Share this
Share

shares

Inilah Alasan Kenapa Setelah Berenang Perut Langsung Lapar!

7 January 2018

Inilah Alasan Kenapa Setelah Berenang Perut Langsung Lapar Cerpin Com 1

Hal apa yang pertama kita rasakan kalau setelah berenang di siang hari? Bisa jadi lelah, kepanasan atau bahkan lapar? Kelaparan setelah berenang seolah seperti kita belum makan seharian dan perut sangat kosong. Kita pasti mengalaminya. Menurut kacamata Sains, hal ini memang wajar terjadi, semua orang cenderung merasakan lapar ketika keluar dari air dan lebih mungkin merasakan ekstra lapar setelah berenang.

Berenang adalah salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan

Berenang, seperti aktivitas fisik lainnya, kegiatan yang membakar kalori. Selama aktivitas tersebut, menyebabkan tubuh meningkatkan produksi ghrelin, yaitu hormon penyebab kelaparan, untuk meminta kita untuk makan guna mengembalikan kalori yang telah kita bakar. Sebuah studi tahun 1999 menunjukkan bahwa olahraga berenang dapat membuat kita sangat mungkin mendambakan makanan asin, yang mungkin bisa menjelaskan kenapa kita cenderung untuk cari cemilan setelah keluar dari kolam renang. Makanan asin disini seperti seperti keripik, kentang goreng, atau makanan ringan lainnya yang mudah didapat.

Hukum Termodinamika

Berenang bukan hanya olahraga untuk paru-paru, jantung, dan otot, tapi juga aktivitas yang membuat tubuh kita melakukan pekerjaan ekstra untuk mempertahankan suhu badan yang nyaman saat kita tenggelam dalam air. Prinsip yang sama dengan yang tubuh kita lakukan untuk membakar lebih banyak kalori ketika berada di tempat yang dingin.

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita akan mengaktifkan tingkat pembakaran kalori saat suhu turun, menaikkan tingkat metabolisme supaya badan kita tetap hangat. Proses dalam tubuh kita ini akan meningkatkan produksi hormon ghrelin dan membuat kita semakin lapar. Disini kita bisa mengambil kesimpulan kalau tubuh kita melakukan suatu pertukaran energi yang dalam ilmu fisika ada dalam hukum termodinamika.

Inilah Alasan Kenapa Setelah Berenang Perut Langsung Lapar Cerpin Com 2

Beberapa penelitian, termasuk satu dari University of Florida, telah menunjukkan korelasi antara berenang di air dingin dan keluar dengan tingkat kelaparan yang didapat orang setelah berenang. Singkatnya, semakin dingin yang kita rasakan waktu berenang dan saat keluar dari kolam, semakin besar kemungkinan kita untuk ingin segera makan. Berenang adalah aktivitas yang cocok untuk mereka yang kurang nafsu makan, karena setelah berenang dijamin langsung ingin makan tak peduli apapun makanannya.

Tapi sebaliknya untuk yang ingin menjaga dietnya supaya tidak makan terlalu banyak mungkin bisa makan terlebih dahulu sebelum berenang, dan selalu berlari-lari sebentar supaya suhu badan tidak turun. Untuk dapat meredam rasa lapar yang sudah keterlaluan sehabis berenang, hal yang perlu dilakukan adalah latihan berenang secara intens. Dengan cara ini kita dapat memiliki efek pereda sementara pada nafsu makan sementara pada tubuh kita yang sedang mendingin. Kebanyakan orang memang berenang sebagai hobi bukan latihan, yang menyebabkan rasa lapar segera menendang begitu kita keluar dari air.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #berenang #lapar #olahraga #sport #swimming
Share

Pilihan editor