Share this
Share

Share

shares

Liburan Bersama Anak Akan Lebih Seru dengan 5 Cara Ini

14 June 2020  Ajeng

Liburan menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan penat. Dengan menghirup udara segar di pegunungan atau menikmati pemandangan sunset di pantai, pikiran kita bisa menjadi lebih tenang dan segar. Berlibur tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga tercinta. Namun, sebagian dari kita mungkin belum terbiasa jika harus liburan bersama anak.

Anak-anak cenderung lebih aktif, sehingga liburan akan terkesan merepotkan. Jika dibayangkan, anak akan lari ke sana kemari dan berteriak-teriak karena terlalu excited. Lebih parahnya, anak bisa mengalami tantrum yang kemungkian besar bisa mengacaukan suasana liburan keluarga. Namun, ini tentu saja bisa diatasi dengan baik jika kita tau bagaimana cara mengatasinya.

Untuk menciptakan suasana liburan yang menyenangkan bersama anak, setidaknya ada lima cara yang bisa kita ikuti seperti ulasan di bawah ini.

1. Menentukan Destinasi Liburan Keluarga

Sumber: Dominica Roseclay @pexe;s.com

Salah satu hal penting yang perlu dicatat adalah menentukan destinasi liburan terlebih dahulu. Kita bisa mencari referensinya melalui media sosial maupun teman. Dengan demikian, kita bisa memilih destinasi wisata mana saja yang ramah untuk anak. Saat ini, wisata edukasi menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi. Selain bisa bermain, anak juga bisa menambah wawasannya dengan mengetahui dan mencoba hal-hal baru. Dengan begitu, rasa ingin tahu anak menjadi lebih besar, sehingga ia akan kaya akan pengetahuan.

2. Membawa Perlengkapan Sesuai Kebutuhan

Sumber: Ketut Subiyanto @pexels.com

Liburan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, sehingga kita bisa terlalu bersemangat saat mempersiapkan semua perlengkapannya. Saking semangatnya, kita seringklai lupa bahwa ada perlengkapan yang harus diprioritaskan. Siapkan terlebih dahulu perlengkapan anak seperti baju, obat-obatan, mainan, dan lain sebagainya. Setelah itu, baru kita kemas perlengkapan pribadi dan juga perlengkapan penunjang liburan lainnya.

Namun, membawa perlengkapan untuk liburan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kita ingin berlibur ke pantai, bawalah barang sesuai dengan kebutuhan saat di pantai, dan begitu seterusnya. Jangan membawa barang terlalu banyak agar kita tidak repot membawanya.

3. Membawa Camilan

Sumber: Gustavo Fring @pexels.com

Anak biasanya akan rewel jika perutnya dalam keadaan kosong. Ini tentu saja tidak bisa kita biarkan karena anak bisa mengalami tantrum yang hebat. Jika dibiarkan, suasana liburan pun akan chaos, dan mood kita menjadi tidak bagus. Oleh karena itu, selalu sedia camilan di dalam tas. Ini juga bisa dijadikan sebagai antisipasi jika tidak ada restoran atau cafe di sekitar tempat wisata. Selain itu, jangan lupa untuk membawa camilan kesukaannya agar si kecil lebih bersemangat saat beraktivitas selama liburan.

4. Sering Berkomunikasi dengan Anak

Sumber: Josh Willink@pexels.com

Saat memutuskan untuk liburan dengan anak, pastikan kita tidak sibuk sendiri. Liburan menjadi momen terbaik untuk menciptakan quality time, sehingga kita harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Ajaklah anak untuk mengobrol. Jika perlu, tanyakan apa saja yang ia lihat di sekitarnya, dan berikan pujian saat ia bisa menjawabnya dengan benar. Hal-hal sekecil ini bisa membuat liburan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan, khususnya untuk si kecil.

5. Berfoto Bersama

Sumber: https://familytravel.org/take-your-homeschool-on-the-road/

Aktivitas yang tidak pernah terlewatkan saat liburan adalah berfoto bersama. Pemandangan indah di sekitar objek wisata menjadi spot terbaik untuk dijadikan latar belakang. Oleh karena itu, ambilah beberapa foto bersama si kecil sebagai kenang-kenangan saat liburan. Untuk mendapatkan kesan yang berbeda, gunakan pose-pose unik seperti gaya seolah memegang matahari, gaya meminum air dari air terjun, dan masih banyak lagi. dengan adanya kenang-kenangan ini, si kecil tidak akan melupakan momen-momen berharga saat liburan.

Liburan bersama anak bisa jadi menyenangkan atau sebaliknya. Oleh karena itu, pastikan kita tahu bagaimana cara menciptakan suasana yang menyenangkan saat liburan.

Berikan komentarmu

Related articles

 #destinasi liburan keluarga #liburan anak #liburan seru #negara yag cocok untuk liburan anak #perlengkapan liburan #tempat liburan anak di indonesia
Share di whatsapp

Pilihan editor