Share this
Share

shares

Lautan Ini Terbelah! Tempat Samudra Atlantik Dan Laut Karibia Bertemu

3 June 2017

Pulau Eleuthera

Eleuthera adalah sebuah pulau di Bahamas, terbentang hingga 50 mil atau sekitar 80 km dari arah timur pulau Nassau. Pulau ini sangat panjang dan tipis dan dipisahkan oleh dua air yang bertemu yaitu Samudra Atlantik dan Laut Karibia. Dengan pemandangan spektakuler ini, pengunjung dapat melihatnya dari jembatan fenomena menarik yang mencengangkan ini. Inilah tempat dimana  air Samudra Atlantik yang berwarna biru tua bertemu dengan warna aqua dari laut karibia di bagian paling tertipis daripada pulau ini.

Selama berabad-abad, kedua air ini dipisahkan oleh jembatan batu alami antara pulau Eleuthera utara dan selatan. Kemudian pada tahun 1940an, badai yang besar menghancurkan jembatan batu ini. Kemudian jembatan beton pun dibangun sebagai pengganti. Selama beberapa dekade, jembatan beton itu tetap berfungsi dengan perbaikan berkala.

Tetapi pada tahun 1992 dan 1999 badai menyebabkan kerusakan signifikan pada jembatan itu. Setelah Badai Floyd tahun 1999, jembatan beton buatan itu hampir runtuh. Setelah diperbaiki lagi, jembatan itu bisa berfungsi kembali sekaligus mengubah geografi Eleuthera untuk selamanya. Bahkan setelah satu dekade, orang setempat tetap sibuk memperkuat garis pantai untuk membuka kembali aspal yang sudah terkikis parah. Meskipun indah namun tempat ini cukup berbahaya karena ombaknya yang ganas.

Asal tau saja, tempat ini sangat indah dan pilihan destinasi di Bahamas. Fenomena menarik dari pertemuan kedua air dari Samudra Atlantik dan Laut Karibia, sangat menarik untuk dilihat.

Pulau Eleuthera

Selama berabad-abad, inilah jembatan alami yang terbuat dari bebatuan yang menghubungkan dua pulau ini. Namun sayangnya jembatan itu tak bertahan sampai badai menghancurkan jembatan bebatuan tersebut.

Pulau Eleuthera

Pulau Eleuthera

Pulau Eleuthera Jembatan Batu

Meskipun jembatan batu sudah hancur, sudah ada jembatan penggantinya yang dibuat manusia dan sekarang dikenal sebagai Glass Window Bridge. Di jembatan inilah orang-orang bisa melihat jelas pertemuan antara kedua laut yang berbeda warna tersebut. Enak ya.

Pulau Eleuthera Jembatan Batu

Glass Window Bridge atau jendela kaca disebut sebagai “tempat tersempit di bumi” dan merupakan salah satu daya tarik paling populer di tempat ini. Dari jembatan pengunjung akan melihat Samudra Atlantik yang bertemu air pirus yang tenang di Laut Karibia.

disinilah-dimana-samudra-atlantik-dan-laut-carribean-bertemu-7

disinilah-dimana-samudra-atlantik-dan-laut-carribean-bertemu-8

disinilah-dimana-samudra-atlantik-dan-laut-carribean-bertemu-9

Tetapi orang harus berhati-hati ketika bepergian ke tempat yang indah ini. Glass Window Bridge dikenal memiliki gelombang ombak yang besar yang kadang muncul tak terduga. Sangat berbahaya apabila ada terkenda ombak, bisa-bisa terseret jatuh ke laut.

disinilah-dimana-samudra-atlantik-dan-laut-carribean-bertemu-10

disinilah-dimana-samudra-atlantik-dan-laut-carribean-bertemu-11

Mari berharap kita bisa pergi jalan-jalan ke tempt yang menawan ini. Share artikel ini ke orang yang pengen kamu ajak kesini.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #atlantik #caribbean #karibia #laut
Share

Pilihan editor

Secured By miniOrange