Share this
Share

shares

7 Kota Ini Punya Landmark Angker Yang Dipercaya Berhantu, Mau Cek?

11 August 2019

Jika biasanya kota-kota dikenal karena makanan, bahasa, atau budayanya, beberapa kota ini dikenal justru karena ikon bangunannya yang angker atau menyimpan kisah misteri. Rata-rata landmark angker tersebut memang sudah dibangun sejak zaman dulu dan tetap bertahan sampai sekarang, jadi tidak heran kalau banyak kisah seram yang menyelimutinya.

1. Semarang – Lawang Sewu

Kota Ini Punya Landmark Angker Yang Dipercaya Berhantu, Mau Cek?

Menyebut Lawang Sewu pasti membuat orang ingat tentang misterinya, juga ingat tentang Kota Semarang. Bangunannya megah, indah, namun juga angker. Keangkeran Lawang sewu memang menjadi salah satu identitas semarang. Bangunan yang dulunya adalah kantor administrasi kereta api ini memang menyimpan banyak kisah misteri. Dulunya Lawang Sewu juga sempat menjadi ruang penjara bawah tanah yang paling sadis dan kejam pada masanya.

Beberapa cerita seram yang muncul adalah suara teriakan dari sumur bawah tanah yang merupakan sumur tua. Sumur ini sebenarnya sudah tidak dibuka untuk umum dan dikunci. Konon para tentara Belanda banyak yang disiksa di sini oleh tentara jepang. Makhluk halus juga sering muncul di ruang utama Lawang Sewu.

2. Palembang – Jembatan Ampera

Kota Ini Punya Landmark Angker Yang Dipercaya Berhantu, Mau Cek?

Tidak sah rasanya berkunjung ke Kota Palembang kalau belum membeli empek-empek dan mampir berswafoto di jembatan Ampera yang ikonik. Landmark kota Palembang yang indah dan megah ini dibuat melintasi sungai Musi dan memiliki empat jalur yang tak pernah sepi.

Kepopuleran jembatan Ampera ternyata juga diiringi kisah mistis seperti buaya jadi-jadian yang kerap melintas, kuntilanak yang menumpang kendaraan, penampakan makhluk halus, hantu Banyu yang meminta tumbal, sampai naga yang membawa kabar bencana. Selain itu jembatan Ampera juga dikenal menjadi favorit tempat bunuh diri.

3. Bukit Tinggi – Jam Gadang

Kota Ini Punya Landmark Angker Yang Dipercaya Berhantu, Mau Cek?

Pernah mendengar jam Big Ben di Inggris? Jam Gadang di Bukit Tinggi memiliki mesin manual Brixlion yang sama dengan Big Ben. Kini hanya dua jam tersebut yang menggunakannya di seluruh dunia. Letaknya di pusat kota Bukit Tinggi dan merupakan menara dengan jam yang ukurannya sama besar di keempat sisinya. Jam ini dibangun sejak tahun 1826 dan merupakan hadiah dari Ratu Belanda untuk sekretaris kota setempat.

Cerita seram tentang tumbal pembangunan ikon ini masih mewarnai kemegahan jam gadang sampai sekarang dibalut dengan keanehan angka empat romawi yang terdapat di dalam jam. Lorong bawah tanah menuju Ngarai Sianok dan Benteng Fort De Kock juga menjadi latar cerita seram Jam Gadang. Hingga kini masih banyak ditemukan tengkorak manusia yang diduga adalah pekerja paksa Romusha masa Jepang.

4. Bandung – Gedung Sate

Kota Ini Punya Landmark Angker Yang Dipercaya Berhantu, Mau Cek?

Pergi ke Bandung tak lengkap kalau tidak mampir atau sekedar lewat di depan Gedung sate yang ikonik. Disebut gedung sate karena menaranya mirip dengan tusuk sate. Sudah dibangun sejak tahun 1920-an, bangunan ini tetap kokoh berdiri. Gedung ini merupakan peninggalan Zaman Belanda.

Tak hanya bersejarah, Gedung Sate juga memiliki kisah seram yang membuatnya menjadi landmark angker. Salah satunya tentang pasukan jin yang mendiami gedung tersebut. Selain itu, lorong misterius yang konon bisa tembus ke rumah dinas Gubernur , juga angker karena banyak tawanan perang yang dibiarkan meninggal dan membusuk di dalam sana. Ada pula yang pernah melihat kakek berjenggot dan wanita berpakaian merah menghantui gedung ini.

5. Maluku dan sekitarnya – Pulau Seram

Kota Ini Punya Landmark Angker Yang Dipercaya Berhantu, Mau Cek?

Banyak orang yang bertanya kenapa ada pulau yang disebut “Pulau Seram”. Kalau jawaban dari orang timur, karena memang “Seram”. Nah itulah yang terjadi pada pulau Seram yang berada di Maluku. Selain tempatnya yang asri dan padat dengan keindahan alam, pulau Seram memiliki cerita seram dibalik penamaannya. Pulau Seram adalah salah satu pulau terbesar yang berada di Maluku Selatan, dekat dengan pulau Ambon.

Hal menyeramkan dari pulau Seram adalah kondisinya di malam hari yang mencekam. Karena kebanyakan daerah di pulau seram adalah pedesaan dan hutan yang masih “perawan”. Konon di malam hari, tak banyak orang desa yang berseliweran karena pekatnya malam. Kengerian itu pun tidak berhenti sampai disitu. Kisah mistis dari rakyat Maluku juga mempercayai adanya sosok yang dinamakan Suanggi. Wujud ini sebenarnya adalah sosok manusia yang memiliki ilmu hitam dengan rupa menyeramkan. Suanggi biasanya suka berada di daerah pelosok dan perkampungan. Tujuan mereka adalah mencari tumbal bayi dan anak-anak untuk praktek ilmu hitam. Hii.

6. Jakarta – Kota Tua

kisah seram di Jakarta, Kota Tua

Obyek wisata jadoel di Jakarta ini sudah terkenal soal keangkerannya. Bangunan-bangunannya saja sudah terlihat seram karena terkesan kuno atau tua. Jadi selain penuh dengan cerita sejarah, kota tua juga menyimpan banyak misteri yang membuatnya angker. Spot yang paling angker adalah Taman Fatahillah. Banyak yang sering melihat ada kepala yang menggelinding di lorong Pecinan. Lorong Virgin juga tak lepas dari suara-suara aneh yang menakutkan. Tak jarang juga ada yang kesurupan di sumur Gedoeng Jasindo.

Sementara itu, dua meriam di depan Museum Fatahillah dipercaya menjadi tempat bermain arwah anak-anak di malam hari. Jadi pengunjung yang mencoba menaikinya akan jatuh bisa sampai patah tulang. Penampakan-penampakan makhluk halus lainnya juga sering ditemukan di berbagai sudut kota tua, terutama oleh para penjaganya. Sebenarnya masih banyak landmark angker yang ada di Jakarta. Namun sepertinya kota tua adalah yang paling terkenal.

7. Batam – Jembatan Sei Ladi

kisah seram di Batam Jembatan Sei Ladi

Siapa yang tak kenal jembatan yang berada di daerah Baloi di Batam ini. Jembatan ini sudah berfungsi dari tahun 1981 yang dibangun oleh Pak Habibie yang waktu itu menjabat sebagai kepala badan pengusaha (BP) di Batam. Desas-desus tentang jembatan Sei Ladi sudah menyebar ke seluruh pulau. Di malam hari tak ada yang berani untuk melewati jalan ini. Bukan karena sepi dan kurang penerangan, namun cerita yang beredar tentu bikin bulu kuduk merinding.

Jembatan Sei Ladi adalah landmark kota batam yang menceritakan tentang kumpulan kasus kriminal. Mulai dari pembunuhan, pembuangan bayi, sampai orang bunuh diri. Jembatan Sei Ladi berdiri di atas danau di bawahnya yang membuat kesan mistis sangat terasa. Selain itu, timbunan hutan di kiri dan kanan juga membuat orang ketar-ketir untuk melihatnya. Di tempat ini juga sering terjadi kecelakaan dikarenakan korban kerap melihat penampakan di sisi jembatan. Hii!

Itulah beberapa landmark angker menghiasi sebagian besar daerah di Indonesia. Selain keindahannya, kepopulerannya juga membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung ke sana. Rasanya belum sah saja kalau dating ke kota-kota tadi tanpa mengunjungi bangunan-bangunan ikoniknya. Dari beberapa ikon kota-kota tersebut, manakah yang sudah pernah kamu kunjungi?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #ambon #angker #batam #hantu #jembatan #kota tua #landmark #maluku #pulau seram #sei ladi #seram
Share

Pilihan editor