Share this
Share

shares

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan

10 November 2017

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan Bukan Di Tujuan Cerpin Com 8

Kebahagiaan hidup yang kita cari

Hidup adalah perjalanan panjang yang sudah dimulai pada saat pertama kali kita dilahirkan ke dunia ini. Semenjak kita dilahirkan dimulailah kehidupan kita. Sebagian dari kita tak pernah menjalani hidup dari kita lahir karena kita masih dirawat oleh orang tua kita. Itu karena setiap hidup yang dijalani manusia tak pernah sama.

Kita tak pernah sama sejak awal, semenjak kita lahir, kita lahir di keluarga yang berbeda. Pada kenyataannya, tak semua orang memiliki masa kecil yang sama. Mereka yang lahir di keluarga kaya akan memulai hidup mereka di usia 25, mereka yang lahir di keluarga miskin akan memulai hidup mereka di usia yang dini. Sekali lagi, kita tak pernah sama. Dan semenjak kita dilahirkan dengan keadaan yang berbeda, kebahagiaan hidup yang kita alami pun akan berbeda juga.

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan Bukan Di Tujuan Cerpin Com 7

Hidup adalah sebuah perjalanan

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan Bukan Di Tujuan Cerpin Com 3

Ibarat sedang menaiki sebuah kereta yang membawa kita ke perjalanan yang sangat jauh. Bayangkan sebuah track kereta terpanjang di dunia seperti Trans-Siberian Express yang melintasi tanah dingin di Rusia. Seperti itulah gambaran hidup kita. Hidup adalah sebuah jalan panjang dan kita tidak tahu pemandangan seperti apa yang kita lihat. Kita hanya ingin mendapatkan pemandangan yang ingin kita lihat selama perjalanan, pemandangan hijau, pegunungan, laut, dan sebagainya. Seperti itulah sebuah gambaran tentang hidup yang kita jalani saat ini. Namun hal yang paling penting yang perlu kita ingat adalah mengetahui fakta kalau bahwa kebahagiaan ada dalam perjalanan itu sendiri.

Kebahagiaan hidup bukanlah tujuan. Kita selalu memikirkan kebahagiaan sebagai tujuan atau garis finish, tapi jika kita hanya fokus pada kebahagiaan yang akan kita rasakan di tempat tujuan, kita tidak akan pernah melihat keindahan dan kebahagiaan yang justru selalu berada di sekitar kita setiap hari. Sering kali kita hanya berfokus pada tujuan perjalanan dan melupakan keadaan dalam perjalanan. Kita hanya mendengarkan musik dan tertidur dalam perjalanan, berharap segera sampai di tempat tujuan karena kebahagiaan hanya ada di tujuan.

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan Bukan Di Tujuan Cerpin Com 2

Ketika sampai di tujuan, ternyata tempat tujuan kita, tempat wisata yang kita dambakan sejak awal tidaklah seperti yang kita harapkan sebelumnya. Dan kita telah menghabiskan cukup banyak waktu dengan tertidur selama perjalanan yang justru ada sesuatu yang dapat membuat kita bahagia. Hidup adalah sebuah perjalanan dan bagi mereka yang selalu mengatakan bahwa kebahagiaan adalah tujuan dan bukan perjalanan, itu berarti mereka belum hidup bahagia.

Saya dulu selalu berpikir bahwa kebahagiaan hidup adalah sebuah tujuan. Hidup ini ada tujuannya, intinya tujuannya jadi bahagia. Bahagia disini dalam arti memiliki apa yang belum saya miliki saat itu. Merasakan apa yang belum saya rasakan. Intinya tujuan selalu dikaitkan dengan kesuksesan. Saya pernah berpikir ketika saya berusia 16 tahun, saya akan bahagia kalau saya lulus dari SMA dan mulai bekerja paruh waktu. Namun ketika lulus, kehidupan tidak pernah sama lagi dan bekerja paruh waktu bukanlah seperti apa yang kira dan saya lihat di film-film. Saya belum bahagia.

Saya berpikir untuk melanjutkan kuliah dengan uang seadanya. Karena dengan kuliah akan membuat hidup kita bahagia, setidaknya bertemu orang baru, dan ketika lulus akan punya pekerjaan full-time dan kehidupan saya akan lebih baik. Di masa-masa perkuliahan, kehidupan perkuliahan saya berlangsung normal dan abstrak, kupu-kupu kalau kata orang, kuliah-pulang, kuliah-pulang. Tidak ada warna, tidak ada cerita.

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan Bukan Di Tujuan Cerpin Com 4

Semuanya berlangsung cepat karena saya berpikir bekerja lebih baik daripada kuliah, setidaknya bisa menghasilkan uang. Saya pun lulus dari universitas dan memulai kehidupan yang baru. Siklusnya tetap sama, berangkat pagi dan pulang malam, cuma beda tujuannya. Pencarian kebahagiaan hidup pun terus berlanjut.

Ketika bekerja pertama kali, saya mendapat uang yang selama ini saya idam-idamkan, namun ternyata bekerja tidaklah seperti apa yang saya harapkan. Saya terus memikirkan kalau suatu saat saya akan kaya dan menjalani kehidupan dengan sebenar-benarnya. Tahun demi tahun pun berlangsung cepat, yang saya lakukan hanya menabung uang dari gajian yang saya dapat tiap bulan. Kehidupan kerja pun berlangsung sama seperti apa yang saya rasakan ketika kuliah, semuanya flat, tak ada warna, tak ada cerita.

Ketika saya memikirkan hari-hari dan tahun-tahun yang telah berlalu dalam hidup saya, semuanya hanya didasarkan oleh kebahagiaan saya di sebuah tujuan tunggal, daripada berfokus untuk menikmati perjalanan. Uang yang kini saya kumpulkan saya belikan barang-barang mewah yang saya pikir akan membuat saya bahagia. Rumah yang saya tempati dan mobil yang saya kendarai. Semuanya hanya memberikan kebahagiaan yang tak berlangsung lama.

Manusia akan bosan, kita akan bosan dan selalu ingin meminta yang lebih. Selalu ada tujuan dibalik tujuan. Selalu ada keinginan dibalik keinginan. Seketika tersadar akan hal penting tentang hidup yang saya jalani. Saya merasa sudah dewasa dan saya pikir saya pantas untuk mengetahui kebenaran.

Kebahagiaan… ternyata ada dalam perjalanan itu sendiri.

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan Bukan Di Tujuan Cerpin Com 6

Ketika sejenak saya memikirkan hal itu, saya hanya berharap dapat mengulang waktu ini dan menjalani tahun-tahun terbaik dalam hidup saya. Namun itu semua tidaklah mungkin, waktu yang telah kita lalui tak mungkin kembali. Waktu adalah satu dari beberapa hal di dunia yang tidak dapat ditukar atau dikembalikan.

Kebahagiaan Hidup Hanya Ada Dalam Perjalanan Bukan Di Tujuan Cerpin Com 5

Semuanya sudah terlambat. Dalam perjalanan ini kita akan mengalami saat-saat di mana kita menemukan penghalang dan yang membuat kita berhenti. Semakin saya fokus dengan tujuan untuk melihat kebahagiaan, semakin kebahagiaan itu hilang perlahan-lahan. Kebahagiaan ibarat sebuah horizon, semakin dikejar semakin menjauh. Dan hanya ada satu pertanyaan yang tertinggal di benak saya saat itu, Apa sebenarnya tujuan hidup ini?

Kebahagiaan bukanlah sebuah tempat. Kebahagiaan bukanlah tujuan. Saya percaya kebahagiaan hidup bukanlah garis finish. Kebahagiaan bukanlah akhir tapi adalah sebuah perjalanan. Hidup adalah sebuah perjalanan, dan hidup bukan tentang apa yang kita miliki sekarang, tapi hidup lebih tentang siapa yang kita miliki sekarang. Hidup adalah tentang menikmati setiap langkah bahkan saat jalan yang kita lalui tampaknya tidak ada harapan sama sekali.

Namun hidup tetap terus berjalan dan kita harus terus melanjutkan perjalanan. Seperti kita sedang bepergian menuju ke suatu tempat, perjalanan tak selamanya membosankan, kita hanya tidak pernah tahu apa yang akan kita temukan di sepanjang jalan. Jadi hargai setiap saat dan setiap langkahnya, karena kebahagiaan adalah perjalanan.

Baca juga artikel yang thoughtful lainnya di cerpin.com:

Berikan komentarmu

Related articles

 #bahagia #kebahagiaan #kehidupan
Share

Pilihan editor