir tak ada seorang pun yang tak punya smartphone. Dan kita juga tentu tahu kalau dengan smartphone kita bisa memainkan game yang juga kebanyakan gratis. Dari sinilah akses game-game bisa mudah diperoleh di semua kalangan. Sepertinya di zaman sekarang ini, yang disebut gamer tidak perlu harus punya alat-alat bermain game yang mahal. Cukup dengan smartphone, game-game canggih pun bisa segera dimainkan. Faktanya, beberapa developer video game sudah cenderung membuat game untk platform mobile. Karena faktor kemudahan tadi, semua orang jadi ingin bermain video game kapanpun dan dimanapun. Manfaat bermain game dapat kita rasakan selama kita tidak bermain terlalu sering.

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

1. Bermain game dapat membantu anak yang mengalami Dyslexia

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

Dyslexia atau disleksia adalah sebuah kelainan genetik yang membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam urusan berbahasa seperti membaca dan menulis. Beberapa penelitian menunjukkan kalau kesulitan perhatian sebagai komponen kunci dari disleksia. Satu penelitian telah menunjukkan disleksia meningkatkan pemahaman membaca mereka setelah sesi permainan berat pada tindakan. Alasannya, para peneliti percaya, adalah bahwa permainan telah secara konstan mengubah lingkungan yang membutuhkan fokus yang intens.

2. Bermain game dapat membantu seseorang memilih jenjang karir yang tepat

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

Dalam genre game tertentu, pastinya kamu sering melihat adanya pemberian penghargaan dan mendorong karakter kepemimpinan terhadap pemain. Hal ini telah memberikan sebuah dorongan kepada pemain untuk membentuk karakteristik yang bisa timbul di dunia nyata. Peneliti telah mencatat bahwa pemain dapat menampilkan motivasi yang terkait dalam tujuan karir di dunia nyata mereka. Berimprovisasi dalam permainan juga bisa berarti menjadi lebih cepat ketika terjadi sebuah krisis di kantor yang mendorong orang harus memiliki rasa tanggung jawab.

3. Bermain game bisa menjadi tempat untuk mempelajari sejarah

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

Banyak game yang memanfaatkan peristiwa sejarah untuk mendorong sebuah cerita dalam game. Tokoh dan tempat tersebut kemudian dapat memicu minat seseorang dalam menemukan lebih banyak tentang budaya yang belum diketahui mereka. Game yang memiliki background bersejarah seperti peperangan di abad pertengahan, akan menimbulkan minat untuk mempelajari sejarah dari bangsa-bangsa yang dimainkan. Dalam hal ini, manfaat bermain game menjadi dorangan bagi seseorang untuk mempelajari budaya, sejarah dan memberikan apresiasi pada tokoh dan karakter dalam sejarah tersebut.

4. Bermain game yang tepat dapat membantu anak menggerakan fisik

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

Beberapa game ada juga yang bertujuan untuk mengajak pemain untuk bergerak. Game dengan genre ini mempromosikan pemain untuk berinteraksi dengan tubuh mereka. Dengan membutuhkan pengendali sederhana dapat mengarahkan orang untuk melakukan aktivitas fisik di waktu bersamaan. Memang untuk game ini kebanyakan adalah genre olahraga. Mungkin ada juga yang berpendapat kalau anak masih lebih baik bermain di luar daripada bermain game. Hal itu ada benarnya juga, namun tujuan bermain game dengan genre ini adalah untuk menstimulasi minat anak untuk untuk bisa mencobanya di dunia nyata. Permainan olahraga yang melibatkan bola basket, tenis, atau bahkan skateboard dapat menyebabkan anak-anak berlatih keterampilan yang sama di luar ruangan.

5. Bermain game dapat meningkatkan fungsi otak untuk mereka yang sudah lansia

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

Game yang bisa mengasah otak melibatkan pemecahan masalah, memori, dan teka-teki telah terbukti memiliki manfaat positif pada pemain yang lebih tua. Dalam satu penelitian, hanya 10 jam bermain menyebabkan peningkatan fungsi kognitif pada peserta yang berusia 50 tahun atau lebih tua.

6. Bermain game dapat melatih membuat keputusan lebih cepat

Kita semua tahu kalau bermain game sangat dipengaruhi dengan tingkat CPU yang dimiliki oleh device si pemain. Semakin cepat CPU yang dimiliki, semakin mampu pula sebuah game tersebut mengambil informasi atau bereaksi dalam hitungan detik. Kualitas dalam permainan video game itu juga ditentukan oleh kemampuan si pemainnya. Karena informasi dalam video game itu terus menerus ditampilkan selama bermain, pemain dipaksa untuk beradaptasi dengan cepat. Dalam satu penelitian, pemain yang bermain game lebih banyak lebih cenderung cepat dalam bereaksi terhadap pertanyaan tentang gambar yang baru saja mereka lihat dibandingkan dengan mereka yang jarang bermain.

7. Bermain game dapat mengurangi stress

Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat bermain game setelah melakukan pekerjaan berat dapat menurunkan stress hingga 50 persen. Ini dikarenakan bermain game dapat merangsang orang untuk melepaskan otot-otot yang tegang. Sementara berpikir ketika bermain game menjadi sesuatu yang menyenangkan meskipun terkadang menjadi sangat berat. Namun bedanya ketika berpikir saat bermain game adalah tidak ada paksaan sama sekali. Beberapa game yang memiliki visual yang bagus juga bisa mengurangi stress semakin baik.

8. Bermain game dapat membantu mereka yang menderita autisme

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain dengan orang yang autisme dapat membantu peningkatan interaksi sosial bagi mereka. Bermain yang mengharuskan pemain menggunakan gerak tubuh telah terbukti membantu anak autis lebih terlibat dalam merayakan kemenangan dengan rekan-rekan mereka.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #games #manfaat #permainan
Share

Pilihan editor