Inilah 9 Suku Misterius di Indonesia: Kanibalisme Masih Legal!

Spread the love

Kalau ditanya asalnya dari suku mana, mayoritas dari kita mungkin akan menjawab suku Sunda, Jawa, Batak, dan lain sebagainya. Dengan keragaman ini, Indonesia semakin dikenal dengan keunikan budayanya. Ngomongin soal etnis atau suku, ternyata Indonesia juga ditinggali oleh suku yang dinilai tidak lazim. Maksudnya, eksistensi suku ini sempat menyisakan tanda tanya besar, sampai akhirnya dianggap misterius. Bisa seperti itu karena kebanyakan suku tersebut tinggal di pedalaman, sehingga hanya bisa diketahui segelintir orang saja. Biar kamu nggak ketinggalan juga, simak aja langsung sembilan suku misterius di Indonesia ini.

1. Suku Misterius di Indonesia: Kubu – Jambi

Suku Kubu atau Suku Anak Dalam merupakan salah satu etnis dari Jambi yang penduduknya terkenal nomaden. Mereka diketahui pertama kali memulai penghidupan di sekitar wilayah Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duabelas. Saat ini, suku Kubu sudah menyebar ke beberapa wilayah pedalaman di Jambi. Aktivitas yang dilakukannya bervariasi. Mulai dari berburu hewan sampai bercocok tanam. Meski sempat dianggap misterius, kini Suku Anak Dalam sudah mulai dikenal di kalangan masyarakat luar.

2. Suku Paloh -Kalimantan Barat

SSelanjutnya ada suku Paloh yang keberadaannya masih menyisakan tanda tanya. Suku yang berasal dari kawasan Kalimantan Barat berbatasan dengan Malaysia ini, konon dilindungi oleh pasukan gaib. Wilayahnya disebut-sebut berupa kerajaan dengan peradaban yang begitu maju. Namun, keberadaannya saat ini masih misterius. Ada satu dua orang yang mengaku pernah melihat kerajaan yang begitu megah di tengah hutan. Namun orang tersebut menganggapnya sebagai halusinasi karena tidak mungkin ada kawasan yang begitu mewah seperti itu. Namun, masyarakat setempat ternyata mempercayai keberadaan suku ini.

3. Suku Polahi, Gorontalo – Sulawesi Tenggara

Suku Polahi bisa ditemukan di kedalaman hutan Baliyohuto, Gorontalo, Sulawesi Tenggara. Mereka disebut-sebut sebagai warga lokal asli yang melarikan diri ke hutan belantara saat masa penjajahan Belanda. Mereka berkembang biak dan keturunannya kini semakin banyak. Mengerikannya, suku ini biasa melakukan perkawinan sedarah atau incest. Dengan cara inilah akhirnya mereka bisa mendapatkan keturunan dan beranak pinak sampai tak terhitung. Padahal, proses perkawinan sedarah dalam ilmu kesehatan sendiri tidak disarankan karena resikonya besar. Mulai dari kematian pada sang bayi, sampai mengalami kecacatan fisik.

4. Suku Mante – Aceh

Suku Mante yang berasal dari wilayah Aceh dipercaya sebagai hasil akulturasi dengan bangsa lain. Masyarakat suku konon percampuran dari suku Melayu kuno dan Campha, Kamboja. Suku Mante ini sudah bermukim di hutan-hutan wilayah Aceh sejak 3000 tahun sebelum masehi. Konon, peradaban terbesar mereka dulunya terpusat di kawasan Jantho, Aceh Besar. Meski suku ini sudah tidak asing, khususnya di wilayah Aceh, keberadaan mereka jarang sekali terlihat.

5. Suku Misterius di Indonesia: Bunian – Sumatera Barat

Orang Bunian dicap sebagai suku gaib yang menyebar di Sumatera Barat. Mereka bermukim di hutan belantara, bukit, atau bahkan di area kuburan yang sepi. Konon, keberadaannya ditandai dengan aroma kentang yang lezat. Nah, kalau kamu kebetulan mencari sumber aroma tersebut dan ternyata mendapati ada suku Bunian, kemungkinan besar kamu nggak bakalan bisa balik lagi alias terjebak disana. Pasalnya, suku tersebut juga terkenal suka menyesatkan penjelajah yang ada di sekitarnya.

Meski mereka dinilai iseng, suku Bunian ini konon punya kekuatan gaib. Mereka juga sering membantu manusia, seperti memberi nasihat atau membantu peperangan. Namun, sampai saat ini keberadaan mereka masih misterius.

Baca juga artikel menarik lainnya: 

6. Orang Limun, Kalimantan Barat

Suku Limun diketahui bermukim di Padang 12, Kalimantan Barat. Padang 12 sendiri merupakan wilayah yang tak berpenghuni dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi di sekelilingnya.Masyarakat setempat percaya bahwa kawasan tersebut dihuni oleh orang Limun yang disebut-sebut taat beragama. Namun, ada juga versi lain yang mengatakan bahwa orang Limun ini merupakan sosok makhlu khalus yang sudah tinggal disana selama ribuan tahun. saat menampakan diri, mereka biasanya menyamar menjadi nenek tua yang minta diantar ke Padang 12. setelah itu, ia menghilang tanpa jejak.

7. Suku Misterius di Indonesia: Korowai, Mappi – Papua

Korowai merupakan salah satu suku di Papua yang terkenal masih primitif. Dulunya, suku ini terkenal sadis, yakni masih menerapkan praktik kanibalisme. Namun, praktik tersebut kini sudah tidak dilakukan lagi setelah pikiran mereka tergusur dengan hal-hal yang sedikit-modern. Mereka kini lebih suka berburu untuk tetap bertahan hidup.

Suku Korowai sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1970-an. Meski sudah tidak lagi memakan daging manusia, mereka tetap teguh pada adat istiadatnya. Ini bisa dilihat salah satunya pada pakaian yang mereka kenakan, yaitu menggunakan dedaunan.

8. Suku Bati, Pulau Seram – Maluku

Di Pulau Seram Maluku, ada sebuah suku yang bermukim disana, namanya Bati. Menariknya lagi,masyarakat percaya kalau suku bati tidak berwujud manusia, melainkan kelelawar raksasa. Mereka suka sekali berburu bayi atau anak kecil sebagai santapan sehari-harinya. Suku Bati ini katanya memiliki ekor berbentuk panjang dan lancip.

Sumber lain mengatakan bahwa suku Bati ini berwujud seperti manusia biasa, namun sewaktu-waktu bisa berubah menyerupai kera.  Ukuran tubuhnya lebih besar dan memiliki sayap. Gimana menurut kamu? Apa suku ini benar-benar ada?

9. Suku Misterius di Indonesia: Samin – Jawa Tengah

Jawa Tengah rupanya memiliki suatu wilayah yang menjadi tempat tinggal Suku Samin atau sering disebut wong sikep. Dinamakan demikian karena anggotanya merupakan pengikut Samin Suronsentiko. Pak samin ini punya ajaran ilmu sikep yang  dulunya digunakan untuk perlawanan terhadap penjajah Belanda. Suku ini baru muncul ke permukaan pada tahun 1970-an.

Itulah sembilan suku misterius di Indonesia yang eksistensinya masih ada yang diragukan. Dengan adanya keragaman etnis ini, kita jadi semakin tahu bahwa Indonesia kaya akan warisan dan budayanya yang nggak lekang oleh waktu.

Berikan komentarmu