Share this
Share

2 shares

5 Lubang Misterius dan Spektakuler di Bumi, Seram Atau Menakjubkan?

3 June 2017

Fenomana alam tidak hanya terjadi di tempat dimana kita berdiri dan bekerja, namun juga ada dan nyata di lautan. Dan mungkin tempat-tempat inilah yang biasanya tidak biasa kita temui dan tak menyangka bahwa masih banyak fenomena alam yang membuat kita takjub akan kuasa-Nya. Berikut adalah fenomana alam lubang misterius dan aneh di dunia yang ditulis oleh Cerpin.com.

1. Bimmah Sinkhole, Oman

Lubang Misterius dan Spektakuler di Bumi bimmah sinkhole
Berada 6 KM dari kota Dibab. Oman. Turis yang berdatangan akan melihat langsung dan berpendapat bahwa lubang yang berada di dalam air tersebut adalah sebuah wisata yang indah dan seru. Bimmah Sinkhole sekilas terlihat seperti lubang biasa di tengah padang pasir.

Karena yang memang dulunya area ini terbentuk karena kejadian alam. Namun secara berangsur, lubang ini mulai padat terisi air. Warga setempat mulai berdatangan dan menjadikannya kolam renang alami. Dengan jarak yang curam menuju ke bawah, mereka membuatkan tangga agar turis yang datang semakin mudah untuk menjangkau kolam renang alami tersebut.

2. Dean’s Blue Hole, Bahama

Lubang Misterius dan Spektakuler di Bumi deans-blue-hole

Ketahuilah, Dean’s Blue Hole adalah lubang misterius berwarna biru yang terdalam di dunia dengan kedalaman lubang mencapai 202 meter atau setara dengan 663 kaki yang terletak di perairan laut lepas pantai barat Kota Clearance di Long Island, Bahamas.

Karena kedalamannya, lubang di dalam air itu seperti pintu masuk menuju langsung ke arah laut. Dean’s Blue Hole kini sudah menjadi kolam renang alami yang sering dikunjungi oleh pelancong di seluruh dunia.

3. Devil’s Sinkhole, USA

Lubang Misterius dan Spektakuler di Bumi devils-sinkhole-1

Sinkhole atau lubang yang tenggelam, adalah sebuah lubang misterius yang berada di dalam tanah yang terbentuk karena runtuhnya lapisan luar tanah. Kali ini bernama Devil’s Sinkhole atau lubang iblis karena tampilan luarnya yang seperti jurang curam ke dalam menuju gua kapur yang cukup besar dengan ukuran 12 x 18 Meter.

Devil sinkhole terletak di Texas, USA yang mana masuk ke dalam kawasan habitat alam yang dilindungi oleh department. Gua ini pertama kali ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1876. Yang paling menarik dari Devil’s Sinkhole adalah gua ini adalah tempat dari jutaan kelelawar Mexico yang hinggap selama bulan April hingga Oktober. Terlihat sekilas seperti markas Batman!

4. The Great Blue Hole, Belize

Lubang Misterius dan Spektakuler di Bumi the-great-blue-hole

The Great Blue Hole adalah lubang besar yang berada di lepas pantai Belize, Amerika tengah. Lubang misterius ini membentuk bulat sempurna dengan dimeter lebih dari 300 Meter, sekitar 984 kaki dan mempunyai kedalaman 124 Meter atau 407 kaki. The Great Blue Hole terbentuk karena peristiwa glasial pada jaman es, yaitu pelelehan es yang dimulai sejak jutaan tahun yang lalu hingga masa sekarang. Efek dari peristiwa tersebut adalah erosi dan penurunan material, perubahan sistem arus sungai dan perubahan tingkat air menjadi lebih rendah.

Menurut analisa, formasi bebatuan yang terdapat di dalam The Great Blue Hole telah berumur 153.000 tahun. Dan disaat tingkatan air berubah menjadi tinggi kembali, lubang yang terbentuk akibat erosi dan pelelehan es, menjadi ditutupi oleh air. Sampai saat ini, The Great Blue Hole adalah salah satu dari bagian BBRRS (Belize Barrier Reef Reserve System), yaitu deretan terumbu karang yang berada di perairan pantai Belize.
The Great Blue Hole juga dilindungi oleh UNESCO karena masuk sebagai salah satu situs peninggalan dunia.

5. Harwood Hole, Selandia Baru

Harwood Hole, Selandia Baru

Harwood Hole atau lubang Harwood, adalah sistem gua yang terletak di barat laut South Island di Selandia Baru. Gua ini merupakan satu dari beberapa sistem gua penting di dalam Takaka Hill yang berada di antara Golden Bay dan Tasman Bay. Bermula dari permukaan lubang memiliki diameter 50 meter dan turun ke bawah hingga mencapai 183 meter.

Namun Harwood Hole mempunyai kedalaman akhir hingga mencapai 357 Meter yang menjadikan gua ini memiliki sistem gua terowongan terdalam di Selandia Baru. Para penjelajah selalu membawa tali yang cukup panjang untuk menuruni gua ini karena menuruni gua ini dengan tingkat ketinggian tersebut adalah sesuatu yang ‘spektakuler’ bagi seorang penjelajah.

Baca juga artikel lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #alam #bumi #lubang #misterius
Share

Pilihan editor