via kolase Tribunnews

Mahasiswa Dibuat Kapok di 6 Tempat KKN Paling Horor Ini

Spread the love

KKN adalah salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang sangat ditunggu-tunggu mahasiswa. Pasalnya, program yang satu ini bisa memberikan pengalaman yang sangat berharga salah satunya cinta lokasi. Namun, dibalik serunya program KKN, sebagian kelompok mahasiswa pernah mengalami kejadian mistis. Sebut saja peristiwa KKN di Desa Penari. Cerita ini begitu viral saat dikisahkan melalui thread Twitter pemilik akun @simpleM8138523. Saking boomingnya, cerita tersebut bahkan sampai eksis di dunia per-youtuban, hingga beberapa Youtuber membuat konten ulasan dan klarifikasi dari kisah ini. Selain cerita KKN Desa Penari, ada beberapa tempat KKN paling horor yang juga menyimpan banyak misteri. Apa aja? Langsung aja kepoin ceritanya di bawah ini.

1. Tempat KKN Paling Horor: Malang

via Youtube.com/Do You See What I See

Tempat KKN paling horor pertama ada di Malang. Kisah mistis KKN ini diceritakan melalui Podcast Spotify Do You See What I See. Saat itu, sekelompok mahasiswa ditugaskan untuk KKN di Malang. Singkat cerita, dua orang mahasiswa perempuan harus keluar dari pondokan untuk mengambil uang di ATM menggunakan sepeda motor. Di perjalanan, tidak ada sesuatu hal yang mengganggu. Namun, saat perjalanan pulang, mereka melihat sosok mengerikan dengan balutan kain putih yang kotor. Karena merasa diperhatikan, si sosok itu langsung loncak dan sontak dua perempuan itu teriak histeris.

Tidak hanya itu, mereka juga malah diganggu sesampainya di pondok. Mereka sering mendengar suara-suara ketukan pintu yang seolah meminta untuk dibukakan. Kata pemilik rumah tersebut, jika ada yang sudah melihat penampakan penunggu disana, mereka otomatis akan diganggu. Kamu pernah ngalamin kayak gini?

2. Kaki Gunung Bogor

ilustrasi via instagram @gunturrudy

Cerita horor KKN lainnya datang dari narasumber Pernanda. Saat itu, ia berstatus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi di Tangerang Selatan. Ia dan rekan-rekannya ditugaskan KKN di kaki gunung Bogor (lokasi spesifiknya tidak disebutkan). Di hari pertama, mereka tidak merasakan keganjilan. Bahkan, mahasiswa KKN mengadakan ronda karena di tempat tersebut konon sering kemalingan.

Saat berjaga, Pernanda mendengar suara rintihan orang minta tolong di belakang rumah tempat ia meronda. Padahal, tidak ada siapapun disana. Karena takut, ia langsung masuk ke dalam rumah dan menceritakan hal tersebut pada teman-temannya. Setelah mendengar ceritanya, mereka menganggap kalau itu hanya gangguan hari pertama saja, yang mana kesananya nggak bakalan terjadi apa-apa.

Namun, ternyata gangguan itu terus berlangsung dari hari ke hari. Pernanda melihat bayangan orang yang berjalan di samping rumah yang menuju ke sawah. Setelah diperhatikan, tidak ada siapapun disana.

Setelah beberapa hari KKN disana, Pernanda dan kawan-kawannya baru ngeuh kalau dibelakang rumah itu ada kuburan, tepatnya berjumlah sepuluh makam saja.

Mengetahui fakta tersebut ternyata tidak membuat Pernanda dan kawan-kawannya menjadi berani. Mereka masih saja ketakutan saat mendengart  suara orang minta tolong atau ketukan di pintu saat tengah malam. Puncaknya, ada salah satu peserta KKN yang kesurupan. Sebut saja namanya Mira. Mengerikannya lagi, dia kesurupan tujuh hari berturut-turut. Ia selalu ‘jadi’ setiap habis asar sampai menjelang tengah malam.

Akibatnya, program KKN menjadi terhambat. Orang pintar sudah didatangkan, tapi si Mira ini tidak kunjung sembuh. Namun, akhirnya ia bisa sadar seperti semula setelah diobati oleh Abah si juru kunci gunung. Abah langsung meminta orang tuanya datang.untuk membawa Mira pulang meski KKN belum selesai. Meski Mira sudah pulang, gangguan bukan berarti berhenti sampai situ saja. Peserta KKN lainnya masih sering diganggu oleh penunggu rumah itu. Konon, rumah tersebut pernah ditinggali oleh seorang anak yang meninggal karena sakit. Setelah itu, rumah dibiarkan kosong dalam kurun waktu yang lama. 

3. Tempat KKN Paling Horor: Desa Long lanuk, Berau, Kalimantan Timur

via twitter.com/RangerMeyah

 

Tempat  KKN paling horor lainnya ada di desa Long Lanuk, Berau. Kisah ini diceritakan melalui thread akun Twitter @RangerMeyah. Ia dan kawan-kawannya–yang berasal dari Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, kebagian KKN di Desa Long Lanuk, Berau.

Si Rangermeyah dan sembilan teman lainnya menginap di rumah Nenek Bulan. Di sekitar tempat tinggal penduduknya masih sepi dan berupa hutan lebat. Bahkan disana juga pasokan listrik masih terbatas, sehingga mereka sering gelap-gelapan untuk mengerjakan tugas.

Suatu waktu, mereka baru mengetahui bahwa anak nenek Bulan baru saja meninggal dunia. Mendengar hal itu, anak-anak KKN masih merasa biasa aja. Namun, lama kelamaan, peserta perempuan mulai merasa ketakutan dan gangguan satu per satu mulai terjadi.

Peserta KKn bernama Holis pergi ke dapur dan sontak kaget usai melihat sekelebat bayangan putih masuk ke dalam kamar. Setelah dicek, ternyata di kamar tersebut tidak ada siapa-siapa, dan teman-temannya sudah tidur di ruang utama.

Menariknya, penampakan tersebut juga dilihat oleh beberapa peserta lain. Tak tahan dengan gangguannya, akhirnya mereka mengadakan pengajian. Perlahan, gangguan tersebut mulai menghilang bahkan nyaris tidak ada. Namun, gangguan tersebut muncul lagi kalau mereka lalai membaca Al-Qur’an. Beberapa gangguan yang muncul seperti ada sosok yang mengintip di depan pintu, menangis di kolong meja, suara langkah kaki, dan sosok yang suka menjatuhkan barang-barang.

Konon, rumah tersebut memang ada penunggunya. Bahkan nenek Bulan sendiri tidak pernah tidur disana saat malam hari. Untuk itu, pak kepala desa memberi penangkal berupa ujung daun kelapa dan bulu bebek yang ditaruh di setiap sudut rumah.

4. Desa Leuwigoong, Garut

via Youtube.com/Do You See What I See

Kisah mistis saat KKn juga terjadi di daerah Leuwigoong, Garut. Saat itu, ada satu peserta mahasiswa KKN bernama Ica yang perilakunya sangat aneh. Kelakukannya menjadi begitu berbeda semenjak ia dan teman-temannya KKN di Leuwigoong. Menurutu beberapa saksi, si Ica ini suka ilang-ilangan. Misalnya, saat temannya melihat ia masuk ke kamar, ternyata dia lagi ada di kamar mandi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang, bahkan Ica selalu merasa tidak enak badan saat subuh.

Suatu malam, semua anak KKN tidur di ruang TV. Salah satu dari mereka tiba-tiba melek dan melihat Ica jalan ke kamar mandi belakang. Namun, temannya yang masih melek ini malah nggak bisa bergerak sama sekali. Tiba-tiba, dia melihat sosok pocong di atasnya yang jaraknya cuma 10 cm dari muka dia. Karena nggak bisa bergerak dan teriak, ia malah saling tatap-tatapan dengan pocong tersebut (kocak apa ngeri sih ini). Akhirnya dia bisa gerak dan pocong itu hilang.

Karena banyaknya kejadian ganjil, dosen pembimbing mereka akhirnya memulangkan mereka. Namun, hanya Ica yang menolak dan ia malah teriak, “Anak ini tidak boleh keluar dari sini.”

Akhirnya pak ustadz menolong Ica hingga ia kembali normal. Menurut pengakuan Ica, selama ini ia merasa tidak kemana-mana dan merasa tidak ada satupun temannya yang peduli.

5. Tempat KKN Paling Horor: Sukabumi

Sukabumi juga menjadi salah satu tempat KKn yang dinilai punya cerita mistis. Saat itu, Mawar (nama samaran) dan teman-temannya kebagian KKN di sebuah daerah di Sukabumi.

Suatu malam, Mawar dikagetkan dengan teriakan salah satu temannya yang bernama Azizah dengan mata terbelalak. Azizah yang sudha nggak karuan jelas membuat teman-teman yang lainnya jadi ketakutan. Konon, dia kesurupan dan akhirnya sembuh setelah diberi doa oleh peserta yang lain.

Setelah kejadian mengerikan itu, semua orang menjadi ketakutan dan sering melakukan kativitas secara bersama-sama. Suatu hari, Azizah pergi ke kamar mandi sendirian dan dirinya kesurupan lagi hingga pingsan. Setelah sadarkan diri,  Azizah mengaku dirinya melihat makhluk yang tinggi besar dengan kaki berbulu lebat.

Selain itu, ada juga beberapa hal ganjil yang terjadi. Salah satunya adalah paku-paku yang berserakan di lantai. Walaupun sudah dibuang, paku-paku tersebut malah muncul kembali. Mawar bahkan sering mendengar suara-suara misterius. Misalnya, saat ia mencuci piring, ia menyetel musik dengan volume paling keras agar tidak sepi. Namun, Mawar malah mendengar suara kakek-kakek berdehem.

6. Lombok

ilustrasi via monitorriau.com

Tempat KKN yang nggak kalah seram lainnya ada di Lombok. Lokasinya tidak dijelaskan secara spesifik, namun kabarnya ada di desa di Lombok Timur. Kisah misitis ini dialami oleh Septyan Bayu Anggara. Awalnya, ia tidak merasakan hal-hal ganjil di rumah pondokan. Namun, si pemilik rumah tiba-tiba menegur salah seorang teman mereka karena menjemur di berugak (semacam saung) di belakang rumah. Katanya, nanti penunggu disana bakalan marah.

Di sisi lain, ada suatu peristiwa mengerikan yang disaksikan semua peserta KKN. Saat mereka sedang membahas tentang program kerja, salah satu temannya bernama X tiba-tiba terdiam. Ia kemudian perlahan tersenyum dengan suara yang berat, lalu menyeringai dan berteriak seperti macan. Peserta yang lain tentu saja ketakutan. Sontak, mereka langsung memegangi tangannya sebelum si X ini mengamuk. Matanya melotot tajam, suaranya semakin berat seperti laki-laki. Akhirnya, si X sembuh setelah dibcakan doa-doa.

Kejadian seperti itu terjadi berulang-ulang. Bahkan, ustadz yang menanganinya pun menyerah. Namun, setelah KKN selesai, si X ini tidak lagi kesurupan.

Itulah enam tempat KKN paling horor yang jadi pengalaman buruk bagi beberapa mahasiswa. Kalau kamu juga punya cerita horor saat KKN, boleh cerita di kolom komentar, ya!

Berikan komentarmu