Share this
Share

3 shares

3 Inspirasi Film Hantu Ini Ternyata Adalah Cerita Asli Yang Seram

7 October 2017

Banyak faktor yang terkadang selalu dipikirkan orang kalau mau menentukan seberapa bagus sebuah film. Biasanya orang suka menilainya dari segi kualitas naskah, siapa sutradaranya, dan siapa aja yang jadi aktor dan aktrisnya, tanggapan dan review penonton pun juga bisa diperhitungkan, dan mungkin ada faktor-faktor lain yang tak bisa disebutkan semuanya.

Inspirasi dibuatnya film hantu

Kalau film horror, terutama film hantu, ada satu hal yang terkadang diabaikan, faktor lain dalam keberhasilan sebuah film adalah “ide cerita”, “gagasan”, dari mana ide pembuatan cerita itu berasal, atau apa yang menginspirasi film tersebut.

Mungkin ada banyak film hantu, namun 3 film horor dalam daftar ini adalah yang paling banyak menghasilkan uang daripada yang lainnya dalam genre mereka. Ternyata eh ternyata, fakta-fakta inilah yang menginspirasi mereka.

1. The Conjuring (2013)

Sutradara James Wan memang paling jago kalo soal nakut-nakutin orang dalam film. Film The Conjuring sendiri, ia bisa menyulap filmnya menjadi kesuksesan yang luar biasa. Film hantu yang keluar tahun ini 2013 untuk sampai 318 juta dollar di box office.

3 Inspirasi Film Hantu Ini Ternyata Adalah Cerita Asli Yang Seram Cerpin Com 1

Dibintangi oleh Vera Farmiga dan Patrick Wilson, film ini menceritakan sebuah penyelidikan paranormal mengenai gangguan-gangguan yang menghantui keluarga Perron di Rhode Island, yaitu sebuah rumah pertanian di luar Harrisville.

Menurut Andrea Perron, salah satu putri keluarga yang menjadi generasi keluarga Perron sendiri yang menawarkan pengalaman keluarganya untuk dimasukkan dalam film. Oleh karena itu, film ini memang didasarkan pada sebuah kasus asli dari penyidik ​​paranormal bernama Ed dan Lorraine Warren. Keluarga Perron sendiri mendukung film tersebut yang dari awal sudah berkonsultasi dengan James Wan dalam pembuatan film.

3 Inspirasi Film Hantu Ini Ternyata Adalah Cerita Asli Yang Seram Cerpin Com 2

Catatan publik juga menunjukkan bahwa, selama beberapa tahun mereka tinggal di rumah tersebut, memang ada beberapa kasus aneh yang terjadi. Telah tercatat ada dua orang yang gantung diri, satu orang melakukan bunuh diri dengan racun, Prudence Arnold yang berusia 11 tahun telah diperkosa dan dibunuh oleh seorang petani, dua orang tenggelam, dan empat pria mati dengan keadaan membeku. Setiap orang yang pernah tinggal di rumah telah mengalami semacam aktivitas paranormal.

2. The Conjuring 2 (2016)

Film The Conjuring 2 keluar tahun 2016 dan menghasilkan keuntungan 320 juta dollar. Akar ceritanya masih sama tentang sepasang suami istri yang menginvestigasi kejadian supranatural, yang beda hanya lokasi dan rumah hantunya. Kali ini korbannyna adalah keluarga Hodgsons di London yang dalam cerita aslinya juga mengklaim bahwa mereka telah mendengar suara-suara aneh, menyaksikan benda-benda dan bahkan perabotan melayang dan bergerak sendiri, mereka juga merasakan “angin sepoi-sepoi yang dingin” di dalam rumah tersebut.

3 Inspirasi Film Hantu Ini Ternyata Adalah Cerita Asli Yang Seram Cerpin Com 3

Sebuah surat kabar sempat memuat laporan kejadian supranatural di keluarga tersebut untuk kebutuhan riset yang mengirimkan penyidik ​​paranormal Maurice Grosse, yang mengatakan bahwa dia menyaksikan lebih dari 2.000 insiden supranatural selama tinggal di rumah tersebut.

3 Inspirasi Film Hantu Ini Ternyata Adalah Cerita Asli Yang Seram Cerpin Com 4

3. The Sixth Sense

Film ini sempat merajai posisi pertama sebagai film blockbuster terbesar dalam sejarah film horor. Film yang dibuat M. Night Shyamalan ini keluar di tahun 1999 bersama dengan aktor utamanya, Bruce Willis. Film hantu ini untung 672 juta dollar. Pernah ada tanggapan kalau salah satu serial tv di Nickelodeon yang berjudul “Are You Afraid of the Dark?” (Apakah Anda Takut Gelap?) adalah dasar inspirasi film tersebut, sutradara Shyamalan sendiri membantahnya dengan mengatakan bahwa dia tidak pernah mendengar tentang serial tersebut.

Baca juga:

Film The Sixth Sense sendiri adalah karya asli Shyamalan, cerita awal dari film ini muncul saat dia melihat hal yang “agak” aneh saat berada di sebuah rumah duka tempat seseorang telah meninggal. Saat kebanyakan orang sedang membicarakan hal-hal yang lain di rumah duka tersebut, Shyamalan sendiri melihat seorang anak laki-laki duduk di tangga, duduk sendirian namun seperti tengah berbicara dengan seseorang. Tapi tidak ada seorang pun di sana selain anak itu.

Shyamalan yang penasaran bertanya-tanya sendiri, “Apa yang dirasakan anak itu, dan kepada siapa ia bicara?”. Saat itu terpikir olehnya bahwa anak itu mungkin telah berbicara dengan orang yang justru ditangisi oleh peziarah di rumah duka tersebut, maksudnya yang sudah meninggal.

3 Inspirasi Film Hantu Ini Ternyata Adalah Cerita Asli Yang Seram Cerpin Com 5

Berikan komentarmu

Related articles

 #angker #film #hantu #horror #seram #the conjuring #the sixth sense
Share

Pilihan editor