Share this
Share

10 shares

12 Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

10 December 2017

Kota aneh dengan sedikit penduduk

Apa yang terjadi kalau kota yang kita kenal selama ini berubah menjadi kota hantu? Dimana kota tersebut tak ada seorang pun kecuali diri kita sendiri. Seperti yang ada di film-film zombie, dimana setiap orang bersembunyi di rumah masing-masing. Ketika malam datang, semuanya sunyi senyap seperti tak pernah ada tanda-tanda kehidupan. Tak ada suara kendaraan yang lewat dan tak ada suara orang berjalan.

Berbeda kalau kita tinggal di kota besar seperti Jakarta yang di sudut kotanya selalu ada keramaian. Kota-kota terpencil seperti di bawah ini sungguh seperti kota hantu, kota aneh yang dihuni hanya segelintir manusia bahkan ada juga yang dihuni satu orang saja. Apa yang sebenarnya terjadi sama kota-kota ini?

1. Monowi, Nebraska, Populasi: 1 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Inilah kota aneh di dunia yang hanya ditinggali satu orang saja! Sebelumnya kota ini kira-kira berpenduduk 300 orang, namun setelah adanya mesin pertanian, mereka yang berprofesi petani kehilangan mata pencaharian dan sedikit demi sedikit meninggalkan kota ini. Kota ini kemmudian menyisakan 2 orang yaitu Elsie dan suaminya Rudy. Kemudian Rudy pun meninggal pada tahun 2004, dan Elsie menjadi penghuni satu-satunya di kota itu.

Elsie yang umurnya 82 tahun adalah satu-satunya orang yang mengelola bar, restoran, dan bekerja sebagai pustakawan satu-satunya di sebuah bangunan yang didedikasikan untuk almarhum suaminya. Setiap tahun, Elsie mengumpulkan pajak yang didapat dari dirinya sendiri untuk merawat lampu-lampu kota di jalan tetap menyala.

2. Tortilla Flat, Arizona, Populasi: 6 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Kota kecil yang bernama Tortilla Flat adalah kota bisnis yang menjalankan salon and Restaurant, namun keseluruhan hanya dioperasikan oleh penduduk kota yang beranggotakan enam orang saja. Meskipun berpenduduk tetap hanya 6 orang, untungnya kota ini masih kelihatan ramai karena ada beberapa pengunjung yang datang dan menaikkan penduduk kota menjadi sekitar 500 orang.

3. Picher, Oklahoma, Populasi: 10 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Picher pada awalnya adalah kota normal yang berpenduduk 20.000. Kemudian terjadilah sebuah bencana lumpur beracun dari pertambangan logam yang mencemari daerah tersebut pada awal tahun 1980an. Dari tahun 80an, sampai akhir 90an, kota ini sudah ditinggali penduduknya sedikit demi sedikit. Memang tak ada yang banyak tersisa dari kota kecil malang ini. Kemudian, bencana lain pun datang lagi.

Kota aneh ini ada di Oklahoma, salah satu negara bagian yang paling sering didatangi tornado. Tahun 2008 tornado menghancurkan kota ini, melukai ratusan orang dan membunuh 8 orang. Kira-kira 10 orang masih bertahan semenjak saat itu.

4. Villa Epecuen, Argentina, Populasi: 1 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Di selatan kota Buenos Aires, terdapat kota dengan 1500 penduduk yang damai dan makmur karena meningkatnya pasokan air dari sebuah bendungan buatan. Namun pada tahun 1985, tembok bendungan itu roboh dan airnya menenggelamkan seluruh kota sekaligus. Butuh waktu hampir 30 tahun agar airnya surut, dan ketika surut tak ada yang tersisa kecuali barang-barang rongsokan.

Seorang mantan penghuni, Pablo Novak, memutuskan untuk mendiami reruntuhan, pindah ke sebuah rumah kosong untuk merawat ternak. Pada tahun 2015, Pablo masih di sana, bertemu dengan turis sesekali dengan bercerita tentang pengalamannya di kota aneh yang dijuluki “Atlantis-nya Argentina” ini.

5. Cass, Selandia Baru, Populasi: 1 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Karyawan perusahaan transportasi, Barrie Drummond dikirim ke kota Cass pada tahun 1987 untuk mengawasi bagian rel yang menghubungkan kota Christchurch ke Greymouth. Pada awalnya dia merasa dirinya terisolasi di kota hantu yang tak ada seorang pun disana, namun lama kelamaan dia jadi mulai terbiasa dengan penduduk yang berada di kota kecil di sebelahnya.

Di waktu luangnya, ia membangun lapangan golf mini dan tempat bowling. Pada tahun 2014, Barrie masih merupakan satu-satunya penghuni kota Cass hingga sekarang.

6. Buford, Wyoming, Populasi: 1 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Kota Buford dibeli pada tahun 1992 oleh Dan Sammons, yang menggunakan uang dari bisnisnya yang pindah untuk menjadi satu-satunya penghuni tanah itu. Dia membangun sebuah pondok kayu dan membuka sebuah pos perdagangan sambil mempublikasikan Buford sebagai kota dengan satu populasi. Ia berhasil mengubah kota ini menjadi objek wisata bagi pengunjung dalam perjalanan ke Taman Nasional Yellowstone.

Pada tahun 2013, penguasa asal Vietnam, Nguyen Dinh Pham membeli kota tersebut seharga 900 ribu dollar atau sekitar 12 miliar dengan rencana untuk menjadi tuan rumah bisnis kopi Vietnam. Nguyen Dinh menyadari manfaat memiliki kota sendiri, dan dia mengubah namanyna menjadi PhinDeli Town Buford. Sementara Dan Sammons akhirnya pindah ke Colorado.

7. Gross, Nebraska, Populasi: 2 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Beberapa kebakaran dan akses terbatas ke jalan kereta api menutup kemungkinan Gross untuk menjadi kota yang bisa didatangi kapaunpun. Hingga saat ini, hanya tinggal dua orang: Mike dan Mary Finnegan, yang mengoperasikan penginapan Nebrask di dalam batas kota.

Pasangan tersebut tiba di kota ini pada tahun 1985 dan segera menjadikan anak laki-laki mereka yang berusia 5 tahun sebagai walikota tidak resmi.

8. Funkley, Minnesota, Populasi: 5 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Ketika ada orang yang menjadi walikota di kota kecil, tidak ada yang bisa menghentikannya kalau dia mau mencetak mata uang sendiri. Itulah yang dilakukan orang yang bernama Emil Erickson, meski uangnya hanya laku untuk beli bir di kedia minuman kota itu. Tak banyak hal lain yang bisa dikerjakan di kota aneh ini, tempat ini memang selalu jarang pendatang, dan yang tinggal orangnya itu-itu aja. Dari tahun 1940, hanya ada 26 orang yang menelpon ke kota ini.

9. Lost Springs, Wyoming, Populasi: 4 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Meskipun tulisannya, “Populasi 1”, keempat penghuni kota Lost Springs mengatakan itu adalah kesalahan sensus. Kota ini pernah menjadi rumah bagi 280 orang di pertambangan pada tahun 1920an. Seiring tempat pertambangannya dibubarkan, masyarakatnya pun mulai pada pindah. Saat ini, di Lost Springs ada balai kota, kantor pos, taman, toko umum, dan beberapa kamar mandi umum. Namun cuma ditinggali 4 orang saja.

10. Bonanza, Colorado, Populasi: 3 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Mark Perkovich adalah pensiunan yang pindah ke Bonanza pada tahun 1994 untuk mencari kesendirian. Akhirnya dia mendapatkannya, kota Bonanza, sebuah tempat yang bekas pertambangan di pegunung rocky. Tempat ini benar-benar sepi kecuali dia sendiri. Selain mengobrol dengan tukang pos, Perkovich menghabiskan waktunya dengan membersihkan salju dan merawat properti miliknya. Setelah itu tak ada lagi yang dapat dilakukan di tempat suram ini.

Pada tahun 2014, Colorado mempertimbangkan untuk membubarkan kota Bonanza karena tidak adanya aktivitas sama sekali. Mark menentang perubahan tersebut. Pada tahun 2015, Mark dikabarkan telah pindah, dan hanya segelintir manusia yang masih tinggal disana.

11. Swett, South Dakota, Populasi: 2 orang

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Kota ini awalnya memiliki populasi 40 orang di tahun 1940an. Kurangnya dampak ekonomi mengakibatkan kota Swett kehilangan populasi secara drastis hingga tersisa dua orang saja, Lance Benson dan istrinya. Lance adalah seorang salesman traveling yang akhirnya membeli kota itu di tahun 1998.

Di kota Swett, Lance membuka bar walaupun jarang orang yang datang kesana, ia juga suka bepergian ke luar kota untuk mencari penghasilan lain. Pada tahun 2014, dia memutuskan untuk pindah dan menjual kota tersebut. Kota ini tercatat dijual dengan harga 199 ribu dollar atau 2,6 miliar rupiah. Kalau menurut situs property EXIT-Realty yang menampilkan kota ini, ada deskripsi yang mencatat bahwa “penduduk setempat percaya bahwa tempat itu berhantu”.

12. Nothing, Arizona, Populasi: 0

Kota Aneh Yang Populasinya Cuma Sedikit

Sekilas mungkin kelihata seperti lelucon. Tapi kota aneh bernama “Nothing” ini benar-benar ada di Arizona, Amerika. Berlokasi sekitar 120 kilometer dari kota Phoenix. Nothing didirikan pada tahun 1977 untuk membangun tempat tinggal yang layak, namun mereka yang pernah tinggal disana merasa tak cocok dengan tempatnya.

Akhirnya satu-persatu mereka pergi. Hingga saat ini tak ada yang tahu kenapa mereka pergi, akhirnya kota ini tetap menjadi misteri dan tak ada apapun (nothing).

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #aneh #angker #hantu #kota #seram #zombie
Share

Pilihan editor