Inilah 8 Wisata Papua Unik: Hidden Gems dari Bumi Cendrawasih

Spread the love

Sebagian besar orang lebih suka memilih Raja Ampat saat menghabiskan masa liburannya. Nggak heran, objek wisata yang berada di Papua Barat itu memang punya eksotisme yang jadi magnet tersendiri bagi wisawatan. Padahal, provinsi berjuluk Bumi Cendrawasih ini masih punya beragam destinasi wisata yang nggak kalah cantiknya. Bahkan, ada beberapa diantaranya yang tergolong antimainstream, yang nggak bisa kamu temui di daerah manapun. Untuk itu, buat kamu yang berencana jalan-jalan kesini, tandain aja dulu beberapa objek wisata Papua yang unik di bawah ini.

1. Wisata Papua Goa Kontilola

Wamena merupakan ibu kota Kabupaten Jayawijaya yang menyimpan segudang objek wisata menarik. Salah satunya adalah Goa Kontilola yang menjadi pusat teori konspirasi soal alien. Goa yang satu ini bisa ditemukan di kawasan perbukitan yang lumayan ekstrem, berdekatan dengan lokasi bermukim Suku Dani. Goa ini tergolong antimainstream karena ada lukisan purba di dalamnya.

Dilansir dari berbagai sumber, lukisan yang terpampang di Gua Kontilola in iterlihat seperti manusia. Manusia dalam lukisan tersebut berkepala plontos dan empat jari saja. Dengan adanya lukisan misterius ini, mayarakat setempat percaya sejumlah alien pernah tingga di Gua Kontilola dengan gambar tersebut sebagai jejaknya. Masyarakat semakin yakin dengan terori tersebut karena letak lukisan tersebut yang ada di dinding yang letaknya sangat tinggi dan jauh dari tanah.

Selain teori aliennya, Gua Kontilola ini terkenal dengan sebutan kerajaan kelelawar. Saat menyusuri goa ini, semakin dalam kamu bakal menemukan gerombolan kelelawar.

2. Lembah Baliem

Lembah Baliem meruapakan objek wisata antimainstream lainnya yang biasa dijadikan jalur trekking para wisatawan. Pemandangan di sekitarnya jauh dari kata membosankan karena kamu bakal disuguhkan dengan perkampungan tradisional Suku Dani. Disana berjejer rumah honai dengan ciri khas berbentuk bulat dan beratap rumput ilalang kering. Bahkan, penduduknya juga masih menggunakan pakaian tradisional.

Di Lembah Baliem juga terdapat ilalang berwarna ungu. Penampakan ini hanya bisa dilihat satu tahun sekali, yaitu pada bulan Mei.  KDilansir dari Kabarpapua.co, ilalang tersebut juga sering dijuluki Lagalaga Eka atau Owasi-Wasika yang menjadikan tanaman rumput warna ungu. Masyarakat juga terkadang menyebutnya Rumput Mei sesuai dengan waktu berubahnya warna ilalang tersebut.

3. Pulau Doom

Beralih ke Sorong, kamu bisa menjumpai Pulau Doom. Pulau yang satu ini menjadi saksi bisu zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Yang menarik adalah adanya peninggalan benda bersejarah yang mulai berangsur hilang. Kini sudah tidak ada lagi penampakan deretan rumah-rumah yang dulu dibangun tentara Belanda. Bahkan, gua yang dulunya dijadikan sebagai tempat persembunyian Jepang sudah tidak terawat.

Meski begitu, wisatawan tetap bisa merasakan atmosfir wisata sejarah di tempat ini. Salah satunya adalah pada bangunan-bangunan sisa di Pulau Doom dengan arsitektur yang sangat berbeda dengan wilayah Papua manapun, termasuk Kota Sorong.

4. Wisata Papua Danau Idenberg

Wisata antimaintream di Papua lainnya ada di Puncak Jayawijaya. Di sana, terdapat sebuah danau cantik yang dinamakan Danau Idenberg. Lokasinya bisa dibilang lumayan terpencil. Untuk itu, mau nggak mau kamu harus harus mendaki gunung Puncak Jaya terlebih dahulu untuk bisa sampai disana.

Disana, kamu bakal terpesona dengan penampakan danau bersalju. Menariknya, air danau tersebut terkadang penuh, terkadang hilang begitu saja. Untuk itu, danau ini juga sering disebut sebagai danau misterius akibat fenomena tersebut. Selain danau yang dioebuhi salju, ada juga penampakan tebing yang bersalju abadi sejauh mata memandang. Mustahil kalah nggak penasaran dateng kesini, yaaa…

5. Wisata Papua Teluk Mayalibit.

Wisata Papua Barat lainnya ada Teluk Mayalibit. teluk tersebut dulunya dipercaya sebagai temat tinggal suku Maya. Penampakannya begtu besar, dengan ciri khas dinding batuan karang yang kokoh dan ukuran teluk yang jumbo. Ini bisa disepertikan seolah Pulau Waigeo dibagi menjadi dua bagian. Teluk Mayalibit ini adalah distrik yang memiliki ragam objek wisata yang unik, beberapa diantaranya adalah wisata Batu Kelamin dan Kolam Ajele.

Batu Kelamin merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Yang menarik dari tempat ini adalah batunya yang sesuai dengan namanya, yaitu berbentuk kelamin pria. Batu yang berukuran sekitar tiga meter dan berdiameter sekitar 60 cm ini tentu saja hanya batu stalaktit yang kemudian terbentuk secara alami menyerupai kelamin pria akibat proses geologis. Proses tersebut tentu saja memakan waktu selama bertahun-tahun lamanya. Untuk itu, bisa dipastikan ini hanya kebetulan semata, ya.

Selain bentuknya yang terbilang antimainstream, batu kelamin itu juga punya mitos yang masih dipercaya sampai saat ini. Jika kamu menaruh koin di kepala batu, apapun yang menjadi cita-cita kamu katanya bakal terkabul. Waw!

Selanjutnya ada Kolam Ajelle yang merupakan objek wisata baru di Teluk Mayalibit. Untuk bisa ada di sini, kamu mesti melakukan pendakian dulu dari tepi pantai. Dinamakan Ajelle karena kolam tersebut memiliki aliran air di daratan yang tidak mencapai laut. Bisa dipastikan kalau kolam ini terbentuk secara alami. Airnya jelas masih segar, dan siapa saja bisa nyemplung ke dalamnya.

6. Puncak Jayawijaya

Mau yang lebih unik dan menantang? Puncak Jayawijaya bisa jadi pilihan yang tepat. Puncak in imenjadi favorit bagi seluruh pendaki di seluruh. Puncak dengan ketinggian 4.884 dapl ini selalu tertutup oleh salju. Jadi, kamu perlu persiapan yang matang jika ingin mendaki puncak ini. Bahkan, kamu juga harus mempersiapkan berbagai dokumen, seperti surat dokter dan dokumen lainnya.

7. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz menjadi kawasan unggulan di Papua. Cagar alam yang satu ini sudah diresmikan sebagai situs alam warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Ini tentu saja menjadi cagar alam yang menarik dengan aneka flora dan fauna di dalamnya yang dilindungi penduduk setempat. Dari 43 ekosistem disana, tempat yang satu ini juga dihiasi dengan Puncak Cartenz dan Danau Harbena yang bisa membuat siapa saja terpana.

8. Wisata Papua Danau Uter

Mau lihat Danau Toba-nya Papua? Dateng aja ke Danau Uter. Danau yang berlokasi di Papua Barat ini masih belum ramai pengunjung, bahkan eksistensinya juga tidak diketahui sebagian besar wisatawan. Yang menarik dari danau ini adalah tingkat kejernihan airnya yang cukup tinggi. Pasalnya, kamu bisa melihat dengan jelas kehidupan di dalam air. Untuk itu, nggak heran kalau danau ini dinobatkan sebagai danau terbersih di Indonesia. Btw, suasananya juga tergolong sejuk karena disekelilingnya ditumbuhi aneka tumbuhan hijau.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu