Share this
Share

2 shares

Inilah Pohon Ginkgo Berusia 1400 Tahun Dengan Warna Daun Keemasan

3 June 2017

Inilah Pohon Ginkgo Berusia 1400 Tahun Dengan Warna Daun Keemasan

Pohon Ginkgo adalah pohon yang kebanyakan spesiesnya telah punah. Karena itu pohon ini bukanlah pohon yang bisa tiap hari kita temukan dimanapun dan juga tidak bisa kita jumpai di Indonesia. Kali ini kita ingin melihat pohon tua itu yang berasal dari China dan konon usianya sudah mencapai 1400 tahun.

Tanaman ini memang diakui sebagai salah satu pohon tertua yang hidup di planet ini. Pohon ini bertebaran hampir di seluruh dunia dan diperkirakan sudah ada sejak lebih dari 3000 tahun. Beberapa ilmuwan juga berpendapat kalau pohon Ginkgo berasal dari zaman dinosaurus. Ketik zaman es, pohon ini mulai mati satu persatu. Pohon Ginkgo hampir punah di mana-mana kecuali di negeri Tiongkok.

Di China sendiri Ginkgo adalah pohon yang spesial. Sering ditemukan terutama di kuil dan biara. Tempat dimana para biksu Budha menanam pohon itu dari sekitar tahun 1100 Masehi. Para biksu sendiri tahu kalau pohon ini banyak manfaatnya. Kalau di China, sebutan pohon ini adalah yin xing shu (银杏树).

Manfaat pohon Ginkgo tidak hanya sebagai obat tetapi juga sebagai makanan. Kacang panggang dari Ginkgo telah dianggap sebagai makanan yang terkenal kelezatannya di China. Kacang Ginkgo telah dikonsumsi selama berabad-abad di Cina dan Jepang.

Namun tak semua orang bisa mengolah kacang dari pohon Ginkgo. Karena bijinya mengandung racun, orang harus tahu cara memasaknya dengan benar. Selain makanan, ginkgo juga terkenal sebagai obat yang sekarang juga dikenal di Barat. Daun Ginkgo sendiri terkenal untuk pengobatan kehilangan ingatan jangka pendek.

Ketika mencapai akhir tahun, tepatnya pada musim gugur, pohon tua ini menghasilkan daun yang berwarna keemasan. Pohon itu menjatuhkan daun-daunnya disekitar yang menampilkan warna yang indah mirip laut emas. Pemandangan spektakuler dari pohon tua ini pun berhasil menyita perhatian orang. Salah satu pohon ini berlokasi di halaman kuil Buddha Gu Guanine di pegunungan Zhongnan. Para warga sangat antusias ketika melihat pohon ini menjatuhkan daun-daun emasnya.

Pemandangan yang mengagumkan, bukan?

tumbuhan obat dan makanan dari chinaInilah Pohon Ginkgo Berusia 1400 Tahun Dengan Warna Daun KeemasanInilah Pohon Ginkgo Berusia 1400 Tahun Dengan Warna Daun Keemasan  Inilah Pohon Ginkgo Berusia 1400 Tahun Dengan Warna Daun Keemasan

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #china #ginkgo #obat #pohon #tanaman
Share

Pilihan editor