Jernihkan Mata dan Pikiran di 12 Pantai di Malang Ini

Spread the love

Saat berencana jalan-jalan ke pantai, hal yang pertama teringat adalah Pulau Bali, Lombok, dan sekitarnya. Gimana nggak, pulau-pulau tersebut terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, terlebih pantainya yang memanjakan indera penglihatan. Namun, pesisir-pesisir cantik sebenarnya nggak hanya bisa kamu temukan di dua pulau tersebut. Malang juga punya beragam pilihan pantai menarik yang cocok untuk liburan akhir pekan bersama teman maupun keluarga. Sebelum kamu pesan tiket pesawat ke Malang, sebaiknya intip dulu 12 pantai di Malang berikut ini.

1. Pantai di Malang: Sendang Biru

via travelsurabayamalang.com

Sendang Biru merupakan gerbang utama menuju ke pulau Sempu, sehingga nggak heran kalau pantai ini menjadi objek wisata yang cukup berpotensi. Pantai yang berlokasi di kecamatan Sumbermanjing Wetan ini tidak diragukan lagi keindahannya. Air lautnya memantulkan warna biru yang begitu memesona. Fasilitas penyewaan perahu pun disediakan agar pengunjung bisa lebih leluasa menikmati panorama cantik pesisir yang ada di Malang ini. Jika ingin bermalam, kamu nggak perlu pusing nyari di Google. Disana sudah disediakan guest house dengan range harga yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

2. Pantai Tiga Warna

via mytrip.co.id

Sesuai dengan namanya, pantai ini punya daya tarik warna yang sangat cantik. Perpaduan warna biru laut, hijau, dan putih pasirnya membentuk gradasi yang cocok dijadikan sebagai latar belakang foto. Untuk itu, nggak heran kalau area pantai dsini sering dijadikan spot foto pre wedding. Hasilnya bakalan nggak nyangka, apalagi dengan bantuan fotografer profesional. Selain itu, disini juga kamu bisa menemukan kawasan konservasi hutan mangrove. Saat berkunjung kesana, otomatis kamu akan dikenakan donasi satu pohon bakau. Nggak bakalan rugi karena kamu sudah berkontribusi untuk mencegah abrasi pantai 🙂

Lokasi: Tambakrejo, kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur.

3. Pantai di Malang: Gatra

via travelloratour.com

Selanjutnya, kamu bisa menghabiskan libur akhir pekan di Pantai Gentra. Pantai yang satu ini dihiasi dengan pemandangan yang menyejukan mata. Sambil bersantai di atas pasir putih, kamu bisa menikmati gugusan pulau karang hijau yang berjajar di area pantai. Ini tentu saja menjadi keunikan tersendiri karena pengunjung bisa memanfaatkan gugusan pulau  tersebut untuk latar belakang pengambilan foto. Kamu bisa banget berenang disini karena ombaknya tidak terlalu kencang. Jangan terlalu ke tengah karena dengan berenang secara aman, kamu bisa menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur

4. Pantai Watu Leter

Pantai yang Asri
via pinterest.com

Penat dengan urusan pekerjaan? Mampir saja ke pantai Watu Leter. Disini, kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana khas pantai yang sangat menenangkan. Suara deburan ombaknya juga bisa membuat pikiran lebih rileks. Belum lagi pemandangannya yang cantik, yang mana didominasi oleh bebatuan dan pasir. Nggak bakalan nyesel deh berkunjung kesini. Selain bisa menikmati pemandangannya, kamu juga bisa menyaksikan sunset yang menguning di balik bebatuan. Bawa teman-teman kamu kesini biar liburan di pantai makin seru!

Lokasi: Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

5. Pantai di Malang: Batu Bengkung

via malangchannel.com

Pantai Batu Bengkung punya ciri khas tersendiri, yaitu punya ombak yang sangat besar. Untuk itu, pengunjung disarankan untuk tidak berenang. Daripada tergulung ombak, mending menikmati pemandangannya saja dari tepi pantai. Pantai Batu Bengkung ini seolah membentuk jembatan di tengahnya. Pasirnya seolah membelah laut, sehingga pengunjung bisa ‘nyebrang’ untuk menuju puncak batuan karang yang membentang. Oleh karena itu, sayang banget kalau kamu nggak charge handhone sampai penuh. Dijamin, kamu nggak bakalan bosen ngambil gambar di area pantai Batu Bengkung. Nikmat mana yang kau dustakan?

Lokasi: Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

6. Pantai Clungup

Hasil gambar untuk pantai clungup
via pantai99.com

Selanjutnya ada Pantai Clungup. pantai yang satu ini terletak sangat terpencil dan jauh dari pemukiman warga. Untuk itu, pantai ini cocok banget buat kamu yang nggak suka dengan keramaian. Kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas lebih leluasa, entah itu berfoto, berenang, bermain pasir, dan masih banyak lagi. Menariknya, disini juga ada beberapa pulau kecil yang menjadi daya tariknya. So, kamu yang ingin solo traveling dan menikmati suasana yang lebih tenang, datang saja langsung ke pantai ini.

Lokasi: Sitiarjo, Ke. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

7. Pantai di Malang: Balekambang

Hasil gambar untuk pantai balekambang
via Instagram/wisatabatumalangguide

Balekambang adalah salah satu pantai yang terkenal di Malang. Pantai yang satu ini menawarkan keindahan alam yang memukau. Gimana nggak, saat pertama kali sampai, kamu akan disuguhkan dengan tiga pulau, yaitu  Pulau Ismoyo, Anoman dan Wisanggeni. Pengunjung lebih sering berkunjung ke Pulau Ismoyo. Pasalnya, pulau ini memiliki kemiripan bentuk seperti Tanah Lot yang ada di Bali. Selain itu, di pulau tersebut juga tersedia Pura Amarta Jati. Jika ingin kesana, kamu cukup menyebrangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau.

Beragam aktivitas bisa kamu lakukan di pantai ini. Misalnya, berenang, berkemah, memancing, bermain flying fox, bermain di sungai kecil, makan-makan di pinggir pantai, belanja oleh-oleh, dan masih banyak lagi. Inget, ya. Jangan nyampah 🙂

Lokasi: Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

8. Pantai Jonggring Saloko

via manisatravel.com

Bosan berenang di kolam renang? Pantai Jonggring Saloko solusinya. Ombak di pantai ini cenderung tidak terlalu besar, sehingga kamu bisa berenang dengan leluasa (tentu saja di area bibir pantai, ya). Selain berenang, kamu juga bisa bersantai sambil mengambil foto ala-ala aesthetic. Warna lautnya yang biru tentu saja akan mendukung ke-aestethic-an hasil foto kamu. Belum lagi nanti penampakan sunsetnya yang cantik  bisa membuat hasil foto kamu bak profesional. Ajak teman kamu biar bisa gantian ambil foto!

Lokasi: Mentaraman, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur.

9. Pantai di Malang: Mbehi

Hasil gambar untuk pantai mbehiom
via pantainesia.com

Malang juga punya pantai yang cantik. Orang-orang di sekitarnya menyebut Mbehi. Pantai yang satu ini namanya terbilang unik. Namun, daya tariknya justru yang lebih menarik karena menyuguhkan air laut yang hijau dan kebiruan. Mungkin hal tersebut terkesan biasa saja, namun kamu akan takjub luar biasa kalau sudah berkunjung kesana. Selain itu, kamu juga akan menemukan sejenis kawah yang memiliki lubang di tengahnya yang cukup besar. Jika situasi ombak sedang besar, air dari dalam lubang tersebut akan menyembur lengkap dengan suara seperti raungan.

Lokasi: Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

10. Pantai Sipelot

Hasil gambar untuk pantai sipelot
foto by irawandjakaria

Pantai Sipelot terletak di sebuah teluk dengan panorama air laut yang memesona. Jika dilihat dari ketinggian, kamu akan takjub dengan hamparan air laut dengan kesan yang sangaaatt jernih. Selain itu, pantai inijuga memberikan kejutan berupa air terjun Coban Sipelot yang jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya. Jadi, setelah puas bermain di pantai, kamu bisa langsung menuju air terjun untuk menikmati keseruan lainnya.

Lokasi: Pujiharjo, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang, Jawa Timur.

11. Pantai di Malang: Ngantep

foto by imron.rosydi

Pantai Ngantep memiliki pasir yang membentang sepanjang satu kilo meter. Karena masih alami, tekstur pasirnya masih sangat lembut sehingga tidak masalah jika ditapaki tanpa alas kaki, sambil berjalan-jalan dan menikmati aroma khas pantai. Selain itu, kamu juga bisa lebih rileks dengan suara deburan ombaknya. Jika ingin berkunjung kesini, ajak sekalian teman-teman kamu. Di pantai ini, kamu juga bisa berkemah di lahan landai. Seru banget. Saat malam hari, kamu bisa menikmati langit berbintang yang disertai dengan suara ombak bergemuruh.

Lokasi: Tumpakrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

12. Pantai Banyumeneng

Hasil gambar untuk pantai banyumeneng
via pesonalokal.com

Terakhir, ada pantai Banyumeneng yang bisa membuat liburan kamu jadi lebih berkesan. Pantai ini memiliki arti air yang diam. Jadi, bisa dipastikan ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu ganas dan cukup landai. Air lautnya yang jernih dan kehijauan menggoda siapa saja untuk berenang di dalamnya. Bahkan bebeapa wisatawan sengaja membawa pelampung atau menyewa untuk sekedar bersantai sambil menikmati panorama cantik di sekelilingnya. Disini juga banyak spot foto, lho! Nggak heran juga kalau banyak calon pasangan yang melakukan sesi foto pre wedding di pantai ini. Pokoknya kamu bakalan menang banyak, deh!

Lokasi: Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

15 pantai di atas tentu saja bisa jadi referensi saat kamu berwisata ke Malang. Untuk bisa menikmati sunset dan sunrise disana, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Btw, mau pergi ke pantai mana dulu?

 

 

 

Berikan komentarmu