Share this
Share

Share

shares

Inilah 8 Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah dan Efektif

19 November 2020  Ajeng

Perut buncit seringkali membuat kamu tidak percaya diri. Pasalnya, perut akan lebih menonjol saat menggunakan baju yang ketat. Akibatnya, kamu menjadi pusat perhatian banyak orang saat tampil di depan umum. Untuk itu, banyak sekali orang yang berusaha untuk mengecilkan perut, salah satunya adalah dengan berolahraga. Namun, nggak banyak yang tahu olahraga apa saja yang efektif untuk mendapatkan perut yang lebih ramping. Biar nggak penasaran, simak saja langsung delapan olahraga mengecilkan perut di bawah ini.

1. Bersepeda

via pexels.com

Agar perut menjadi lebih ramping, cobaah untuk bersepeda. Olahraga ini tidak sulit dilakukan apalagi kalau kamu punya waktu luang dan alat penunjangnya. Lakukan bersepeda secara rutin setidaknya 3-5 kali seminggu. Lakukan selama 30 menit setiap harinya. Kamu bisa berkeliling komplek, jalan-jalan ke alun-alun, atau sekedar di lapangan saja. Menurut  Penelitan Harvard Health, bersepeda selama 30 menit bisa membakar  260 kalori pada seseorang dengan berat badan 70 kg. Selain bisa membuat perut auto ramping, bersepeda juga bisa membuat kamu jauh lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

2. Olahraga Mengecilkan Perut, Zumba

via pexels.com

Kalau bosan dengan senam, kamu bisa banget nyobain zumba untuk mengecilkan perut. Sekilas, keduanya tampak mirip, namun ternyata ada perbedaan dari sisi gerakan dan manfaatnya. Meskipun keduanya sama-sama melibatkan gerakan badan, namun Zumba lebih cenderung pada gerakan tarian. Selain itu, Zumba juga lebih fokus untuk menurunkan berat badan, sedangkna senam lebih berfokus untuk pembentukan otot. Jadi, kalau kamu rutin zomba, berat badan kamu bisa turun dan perut pun akan mengecil. Kamu bisa melakukannya di sanggar atau sendiri saja di rumah dengan bantuan tutorial di Youtube!

3. Olahraga Mengecilkan Perut, Sit Up

Sit up adalah salah satu olahraga yang sudah terkenal bisa mengecilkan perut. Gerakan yang satu ini berpusat pada kerja otot sehingga lemak di perut bisa berkurang. Olahraga ini tidak memerlukan peralatan khusus. Kamu cuku menyediakan matras saja sebagai alas untuk sit up. Lakukan secara rutin di siang hari karena ini adalah waktu terbaik saat tulang punggung kamu beraktivitas. Jadi, nggak usah kaget kalau dalam dua minggu perut kamu sudah rata dan terlihat ramping.

4. Yoga

via pexels.com

Yoga cocok bagi kamu yang ingin mengecilkan perut dengan aktivitas yang minim. Selain bisa melepaskan stres, Yoga juga bisa membantu mengecilkan perut karena bisa membakar banyak kalori. Berdasarkan penelitian, rutin melakukan yoga selama 90 menit dalam seminggu bisa mengecilkan ukuran pinggang sampai 3,8 cm. Yoga juga sangat bagus untuk sugesti pikiran sehingga kamu nggak bakalan berselera mengonsumsi makanan yang memicu kenaikan berat badan.

5. Jogging

via pexels.com

Jogging juga termasuk olahraga mengecilkan perut yang jarang disadari. Lakukan aktivitas ini mulai dari 20 menit per hari selama empat kali seminggu. Jika dilakukan secara rutin, berat badan kamu perlahan akan turun dan perut pun tidak lagi buncit. Olahraga ini terbilang simpel karena hanya membutuhkan niat dan waktu luang saja. Kamu bisa mengajak teman atau saudara agar jogging bisa lebih semangat.

6. Olahraga Mengecilkan Perut, Hula Hoop

via pexels.com

Sebagian orang kesulitan saat melakukan Hula Hoop. Pasalnya, kamu harus menggerakan pinggang dan menjaganya tetap seimbang agar hoop tersebut tidak jatuh. Aktivitas ini akan bersentuhan langsung dengan area perut sehingga cukup efektif untuk membakar kalori di sekitarnya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal!

7. Berenang

via pexels.com

Bagi kamu yang sedang berjuang mengecilkan perut buncit, bisa banget coba olahraga renang. Olahraga yang satu ini melibatkan hampir seluruh tubuh untuk bergerak. Saat berenang, kepala, tangan, dan kaki harus tetap bergerak. Pergerakan ini kurang lebih bisa membakar sebanyak 233 kalori jika kamu berenang selama 30 menit. Ajak teman-teman kamu yang juga sedang berjuang mengecilkan perut agar kamu semakin semangat.

8. Seni Bela Diri

via pexels.com

Terakhir, kamu juga bisa melakukan seni bela diri untuk merampingkan perut buncit. Ada beragam jenisnya seperti Karate, Judo, Tae Kwon Do, Silat, Muay Thai, dan masih banyak lagi. Umumnya, semua olahraga bela diri tersebut melibatkan seluruh otot tubuh. Gerakannya pun bervariasi seperti menendang, meninju, menangkis, dan lain-lain. Dengan emikian, otot-otot tubuh pun akan terbentuk, khususnya otot bagian perut.

Itulah delapan olahraga mengecilkan perut yang lebih efektif. Kalau dilakukan secara rutin, kamu pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Imbangi juga dengan pola makan sehat sehingga olahraga kamu tidak sia-sia. Kira-kira, olahraga mana yang cocok untuk kamu?

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara alami menurunkan berat badan #cara mengecilkan perut buncit #cara mengecilkan pinggang #cara push up yang benar #lokasi zumba bandung #makanan agar perut langsing #makanan penyebab perut buncit #olahraga untuk mengecilkan perut #olahraga zuma #penyebab perut buncit #tips agar perut tidak buncit #tips mengecilkan perut buncit #tips mengecilkan perut secara alami #tips mengecilkan perut setelah melahirkan #tips mengecilkan perut untuk pria #tips sit up #zumba adalah
Share di whatsapp

Pilihan editor