Share this
Share

4 shares

Makna Kebahagiaan dan Pengalaman Yang Lebih Berharga Daripada Uang

3 June 2017

Hidup itu paradoks. Kita ingin menjadi kaya, tapi kita tidak mau menghabiskan waktu kita untuk bekerja mencari uang. Kita ingin banyak uang, tapi kita menjalani hidup seolah-olah kita tidak membutuhkannya. Kita ingin melihat dunia, tapi tidak melakukan usaha untuk melihatnya.

pengalaman-itu-lebih-berharga-daripada-uang-12

Itu adalah perubahan terus-menerus dalam sisi liar kita, ambisi yang tulus dari dalam diri manusia yang ingin selalu mendapatkan uang demi menjaga hidupnya terlepas dari kengkangan. Seperti tarik tambang antara keinginan kita untuk menjadi kaya dan keinginan kita untuk menjadi bebas.

Pada kenyataannya kita tak bisa memiliki keduanya. Secara sadar kita tidak bisa melakukan apa yang kita inginkan, kapanpun yang kita inginkan, tanpa uang. Kita tak bisa melihat dunia tanpa harus merasakan keterkurungan terlebih dahulu. Kita tidak bisa melihat padang rumput yang hijau bila tidak memotongnya terlebih dahulu.

Tidak ada kehidupan yang datang secara bebas. Setiap orang harus membayar apa yang menjadi jalannya, keinginan orang yang berada di jalan itu. Bagaimana kita memutuskan bagaimana membayar jalan tersebut, akan mendefinisikan siapa kita.

Ada mereka yang mengusahakan keinginan mereka untuk meraih sesuatu yang lebih baik, dan mereka yang melakukannya, namun melupakan mengapa mereka melakukannya. Mereka orang-orang yang terjebak dalam perlombaan, merantai diri mereka begitu kuat dalam sebuah roda putaran yang mana membuat mereka lupa kalau mereka bisa turun kapan saja.

Mereka selalu dipusingkan oleh barang-barang, yang mana selalu menginginkan yang lebih baik, yang lebih hebat, dan tertahan karena hasrat tersebut yang mereka coba dan membeli sesuatu yang membuat diri mereka bahagia. Karena mereka tidak bisa melakukan apa yang mereka inginkan, mereka membeli sesuatu hanya untuk mengisi kekosongan.

Begitu mudah menjadi terjebak di dalam semuanya, begitu mudah melupakan untuk apa kita bekerja dan menjadikan pekerjaan itu menjadi kehidupan kita. Begitu mudah melupakan apa gunanya itu semua, untuk melupakan kenapa kita bekerja yang paling penting.

Kamu harus ingat kenapa kamu bekerja begitu keras untuk mendapatkan uang, dan untuk apa uang itu akan digunakan dari awal. Yaitu, untuk mencari kehidupan. Ingatlah kalau kamu ingin melihat dunia, merasakan semua kesempatan dan mencoba semuanya yang pernah ditawarkan oleh dunia.

pengalaman-itu-lebih-berharga-daripada-uang-10

Kita ingin hidup yang penuh dengan kehidupan, kehidupan yang pantas untuk dibicarakan, pantas untuk diingat. Kita ingin menjadi bebas, benar-benar bebas dari seseorang yang selalu mengatakan padamu apa yang harus dilakukan dan dimana melakukannya. Uang itu bukanlah tujuan atau harta kartun. Uang hanyalah sebuah langkah untuk mencapai kebebasan.

Silhouette of the man with a backpack against the dark sky

Tujuan utama dalam dunia adalah melihat dunia. Hal yang dilakukan dengan menggunakan uang untuk melihatnya, untuk menjalani hidup dalam bentuk dasar. Untuk merasakan segalanya yang berada di luar sana dan mengerti apa yang benar-benar berarti untuk hidup.

Itu hal yang bisa dibayar dengan cara keluar dari kenyamanan yang mengetahui kalau kamu adalah sang pemimpin hidup ini untuk sebuah tujuan kesempatan yang akan dialami.

pengalaman-itu-lebih-berharga-daripada-uang-7

Hidup ini bukan tentang barang-barang yang telah kamu kumpulkan atau berapa jumlah uang yang kamu simpan. Tapi hidup ini adalah bagaimana kamu hidup tanpa hal-hal tersebut.

Tidak ada rantai yang kuat daripada apa yang kamu kumpulkan, nikmati dan yang kamu simpan. Itulah yang membuatmu terbelenggu di posisi kamu berada. Perasaan yang membuatmu berpikir kalau kebahagiaan terletak hanya pada benda mati daripada di sebuah pengalaman hidup, momen, dan hal-hal lain yang mana tidak akan ada habisnya.

Hal sepele yang tetap membuatmu terpenjara, yaitu rasa keinginan yang kuat untuk memiliki lebih dan mendapatkan apapun.

pengalaman-itu-lebih-berharga-daripada-uang-5

Karena hal terhebat yang kamu dapat usahakan adalah kepuasan. Hidup dengan mengetahui kalau kamu tidak membutuhkan apapun selain apa yang kamu miliki saat ini adalah sebuah bukti kalau apa yang kamu raih saat ini adalah hal yang paling utama dalam hidup di masa mendatang.

Memiliki sesuatu yang tidak kamu butuhkan hanya akan menambah beban hidupmu yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dan meninggalkannya adalah hal yang tersulit. Dan kemudian, kamu berpikir tentang apa yang kamu tinggalkan di belakangmu melainkan melihat apa yang ada di depanmu.

Orang-orang mungkin akan berpikir bahwa kamu pernah kaya, namun mereka takkan memberikanmu cinta untuk itu. Mereka tidak akan tersenyum saat mereka berpikir tentang semua uangmu yang berada di bank. Mereka tidak akan menangis kenapa kamu kehilangan barang yang kamu punya atau sesuatu yang pernah kamu banggakan. Mereka akan menangis karena siapa dirimu dulu dan apa yang kamu lakukan untuk mereka.

Mereka akan mengingat orang macam apa kamu dulu, semuanya yang kamu alami, seagalanya yang kamu telah lihat. Mereka akan bicarakan tentang hal yang kamu cintai dan orang-orang yang masuk dalam hidupmu. Mereka akan ingat semua tempat yang kamu kunjungi, cerita lucu yang kamu ceritakan pada mereka dan kejadian yang dialami bersama.

Menjadi kaya berlangsung bertahun-tahun, tapi menjadi berkualitas butuh seumur-hidup.

Pengalaman takkan pernah hilang atau rusak. Semua hal yang memiliki label harga dalam hidup, dapat dibeli dan dijual kembali, tapi bukan sesuatu yang dapat terus tinggal bersamamu. Barang-barang dapat rusak, hancur, dan hilang. Menempatkan sejumlah kebahagiaan dalam benda mati adalah memberikan dirimu kesempatakan untuk tidak siap kehilangan barang itu, dan saat barang itu hilang, itu berarti kehilangan kebahagiaan yang pernah kamu tanam bersamanya.

Dan hal terakhir yang tinggal bersamamu adalah perasaan, kenangan dan waktu-waktu patut dikenang. Tak perlu sejumlah uang atau barang untuk melakukannya.

Mungkin kamu dapat membayar untuk rumah mewah dan mobil mewah. Tapi barang-barang itu takkan pernah membuat dirimu aman atau membantu mengendalikan emosi dalam hidup. Karena pada akhirnya, benda tetap menjadi benda. Tidak ada yang abadi.

Kebahagiaan yang kamu rasakan pada barang-barang tersebut hanyalah sementara. Semakin banyak kamu kumpulkan, semakin tinggi tingkat toleransimu terhadap barang tersebut. Seperti pecandu, kamu akan membeli apapun, tapi tak merasakan apapun.

pengalaman-itu-lebih-berharga-daripada-uang-11

Kebahagiaan adalah suatu keadaan. Kebahagiaan takkan pernah menjadi sesuatu yang dapat ditukar, dibeli, dijual atau dimusnahkan. Sebuah keadaan sadar bahwa tidak memiliki apapun dapat membuatmu bahagia, yang mana mempelajari bahwa ketiadaan dari barang-barang tersebut, justru disitulah terletak kebahagiaan.

Berikan komentarmu

Related articles

Share

Pilihan editor