Inilah 9 Goa Bawah Laut, Punya Indonesia Nggak Kalah Eksotis!

Spread the love

Pesona keindahan alam hampir tidak pernah mengecewakan indera penglihatan kita. Katakan saja eksotisme Pantai Sun Island Maldives yang jelas bisa membuat siapa saja kagum dengan kilau lautnya. Namun, siapa sangka kalau kita juga bisa menemukan beberapa hidden gems fenomena alam! Goa bawah laut, misalnya. Pemandangan alam “tak kasat mata” ini jelas menjadi harta karun tersendiri bagi kita yang memang keseringan menikmati hidup di daratan. Biar nggak penasaran, langsung aja simak sepuluh goa bawah laut cantik ini di bawah ini.

1. Goa Cyprus, Kanada.

Pantai Cyprus memiliki garis pantai yang cantik dihiasi dengan formasi batuan yang besar dan tangguh. Di dalamnya terdapat gua-gua laut dan lorong-lorong tersembunyi. Menurut legenda, goa yang terbilang unik ini dulunya digunakan sebagai persembunyian barang-barang rampasan bajak laut kuno. Untuk bisa sampai disini, pengunjung bisa mengaksesnya lewat jalan darat atau laut, salah satunya dengan menggunakan perahu. Aktivitas yang bisa dilakukan di goa ini tidak hanya berenang. Kita juga bisa menyelam dan memancing.

2. Goa Rangko, Labuan Bajo, NTB.

Kita yang tinggal di Indonesia juga bisa menikmati cantiknya goa bwah laut. Lokasinya ada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Selain pantai, wisatawan juga sering mengincar goa yang satu ini. Airnya sangat bersih sehingga kita bisa melihat permukaan goa tersebut. Suasana di dalam goa ini begitu sunyi, sehingga sangat pas untuk menenangkan pikiran. Adapun sinar matahari yang bakal menerobos ke dalam goa melalui celah-celah. Penampakannya cantik abis!

Untuk bisa sampai kesini, pengunjung bisa menggunakan kapal motor. Perjalanannya sendiri memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit, tergantung kondisi perairannya. Aktivitas yang bisa dilakukan diantaranya berenang, menyelam, atau sekedar bermain air.

3. Goa Bawah Laut Tebing Hatupia, Maluku.

Selain Labuan Bajo, Maluku juga punya goa bawah laut yang nggak kalah eksotis. Tebing Hatupia, namanya. Lokasinya tepat berada di antara Ora Beach Resort dan Desa Sawai. Goa ini seringkali digunakan untuk area snorkeling. Bagi pengunjung pemula, mereka bisa memilih area snorkeling yang dangkal. Bagi profesional ya bebas memilih. Yang pasti, disana juga disediakan perlengkapan snorkeling, lengkap dengan pemandunya.

Di dalamnya, kita bisa menemukan terumbu karang yang berwarna-warni dengan ikan-ikan yang  cantik. Kalau sudah puas bermain di dalam goa, kita bisa menyewa perahu, atau sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan tebing.

4. Gua Hajimangku, Kalimantan Timur.

Goa Hajimagku merupakan salah satu wisata alam yang paling diincar wisatwan di wilayah Derawan, Kalimantan Timur. Lokasinya yang berada di pedalaman hutan in membuat airnya begitu sejuk. Selain berenang, disini juga pengunjung bisa melakukan aktivitas lainnya seperi diving. Namun, ini tentu saja harus ada di bawah pengawasan karena dalam air di goa tersebut belum diketahui. Jadi, jkalau mau aman kita cukup bermain air atau berenang saja. Kalau mau menguji nyali, bisa banget terjun dari atas tebing yang tingginya mencapai 5 meter.

5. Goa Bawah Laut Hukurila, Ambon

Pantai Hukurila ternyata punya hidden gems yang dinamakan Hukurila Cave. Tempat ini dijuluki sebagai goa raksasa yang jadi spor favorit para penyelam lokal maupun manca negara. Airnya sangat jernih sehingga penyelam bisa melihat dengan jelas penampakan terumbu karang dan biota laut. Selain itu, arus-arus kecil yang menyentil kulit kita saat memasuki goa tersebut memberikan sensasi yang menggelikan. Sebelum memasuki goa bawah laut ini, kita harus melalui pintu karang kecil yang kedalamannya mencapai 10 meter.

6. Blue Grotto Capri, Italia.

Selanjutnya, ada Blue Grotto atau Goa Biru yang terkenal di pulau Capri, Italia. aGoa bawah laut ini cantiknya nggakada obat karena warna air lautnya seolah menyala saat tersorot sinar matahari. Untuk itu, nggak heran kalau tempat in dinamakan Goa Biru atau Grotta Azzurra dalam bahasa Italia.

Wisatawan mana yang nggak tertarik mendatangi tempat ini. Mereka begitu antusias untuk melihat cantiknya goa ini. Untuk menelusurinya, mereka hanya membutuhkan perahu kecil untuk berkeliling di goa sepanjang 60 meter dengan lebar 25 meter ini. Begitu memasuki goa ini, pengunjung bakal disuguhkan dengan warna biru air menyala yang ada di sana.

Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Goa Bawah Laut Perairan Meksiko

Dua goa bawah laut yang saling terhubung ditemukan di perairan timur Meksiko oleh sekelompok peneliti. Menurut mereka, goa ini menjadi yang terbesar di dunia. Goa sepanjang 357 kilometer di bawah laut ini terhubung dengan Gua Sac Actun, yang berdiri sepanjang 263 kilometer yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Tulum. Direktur GAM dan arkeolog Guillermo de sangat antusias dengan penemuan ini. Para peneliti pun masih harus mengeksplorasi goa ini, siapa tahu masih ada hidden gems di dalamnya.

8. Goa Bawah Laut Wundi, Biak

Goa di bawah laut yang nggak kalah cantiknya ada di Papua. Selain terkenal dengan kawasan Raja Ampat, Pulau Emas ini juga memilikigoa cantik yang ada di selatan pulau Wundi. Kita bisa melihat dengan jelas goa tersebut dari kedalaman dua meter. Mulut goa tersebut berdiameter 6 meter, dan diatasnya terdapat karang-karang meja.Begitu sampai di kedalaman 15 meter, kita bisa langsung melihat lubang bergaris tengah kira-kira panjangnya 2 meter.Selama bereksplorasi disana, kita bakal disuguhkan dengan dinding gua yang penuh dengan karang kipas merah yang cantik.

9. Marble, Chile.

Yang terakhir adalah Goa Marble yang disebut-sebut sebagai goa paling cantik di dunia. Bisa dijuluki demikian karena kontur goanya yang benar-benar cantik alami. Dinding goanya terbentuk sangat cantik, seolah-olah dibuat oleh manusia. Jika dilihat sekilas, goa ini malah terlihat seperti lukisan. Bahkan, penampakan tersebut akan terlihat semakin menakjubkan saat adanya cahaya matahari yang terpantul ke dalam goa. Dinding-dindingnya seolah menciptakan cahaya, sehingga dalam goa tersebut jadi berkilauan. Goa ini berlokasi di danau air tawar terbesar kedua di Amerika Selatan, yaitu di Patagonia, Chile.

Itulah sembilan goa bawah laut menakjubkan yang ada di beberapa belahan dunia. Nomor berapa yang menurut kamu cantik banget?

Berikan komentarmu