Makan Enak dan Murah di 10 Wisata Kuliner Jogja Ini, Yuk!

Spread the love

Yogyakarta, nama daerah yang setidaknya terselip dalam pikiran saat memutuskan untuk liburan. Kota Gudeg yang satu ini memang bisa membuat siapa saja jatuh cinta. Wisata alam dan budayanya begitu memikat hati, belum lagi kulinernya yang sangat memanjakan indera pengecap. Tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang ke Jogja untuk menikmati kulinernya yang terkenal enak dan murah. Katakan saja angkringan yang menyediakan aneka lauk seperti ayam, telur, jeroan, dan nasi kucing dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp 5 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan nasi, lauk pauk, dan air minum gratis. Selain angkringan, wisata kuliner Jogja lainnya juga banyak diincar oleh wisatawan. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Wisata Kuliner Jogja: Mie Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek, Salah Satu Kuliner Wajib saat Kamu Liburan di Jogja
via travelagent.co.id

Mie yang satu ini dinamakan lethek atau kusam karena tampilannya memang kurang menggugah selera alias kurang menarik. Meski begitu, kamu jangan meragukan rasanya. Mie yang terbuat dari tepung tapioka ini rasanya mantep banget, dan menurut bebgerapa wisatawan rasanya mitip bakmi jawa godog.

Mie Lethek Mbah Mendes ini tidak masuk kategori legendaris karena baru didirikan pada tahun 2014. Lagi-lagi, rasanya nggak mengecewakan. Mie yang satu ini dihidangkan bersama beberapa sayuran seperti loncang, sledri, wortel, serta tambahan telur, dan daging ayam kampung. Agar rasanya gurih, kuah yang digunakan terbuah dari kaldu ayam kampung. Bahan-bahan yang digunakan rendah gula dan tidak memakai bahan pengawet serta bumbu penyedap. Mantap, ya!

Alamat : Dusun Sarirejo, Kelurahan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman.
Jam Buka : Setiap hari, 08.00 – 22.30 WIB.
Harga: Kurang dari Rp 50 ribu

2. Nasi Rames Demangan

Nasi Rames Demangan - Pejalan
via pejalan.id

Makanan khas Jogja lainnya ada Nasi Rames Demangan. Hidangan yang satu ini bisa kamu temukan di warung tenda yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Kamu bisa memilih beragam menu lezat disini, mulai dari lauk sambal teri, kering tempe, sayur lodeh, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Menariknya, kamu juga bisa memilih isi sayur lodeh yang ditawarkan mulai dari labu siam, nangka muda, dan kacang panjang. Campuran kuah santan dan bumbu pedasnya membuat rasanya semakin memanjakan lidah. Kalau kamu nggak suka pedas, tapi ingin menyantap hidangan ini, cukup tidak memesan sambal terinya, ya.

Alamat : Jalan Demangan, Gejayan, di depan apotek Ardi Farma.
Jam Buka : Setiap hari, buka dari jam 21.00 hingga habis.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 30.000

3. Wisata Kuliner Jogja: Soto Batok Mbah Karto

Jajan Jogja: 2018
via jajanjogjaa.blogspot.com

Pencinta soto wajib banget merapat ke Soto Bathok Mbah Katro Jogja. Ciri khas dari makanan soto ini adalah penyajiannya yang dituang di dalam bathok atau tempurung kelapa. Sambil menikmati hidangan, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan sawah asri yang ada di sebelah selatan.

Isian soto tersebut terdiri dari aneka toping. Mulai dari tauge, potongan daging sapi, cincangan daun seledri, dan taburan bawang merah goreng. Kuahnya menggunakan kaldu sapi yang rasanya sangat gurih. Kalau kamu ingn rasanya lebih segar, bisa banget nambahin jeruk limau, ya.

Alamat : Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Jogja.
Jam Buka : Setiap hari, pukul 06.00-16.00.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 30.000

4. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon, Sensasi Menikmati Gudeg di Dini Hari
via njogja.co.id

Gudeg pawon termasuk kuliner Jogja legendaris yang didirikan pada tahun 1958. Hidangan yang satu ini begitu digemari karena cara pengolahannya yang masih tradisional. Untuk memasak gudegnya sendiri, mereka masih menggunakan tungku kayu bakar. Rasanya tentu saja akan berbeda dengan gudeg yang dimasak di atas kompor.

Yang lebih menarik adalah cara pemesanannya. Tidak seperti rumah makan pada umumnya, pengunjung harus masuk ke pawon atau dapur untuk mengambil hidangan tersebut. Kamu bisa makan ditempat atau dibungkus saja. Unik, ya?

Alamat : Jalan Janturan no. 36 Umbulharjo, Yogyakarta.
Jam Buka : Setiap hari, pukul 22.00 – 24.00.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 30.000

5. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong Habiskan 20-30 Ekor Kambing Sehari
via Jetrani Reza Dias/d’traveler

Bosan dengan sate bumbu kacang? Sebaiknya cobain cita rasa sate baru di Sate Klatak Pak Pong. Sate yang satu ini hanya dibumbui oleh garam dan merica saja. Selain itu, tusuk sate yang digunakan pun menggunakan baja ruji sepeda motor. Pasalnya, bahan tersebut dinilai bisa membuat daging lebih empuk dengan kematangan yang merata. Daging yang digunakan adalah sate kambing dengan potongan yang cukup besar. Jadi, memesan dua tusuk sate saja sudah bikin perut kenyang, lho! Disini juga menyediakan menu lain, yaitu tongseng dan nasi goreng kambing. Bisa banget nih buat dibekel ke hotel!

Alamat : jalan Imogiri timur Km 10, Wonokromo, Bantul, Yogyakarta.
Jam Buka : Setiap hari, mulai 10.00 – 23.59
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

6. Wisata Kuliner Jogja: Oseng Mercon Bu Narti

5 Oseng Mercon Paling Populer yang Patut Kamu Sambangi Saat Berkunjung ke Jogja | YuKepo.com
via thetravellist.net

Oseng Mercon Bu Narti disebut-sebut sebagai pelopor oseng-oseng di Jogja. Rasanya usah ditanya. Enak banget, apalagi ditambah dengan nasi hangat yang asapnya masih mengepul. Namun, kamu harus rela waiting list karena yang mau makan disini ngantri bangeeet!

Warung yang satu ini menjadi magnet tersendiri bagi para pencinta makanan pedas. Daging koyoran yang dikucuri oleh cabai yang banyak sudah tentu membuat mulut kamu meledak. Jadi, nggak heran kalau warung ini dinamakan Mercon yang konon adalah pemberian dari Cak Nun. Selain itu, ada menu lainnya yang bisa kamu nikmati, diantaranya ada ayam goreng, ayam bakar, lele, burung dara, bebek, puyuh, babat, rempelo ati dan lain-lain.

Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta.
Jam Buka : Setiap hari, mulai 17.00 -23.59 WIB.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

7. House of Raminten

The House Of Raminten, Warung Makan Bergaya Jawa Kuno Yang Wajib Dikunjungi | NiagaTour
via niagatour.com

House of Raminten menyediakan makanan tradisional yang dikemas dengan cara yang elegan. Rumah makan yang satu ini menyediakan aneka menu tradisional Yogyakarta, mulai dari tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Bangunannya pun bisa dikatakan lebih dari kata Instagrammable. Di bagian luarnya, kamu bisa kereta kuda, sedangkan di dalamnya dirancang dengan desain arsitektur jawa dengan wangi khas dupa. Menikmati hidangan disana akan terasa menenangkan karena rumah makan ini diiringi oleh gamelan gending jawa.

Yang lebih menarik adalah pakaian para pelayan di rumah makan ini. Merka mengenakan pakaian khas berupa kemben jawa. Untuk memanggilnya saja kamu nggak perlu bersuara. Cukup membunyikan kentongan yang tersedia di atas meja, dan pelayan akan langsung menghampiri kamu. Di daerah kamu ada yang kayak gini nggak?

Alamat: Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta.

Jam buka: 24 jam.

Harga: kurang dari Rp 30 ribu.

8. Bong Kopitown

Bong Kopitown, Resto Dengan Suasana Penjara, Pramusajinya Pun Berbaju Narapidana - Tribunnews.com Mobile
via TRIBUN JOGJA/ HAMIM THOHARI

Berburu wisata kuliner hits di Jogja? Datang saja langsung ke Bong Kopitown. Wisata kuliner Jogja yang satu ini mengusung konsep penjara. Mulai dari bangunannya yang merupai penjara, sampai ruangannya yang dilengkapi dengan jeruji besi. Uniknya, waiter disini berperan sebagai narapidana, sedangkan petugas kasir berperan sebagai sipir penjara.

Disini, kamu bisa menikmati aneka hidangan, mulai dari kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Menunya pun ditulis dalam selembar ‘koran’, lengkap dengan sejarah berdirinya rumah makan.

Alamat: Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta.

Jam buka: 10:00 – 24:00

Harga: kurang dari 30 ribu.

9. Wisata Kuliner Jogja: Mie Telap 12

Mie Telap 12
via riaumandiri.co

Tampilan dari Mie Telap 12 ini dijamin menggugah selera. Pasalnya, mie yang satu ini disajikan persis dengan gambar yang ada di bungkus mie instan. Misalnya, jika kamu memesan mie sambal matah, kamu akan mendapatkan sambal matah lengkap dengan topping lainnya seperti ayam dan telur. Sajian tersebut ditata persis seperti bungkus dari mie instan tersebut. Selain itu, ada juga hidangan milkshake dan soda float yang membuat santapan semakin lengkap. Ngiler?

Alamat: Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

Jam buka: 12:00-22:00 WIB

harga: Dibawah Rp 50 ribu

10. Pecel Pasar Beringharjo

Nasi Pecel Pasar Beringharjo | makanan khas jogja yang enak | kuliner indonesia 2020 #streetfood 33 - YouTube
via Youtube/Bang Choky Simatupang

Pasar Beringharjo dikenal sebagai pasar legendaris di Yogyakarta. kamu bisa membeli berbagai jenis barang disini, termasuk berburu kuliner jogja. Wisatawan biasanya menyerbu pasar ini di pagi hari untuk sarapan. Disini ada pecel, sego empal, hingga sate kere yang gurih. Penjual makanan tradisional juga berjejer, salah satunya ada ‘Pecel Senggol Beringharjo’. Nama Pecel Senggol sesuai dengan situasi di pasar ini, yang mana pengunjung yang ramai dan lokasi yang padat membuat siapa saja harus rela bersenggolan saat mencicipi pecel ini.

Alamat : Jl. Margo Mulyo Jalan Jendral Ahmad Yani, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta
Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 06.00 – 15.00.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 30.000

Berikan komentarmu