Kisah Mistis Bak Peringatan di 10 Terowongan Berhantu di Dunia

Spread the love

Terowongan biasa dilewati saat kita sedang berada di dalam kendaraan, khususnya mobil atau kereta. Sebagai lalu lintas kendaraan, terowongan ini bisa jadi yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Suasana gelapnya punya sensasi tersendiri, seolah-olah langit mendadak mendung dan ada banyak monster di sekitar kereta. Itu bisa saja terjadi kalau kamu naik kereta yang terowongannya terkenal mistis. Terowongan berhantu rupanya bisa ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Biar nggak penasaran, langsung aja simak mulai dari poin nomor satu berikut ini.

1. Moonville Tunnel

Moonville Tunnel merupakan salah satu terowongan terbengkalai yang ada di Ohio, USA yang dibangun oleh warga lokal. Dulunya,  terowongan ini menjadi akses untuk pengiriman batu bara dan tanah liat menuju Cincinnati. Terlepas dari fungsinya, tunnel ini juga terkenal akan kisah mengerikan. Katanya, pernah ada seorang pemabuk yang melewati terowongan ini sebagai jalan pintas. Saat mendengar suara kereta, pria mabuk itu melambaikan tangan, namun sayang kereta malah melaju cepat.

Cerita kedua adalah saat warga sekitar kehabisan stok makanan. Akhirnya, salah satu di anatara mereka terpaksa tinggal di terowongan untuk menghentikan kereta. Naas, pria tersebut malah terlindas kereta saat tertidur. Ia hanya meninggalkan lentera yang dibawanya.

Dengan kejadian seram itu, terowongan tersebut semakin angker. Untuk itu, para masinis saat itu diimbau untuk menghentikan kereta jika adanya hal-hal ganjil atau seseorang di dalam terowongan.

2. Shanghai Tunnel

The Old Portland Undergorund atau Shanghai Tunnel ini sebenarnya bertengger di Amerika dan menjadi terowongan yang terkenal seram. Terowongan ini dulunya jadi basecamp Shanghaiers. Bukan untuk tujuan baik, organisasi tersebut didirikan untuk menculik orang. Orang-orang tersebut nantinya harus bekerja di kapal tujuan Asia. Sedangkan wanitanya dijadikan sebagai budak seks dan dijual.

Setelah tidak lagi beroperasi, terowongan ini menyisakan suasana horor. Nggak sedikit pemburu hantu yang mendatangi tempat ini untuk bisa berkomunikasi dengan makhlyuk halus di sana. Katanya, mereka sering mendapati bisikan-bisikan. Bisikan itu biasany amenyuruh mereka untuk pergi, atau sebaliknya tinggal di dalam terowongan.

3. Vimy Ridge Tunnels

Kota Arras, Prancis juga memiliki salah satu terowongan yang terkenal akan kisah mistisnya, yang tak lain adalah Vimy Ridge Tunnels. Tunnel yang satu ini menjadi tempat pertumpahan darah saat perang yang meledak pada 80 tahun yang lalu. Terowongan itu sendiri saat itu dibangun untuk menyerang pasukan Jerman. Rupanya, terowongan tersebut memberikan aura yang seram. Karena suasananya yang gelap, para penjelajah seringkali kehilangan arah di dalam terowongan, apalagi kalau mereka benar-benar tidak mengenali arah jalan atau seluk beluk terowongan ini. Bahkan suasana bisa lebih buruk lagi kalau senter yang digunakan tiba-tiba mati.

4. Terowongan Berhantu Sensabaugh Tunnel

Sejarah kelam terowongan ini berawal dari kisah yang melegenda di Kingsport, Amerika. Pada saat itu, ada seorang pria bernama Sensaubaugh. Dia dan keluarganya bermukim di sebuah rumah yang nggak jauh dari terowongan. Hingga suatu hari, dikabarkan kalau Sensaubaugh ini membunuh semua anggota keluarganya. Untuk menghilangkan jejaknya, ia lantas membuang mayat-mayatnya ke dalam sungai kecil di dalam terowongan.

Namun, ada versi lain yang mengatakan kalau Sensabaugh dirampok oleh orang yang telah ditolongnya. Perampok tersebut membawa bayi perempuannya, lalu membuangnya ke dalam sungai. Akibat cerita itulah, warga sekitar begitu waspada saat melintasi terowongan tersebut. katanya, di sana sering terdengar suara anak bayi menangis dan  langkah kaki.

5. Church Hill Tunnel

Church Hill Tunnel terkenal akan kisah seram dan makhluk penghisap darah, vampire. Pada tanggal 2 Oktober 1925, sebanyak 200  pekerja sedang bertugas di dalam terowongan. Mereka harus berdiri di atas mobil yang ditarik oleh kereta uap. Naas, terowongan runtuh hingga menutup jalan masuk menuju terowongan. Seluruh pekerja pun terkubur di dalam terowongan tersebut dan meninggal dunia. Usai kejadian tersebut, diketahui adanya pesta makan mayat pekerja yang dilakukan para vampir.

Untungnya, saat ini terowongan tersebut sudah tidak beroperasi dan ditutup. Namun, warga sekitar mengaku masih sering mendengar suara-suara misterius. Terkadang suara para pekerja atau bahkan suara dari vampire.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Terowongan Casablanca

Indonesia juga punya satu terowongan yang cerita seramnya sudah melegenda, apalagi kalau bukan Terowongan Casablanca. Terowongan ini bisa kamu temukan di sepanjang jalan Kuningan, Jakarta Selatan. Konon, sepanjang jalan tersebut sudah terkenal akan cerita horornya. Area tersebut dulunya disebut-sebut sebagai kuburan masal. Namun, Pemerintah Jakarta memindahkan kuburan tersebut karena akan dibangun jalan raya. Saat proses pemindahan tersebut, katanya ada satu kuburan yang mayatnya masih utuh.

Kejadian tak lumrah itu menyisakan mitos hingga saat ini. Katanya, pengendara dan masyarakat sekitar sering mendapati sosok hantu berbaju merah. Sosok tersebut dipercaya sebagai penyebab terjadinya kecelakaan di area terowongan tersebut.

7. Terowongan Berhantu Eka Bakti Karya

Terowongan Eka Bakti Karya ini diketahui masih beroperasi. Terowongan terpanjang ke-2 di Tanah Air ini katanya menyimpan sejumlah kisah seram. Yang paling terkenal adalah cerita jeritan menyeramkan yang sering terdengar ketika kereta sedang melewati bangunan tersebut.

Selain itu, terowongan ini juga terkenal sebagai spot bunuh diri. Tercatat banyak jiwa yang melayang tepat di samping terowongan ini. Entah itu tertabrak kereta atau loncat dari atas bangunan. Warga sekitar percaya kalau terowongan ini menjadi tempat bermukim para dedemit. Mereka suka meminta tumbal, sehingga nggak heran kalau banyak nyawa melayang di sini.

8. Terowongan Berhantu Wilhelmina

Wilhelmina, terowongan terpanjang di Indonesia, berlokasi di Desa Sumber, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Terowongan peninggalan Kolonial Belanda ini mulai beroperasi pada tahun 1921 sebagai bagian jalur kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang. Namun, siapa sangka kalau terowongan ini tidak terlepas dari kisah-kisah seram. Konon, pada sata pembangunan terowongan ini, nggak sedikit pekerja yang gugur akibat sakit atau meninggal mendadak. Akibat cerita itu, warga setempat percaya kalau di dalamnya terdapat makhluk halus yang sering mencelakakan manusia.

9. Terowongan Ijo

Terowongan ijo berlokasi di Daop 5 Purwekerto, Jawa Tengah. Terowongan ini sudah tidak asing lagi dengan cerita-ceritanya yang bikin orang ogah datang ke sana. Katanya, bantalan rel tersebut terbuat dari makam pekerja yang meninggal saat proses pembangunannya. Bahkan ada yang sampai mengaku pernah melihat sosok pocong yang menempel pada jendela kereta. Ada juga penumpang yang menyaksikan penampakan keranda mayat yang terbang sepanjang terowongan. Mengerikannya lagi, terowongan ini juga jadi saksi bisu mereka yang bunuh diri.

10. Sasaksaat

Terowongan berhantu terakhir adalah Sasaksaat yang berlokasi di daerah Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Terowongan peninggalan zaman kolonial Belanda ini dibangun dengan mengandalkan tenaga ribuan warga Indonesia. Dengan program kerja paksa itu, banyak yang meninggal di tempat dan jenazahnya dikuburkan di sekitar terowongan tersebut. Untuk itu, nggak heran kalau terowongan ini ada bau-bau mistisnya. Salah satunya adalah bau amis yang tiba-tiba tercium oleh penumpang kereta saat melintas di bawah Terowongan Sasaksaat ini.

Selain itu, warga sekitar juga ssering mendengar suara paculan hingga suara orang merintih kesakitan. Untuk itu, setiap tanggal 17 Agustus warga sekitar selalu mempersembahkan sesajen berupa seekor domba.

Berikan komentarmu