“Mandi” Sambil Foto Underwater? 10 Pemandian Alam Solusinya

Spread the love

Berenang di wisata waterboom memang menyenangkan. Namun, hal itu nggak lebih menyejukan dibanding berenang di kolam pemandian alam. Bayangkan saja, tubuh kamu tenggelam ke dalam kolam yang masih perawan, dan bisa merasakan suasana sejuk di sekelilingnya. Syukur-syukur kalau airnya ternyata bening banget, kamu bisa sekalian difoto underwater. Kepengen, nggak? Ya pasti, lah! Untuk itu, kamu perlu bersyukur karena tinggal di Indonesia yang kaya akan wisata alamnya. Pemandian alamnya sendiri nggak susah kamu temukan. Buat yang mau liburan abis PPKM ini, catet aja dulu sepuluh pemandian alam cantik di Indonesia di bawah ini.

1. Lubuak Kudo, Padang

Kalau kamu mau liburan ke Padang, jangan lupa mampir ke Lubuak Kudo. Pemandian alam yang satu ini masih sati kawasan dengan Lubuak Tampuruang. Lokasinya memang “agak pelosok”, sehingga kamu harus rela menelusuri kebun durian dan rambutan milik warga setempat. Namun, setelah sampai disana, kamu pasti nggak sabar buat langsung nyebur. Kamu bakal disuguhkan dengan dua air terjun yang bertingkat. Nah, sambil berenang, kamu juga bisa sambil melihat ikan-ikan cantik disana.

2. Pemandian Alam Lori Lubuak Minturun, Padang

Pemandian alam ini juga masih terletak di Padang, tepatnya di Lubuak Minturun, Kecamatan Koto Tangah. Pemandian ini berasal dari aliran sungai batang kandis, yang mana jika dilihat air tersebut masih tergolong jernih. Nama Lori disematkan pada pemandian tersebut karena karena adanya kereta gantung mini yang dibuat sejak zaman kolonial. Siapa saja bisa berenang di pemandian ini. Nggak ada htm untuk bisa menikmati keindahan alam disini. Bisa datang kapan aja!

3. Pemandian Alam Sumber Kemado, Pasuruan

Selanjutnya ada pemandian alam Sumber Kemado di Desa Sumberrejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Tidak seperti tempat lainnya, pemandian ini dikemas dalam bentuk seperti kolam renang. Namun, airnya tentu saja tanpa tambahan kaporit. Sumbernya tak lain dari mata air di akan pohon Kemado.

Daya tarik pemandian in ibukan hanya sumber airnya saja. Masyarakat setempat percaya bahwa air tersebut bisa menyembuhkan sakit tulang. Jadi, kamu yang punya masalah kesehatan ini, bisa banget coba berendem di Sumber Kemado ini, apakah airnya benar-benar berkhasiat?

4. Pemandian Sumber Mata Air Jenon, Malang

Kamu yang berencana traveling ke Malang, mampir juga ke Pemandian Sumber Jenon. Kamu dijamin betah mandi disini karena airnya sangat jernih. Saking jernihnya, kamu bisa banget foto underwater, dan hasilnya pasti Instagenic. Sumber mata air pemandian ini nyatanya berasal dari pegunungan di kaki Gungun Ronggo. Kondisi alam di sekitarnya juga masih asri dan alami. Susah rasanya kalau pengen ngerasain panas saking sejuknya :D. Btw,  disini juga ada fosil akar pohon raksasa yang bisa dilihat dari permukaan. Duh, penasaran nggak sih sebening apaaa…

5. Sumber Air Sirah, Gondanglegi, Malang

Pemandian Sumber Mata Air Sirah juga menjadi lokasi favorit untuk bermain air dan mengambil gambar underwater. Kalau dilihat dari gambarnya, airnya sangatttt jernih. Untuk itu, nggak heran kalau tempat ini selalu penuh dengan anak-anak muda demi tren kekinian berfoto di bawah air. Buat kamu yang nggak bisa ngambang saat berenang disini, nggak perlu khawatir. Pihak pengelola sudah menyewakan pelampung, jadi kamu bisa lebih enjoy beraktivitas di kolam ini. Udara di sekitarnya juga sejuk, jadi dipastikan kamu bakal betah berlama-lama disini.

6. Pemandian Alam Sejuk, Siantar

Pemandian Alam Sejuk atau yang biasa disebut PAS ini sering menjadi incaran wisatawan. Airnya sendiri bersumber dari mata air, jadi nggak heran kalau terlihat jernih. Suasana di sekitarnya juga menyejukan karena pemandian ini dikelilingi oleh pepohonan. Buat kamu yang udah puas berenang di pemandian ini, bisa banget melipir ke wahana flying fox yang disediakan di area wisata ini. Udah kayak paket lengkap lah kalau dateng kesini.

Baca juga artikel menarik lainnya: 

7. Sumber Mata air Kali Reco Sumber Waras, Malang

Malang ternyata punya tempat pemandian lainna yang nggak kalah kece. Namanya Sumber Mata air Kali Reco Sumber Waras. Kolam yang satu ini menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung. Nggak heran karena airnya begitu sejuk dan jernih. Menariknya lagi, katanya kamu nggak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk bisa berenang sepuasnya disini. Maka, nikmat manakah yang kamu dustakan? 🙁 Namun, kekurangan dari tempat wisata ini adalah tidak adanya warung atau tempat makan sejenisnya. Jadi, mau nggak mau kamu harus bawa bekal dari rumah, ya.

8. Pemandian alam Sweembath, Simalungun

Sweembath atau Swimbath ini terletak di Nagori Naga Soppa, Kecamatan Bandar Huluan,  Kabupaten Simalungun. Berenang disini nggak bakalan kepanasan karena kamu terlindungi oleh pepohonan hijau yang besar. Meski bersumber dari mata air, pemandian ini ditata seperti kolam renang modern. Kamu yang nggak sanggup berenang di kolamyang terlalu dalam, silakan melipir ke kolam yang dangkal. Tapi kalau nekad dan mau uji nyali, ada baiknya sewa pelampung dulu.

Kolam renang Sweembath ini sudah berdiri sejak Pemerintahan Hindia Belanda. Kolam ini dulunya digunakan oleh mereka untuk berenang atau sekedar beristirahat menikmati pemandangan sekitar.

9. Blue Lagoon, Sleman Yogyakarta

Yogyakarta juga punya tempat pemandian alam hits, tepatnya di Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman. Blue Lagoon ini menjadi incaran anak-anak muda karena tempatnya yang Instagrammable. Apalagi kalau bukan airnya yang begitu jernih. Belum lagi suasana sejuknya yang bikin ogah buat beranjak dari kolam. Untuk itu, pastikan kamu dateng bareng-bareng biar pengalaman mandi di air jernih in makin seru. Unggah juga foto underwaternya di medsos biar semakin banyak orang yang tahu kalau Kota Gudeg ini punya hidden gem!

10. Kedung Pedut, Kulonprogo

Selain Blue Lagoon, ada juga Kedung Pedut juga bisa jadi alternatif pemandian alam lainnya di Jogja. Sambil berenang, kamu bisa menikmati cantiknya air terjun dan suasana alamnya yang masih asri. Yang menjadi daya tariknya adalah airnya yang terdiri dari dua warna, tosca dan putih. Mungkin tidak terbayang bagaimana rupanya. Coba aja liat gambar di atas, atau bisa langsung gas kesana kalau pandemi udah mulai melandai. Kapan lagi nyobain surganya dunia?

Itulah sepuluh pemandian alam cantik yang ada di Indonesia. Meskipun namanya tempat pemandian, bukan berarti kamu bawa alat mandi terus sampoan, ya. Btw, kamu lebih tertarik pergi kemana dulu?

Berikan komentarmu