Share this
Share

shares

Pakar Sejarah Berhasil Menemukan Lukisan Yang Telah Lama Hilang Dalam Film "Stuart Little"

3 June 2017

Pakar Sejarah Berhasil Menemukan Lukisan Yang Telah Lama Hilang Dalam Film Stuart Little

Kebanyakan dari kita mungkin sudah tak asing lagi dengan film keluaran tahun 1999 ini, “Stuart Little”. Film yang terkenal lucu, menginspirasi dan cocok untuk dijadikan tontonan sekeluarga. Mungkin itu bagi kita para pecinta film dalam melihat sudut pandang sebuah film. Tapi berbeda ceritanya bila seorang pakar sejarah yang menonton film.

Gergely Barki adalah seorang pakar sejarah yang memperhatikan sesuatu dari dalam film Stuart Little dari sisi yang berbeda. Pada suatu hari, Barki menonton film Stuart Little dengan putrinya dan ia menyadari ada lukisan “Speeping Lady with Black Vase” karya seniman Hungaria, Robert Bereny dalam beberapa scene di film tersebut. Lukisan itu dipercaya telah lama hilang dan terakhir dilihat sekitar tahun 1928.

Setelah beberapa kali usaha menghubungi orang-orang yang bertanggung jawab dengan pembuatan film “Stuart Little”, pakar sejarah ini akhirnya menemukan clue bahwa ternyata lukisan itu telah dibeli dari seorang asisten desainer dalam film itu dan ia mendapatkannya dari toko barang antik seharga 500 dollar. Dan sejak saat itu, ia menggantung lukisan tersebut untuk set dalam film dan benar-benar tidak menyangka kalau lukisan itu sangat langka.

Pakar Sejarah Berhasil Menemukan Lukisan Yang Telah Lama Hilang Dalam Film Stuart Little

Barki mengubungi desainer tersebut dan mengatakan kebenarannya. Tentu saja desainer itu langsung terkejut tentang fakta dari lukisan yang telah ia dapatkan seharga 500 dollar itu. Si Desainer ini memutuskan untuk menjual lukisan itu ke kolektor, dan segera melakukan pelelangan pada Desember 2013.

Penawaran pertama dibuka dengan harga 110.000 dollar. Gergely Barki tentu tidak mendapatkan untung dari pencariannya yang detail namun untuk seorang pakar sejarah dan telah menulis buku tentang lukisan itu, tentu ia sudah memiliki kebanggaan tersendiri.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #film #lukisan #seni
Share

Pilihan editor